Connect with us

13 Rekomendasi Game Free to Play Tahun 2020

game free to play

Listicle

13 Rekomendasi Game Free to Play Tahun 2020

Memasuki pertengahan tahun 2020 ini seperitnya masih banyak game yang bisa kamu mainkan. Terlepas untuk mengisi waktu selama pandemi yang kita tidak tahu kapan, game dengan sistem free to play menjadi pilihan menarik baik dari segi ekonomis hingga komunitas didalamnya yang perlahan tumbuh. Di tahun 2020 ini juga ada beberapa game free to play yang baru maupun game lama yang masih mendapatkan konten baru. Nah, kali ini kita akan membahas rekomendasi game free to play di tahun 2020 yang wajib kamu coba. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Archeage SEA (via LINE POD)

Akhirnya game MMORPG yang kaya akan fitur ini hadir di region south east asia termasuk Indonesia juga bisa memainkannya. Dibawa langsung oleh Line dengan platform barunya bernama LINE POD, kamu dapat bermain Archeage SEA secara cuma-cuma alias free to play. Rilis pada tanggal 11 Juni yang lalu, Archeage mendapatkan tempat menarik bagi para penggemar MMORPG. Bahkan pada awal perilisan beberapa pemain harus antri dengan menunggu beberapa pemain yang logout agar dapat masuk ke dalam game. Untuk memainkan Archeage server asia tenggara ini kamu tinggal download LINE POD serta game Archeage yang kurang lebih siapkan ruang hdd kosong sebesar 70 GB.

2. Phantasy Star Online 2

Janji SEGA akhirnya ditepati juga dengan merilis Phantasy Star Online 2 di pasar barat. Meskipun harus menunggu bertahun-tahun kini gamers di wilayah barat bisa memainkan MMORPG free to play ini. Untuk sementara ini Phantasy Star Online 2 baru tersedia di Xbox One dan PC via Microsoft Store. Kedepannya SEGA telah mempersiapkan rencana untuk menghadirkan lebih banyak konten serta dukungan platform lain seperti Steam hingga ketersedian server untuk region yang lebih banyak lagi. Buat kamu yang demen MMORPG dengan genre action PSO 2 wajib dicoba di tahun 2020. Apalagi buat kamu yang ingin nostalgia di server SEA yang ….. XD

3. Valorant

Ini dia salah satu game free to play baru yang belakangan banyak diperbincangkan. Riot memang memiliki agenda yang cukup menarik di tahun 2020 dengan merilis beberapa game baru. Salah satunya adalah Valorant, yang banyak gamer beranggapan bahwa game ini merupakan perpaduan antara CS: GO, Rainbow Six: Siege dan Overwatch. Benar sekali, kamu akan berperan sebagai tim attacker atau defender untuk memasang bom yang di Valorant disebut sebagai spike atau mempertahankan wilayah, kemudian kamu dapat memilih agent yang memiliki skill uniknya masing-masing. Kamu yang demen game kompetitif serta minim budgetValorant menjadi rekomendasi game free to play di tahun 2020 ini.

4. Legends of Runeterra

Satu lagi game baru dari Riot yang rilis secara gratis alias free to play, Legends of RuneterraGame baru yang satu ini cocok untuk kamu yang suka dengan trading card game. Mengadaptasi semesta yang ada di League of Legends kamu dapat mengoleksi kartu baik champion maupun kartu pendukung lainnya yang dibagi berdasarkan regionDeck yang kamu susun maksimal dari dua region berbeda dengan kartu sebanyak 40. Mekanismenya hampir mirip dengan game kartu mainstream lainnya, seperti Hearthstone atau Shadowverse. Pada awal permainan pada dasarnya mudah untuk dipahami seiring dengan berjalanya waktu, namun cukup sulit untuk menguasainya apalagi kamu harus menemukan kartu-kartu yang dapat di combo untuk meningkatkan potensi menang di setiap pertandingan. Legends of Runeterra dapat dimainkan di beberpa platform, seperti PC dan mobile baik Android maupun iOS.

5. Warframe

Meskipun Warframe rilis pada tahun 2013 silam, sang pengembang Digital Extremes mencoba untuk memanfaatkan potensi yang lebih besar lagi dari game yang idenya berawal dari Dark Sector ini. Terus menghadirkan konten baru hingga konsep open world di ekspansi Plains of Eidolon. Yang menarik lagi Warframe yang awalnya rilis di PC via Steam, seiring berjalannya waktu sang pengembang menghadirkan game ini untuk platform yang lebih banyak lagi seperti di konsol Xbox One, PlayStation 4 hingga Switch. Baru-baru ini Warframe juga kedatangan update baru bertajuk The Deadlock Protocol yang baru-baru ini tersedia di PC sementara untuk platform lainnya menyusul.

6. Destiny 2

Bungie melakukan manuver yang sangat menarik menjelang akhir tahun 2019 lalu. Dari game yang awalnya berbayar dimana memaksa pemain terlebih dahulu harus membeli Destiny 2, kini game MMO triple A ini bisa kamu mainkan secara cuma-cuma. Sayangnya ada batasan buat kamu yang main secara gratis, pemain hanya dapat mengakses base game-nya saja. Jika ingin menikmati konten yang lebih banyak lagi seperti ekspansi atau DLC lainnya. Sebenarnya dengan menikmati base game-nya saja kamu dapat merasakan beberapa fitur seperti PvP yang kompetitif hingga co-op PvE. Destini 2 free to play ini bisa kamu mainkan di Xbox One, PlayStation 4 dan PC via Steam.

7. Dauntless

Sobat kere hore yang punya PC dengan spek pas-pasan tapi pengin main game yang mirip Monster Hunter serta minim budgetDauntless menjadi rekomendasi yang sesuai dengan kriteria tersebut. Memulai tahap beta pada tahun 2018 lalu, Dauntless benar-benar membawa pengalaman ala Monster Hunter versi light ini. Mengadaptasi visual ala Fortnite, kamu akan melawan berbagai macam Behemoth (sebutan monster di Dauntless). Senjata yang tersedia juga beragam, mulai dari melee maupun range. Kamu juga dapat crafting senjata dengan bahan-bahan yang sudah kamu kumpulkan setelah mengalahkan Behemoth. Kamu bisa memainkan Dauntless ini di berbagai platform, mulai dari Xbox One, PlayStation 4, Switch dan PC via Epic Games Store. Dan yang lebih menarik lagi Dauntless juga mendukung cross-play dimana kamu akan bertemu pemain lain lintas platform.

8. Counter Strike: Global Offensive

Ditengah pandemi yang masih belum diketahui kapan berakhirnya, CS: GO berhasil memecahkan rekor baru untuk jumlah pemain tertingginya. Game yang dulunya buy to play ini juga telah mengadaptasi sistem free to play dengan beberapa kondisi yang dibedakan dimana pemain versi gratisan lebih rentan bertemu dengan pemain yang menggunakan cheat. Meskipun begitu game fps kompetitif ini masih begitu seru untuk dimainkan walaupun sudah memasuki tahun 2020. Valve juga masih memberikan konten baru maupun update balance agar pemainnya tetap nyaman saat bermain game fps penerus spiritual franchise legendaris ini.

9. Hearthstone

Blizzard seperitnya masih memaksimalkan potensi yang ada di game kartu atau trading card besutannya ini. Mengadaptasi lore dari semesta Warcraft kamu dapat mengoleksi berbagai kartu dari karakter serta hero yang memiliki kemampuan uniknya masing-masing. Disitulah keseruanya, kamu dapat membangun deck dengan memaksimalkan potensi dari skill dari hero yang kamu gunakan. Blizzard juga telah menambahkan mode yang cukup menarik bernama battlegrounds di Hearthstone. Mekanismenya terinspirasi dari popularitas game auto battler atau auto chess, bedanya yang kamu susun adalah minion random yang juga dapat kamu tingkatkan ke tier yang lebih tinggi. Di tahun 2020 ini, Blizzard juga telah menambahkan konten baru bertajuk Ashes of Outland Felfire Festival.

10. Apex Legends

Kamu sedang mencari game battle royale namun tak ingin kehilangan banyak waktu ? Apex Legends menjadi pilihan yang tepat sekaligus tak perlu mengeluarkan budget banyak mengingat game garapan Respawn Entertainment ini juga free to play. Konsep perpaduan antara Overwatch dengan map yang lebih luas mengingat genre-nya sendiri battle royaleApex Legends mampu menyihir gamers untuk bermain game yang menjadi bisa dibilang penyelamat EA pada tahun lalu. Kamu akan ditempatkan dalam sebuah arena yang cukup luas dimana saat fase awal dapat memilih karakter yang disebut sebagai Legends. Setiap karakter juga memiliki kemampuan uniknya masing-masing yang nantinya dapat mendukung satu sama lain rekan satu tim. Di tahun 2020 ini, Apex Legends juga masih mendapatkan konten baru yang telah memasuki Season 5 dengan jumlah total Legends kini mencapai 13. Kabar baiknya lagi, sang pengembang juga telah mempersiapkan kehadiran Apex Legends di Switch serta dukungan platform yang lebih banyak di PC via Steam hingga fitur cross-play.

11. Call of Duty: Warzone

Call of Duty: Warzone bukanlah franchise Call of Duty yang pertama menghadirkan mode battle royale. Sebelumnya di CoD: Black Ops 4 telah menghadirkan mode bertajuk Blackout dimana mekanismenya sendiri mirip dengan battle royale mulai dari looting hingga bertahan hidup sampai yang terakhir di pertandingan. Di awal tahun 2020 ini secara mengejutkan Activision merilis Call of Duty: Warzone alias CoD dengan mode battle royale dan “gratis”. Benar sekali, CoD: Warzone merupakan game free to play dimana kamu tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memainkannya, kecuali jika kamu membeli skin atau battle pass. Tersedia untuk semua platform mulai dari Xbox One, PlayStation 4 dan juga PC via Battlenet. Sebagai game yang dikembangkan oleh developer yang berpengalaman, visual yang ditawarkan juga apik dengan beberapa mekanisme unik dimana pemain yang sudah mati masih memiliki kesempatan untuk hidup kembali. Sedikit lebih banyak dari beberapa game battle royale mainstream lainnya, di CoD: Warzone akan mempertandingkan 150 pemain.

12. Fortnite

Epic Games masih percaya diri dengan game battle royale berjudul Fortnite ini. Baru-baru ini mereka bahkan menghadirkan pembaharuan konten menarik dengan menggaet salah satu superhero ikonik komik DC, yaitu Aquamen pada update Battle Pass Chapter 2 Season 3. Mekanisme membangun serta bertahan menjadi yang terakhir hidup ini membuat Fortnite memiliki keunikan tersendiri, apalagi visual ala kartun yang diusungnya juga ramah untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Yang menarik lagi adalah Fortnite menjadi panggung musik untuk beberapa musisi yang berhasil menggelar konser virtualnya seperti Marsmellow hingga Travis Scott beberapa waktu yang lalu. Fortnite sendiri dapat dimainkan di beberapa platform, seperti Xbox One, PlayStation 4, Switch, PC(via Epic Games Store) serta mobile baik Android dan iOS.

13. Dota 2

Hampir setiap tahunnya Dota 2 membuat pemainnya come back untuk bermain lagi. Apalagi mendekati gelaran The International (meskipun tahun ini tidak ada dikarenakan pandemi) Valve merilis Battle Pass dengan berbagai konten menarik didalamnya. Di tahun 2020 ini Valve melakukan langkah yang sama namun dengan konten yang lebih beragam lagi. Pada awal perilisannya saja Valve telah mengiming-imingi pemainnya Battle Pass dengan reward seperti Arcana tidak hanya satu bahkan dua, hingga Persona baru untuk hero Anti-Mage. Meskipun begitu, gameplay-nya pun turut mendapatkan pembaharuan dengan kehadiran outpost serta item loot yang bisa didapatkan melalui neutral creep. Yap, di tahun 2020 ini Dota 2 masih menjadi salah satu game free to play yang rekomen untuk dimainkan, meskipun kamu tidak beli battle pass sekalipun still worth dude.

 

Demikian rekomendasi game free to play di tahun 2020 yang bisa kamu mainkan sekarang juga. Jangan lupa kunjungi Sukaon untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar video game.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top