Connect with us

6 Alasan Mengapa Pemain CS: GO Mudah Beradaptasi dengan Valorant

csgo valorant

Listicle

6 Alasan Mengapa Pemain CS: GO Mudah Beradaptasi dengan Valorant

Counter Strike: Global Offensive atau yang populer dengan sebutan CS: GO ini masih menjadi primadona dikalangan penggemar game fps, apalagi untuk mereka yang suka dengan kompetitif. Di tahun 2020 ini ada game baru yang cukup menarik dari Riotdeveloper dibalik suksesnya League of Legends ini telah merilis game fps yang cukup menarik perpaduan antara CS: GO dan Overwatch. Adalah Valorantgame baru besutan Riot ini berhasil mencuri perhatian penggemar fps di seluruh dunia. Terlepas keberadaan sentuhan Overwatch di game ini, mekanisme yang mirip dengan CS: GO justru lebih kental di Valorant. Tak heran pemain CS: GO pun tidak terlalu sulit untuk beradaptasi bermain Valorant. Sesuai dengan pembahasan kita, kali ini akan munglas beberapa alasan mengapa pemain CS: GO cenderung mudah beradaptasi bermain Valorant.

Sukaon sendiri telah membahas review serta tips & trik seputar Valorant, nah kali ini kita kembali mengulas sisi lain dari Valorant yang ternyata membuat pemain CS: GO mudah beradaptsi untuk bermain game tersebut. Apa saja alasanya ? simak selengkapnya di bawah ini :

1. User Interface atau tampilan antarmuka

interface csgo

interface CS: GO

interface valorant

interface Valorant

Sekilas kedua game baik CS: GO maupun Valorant ini memiliki user interface atau tampilan antarmuka yang mirip. Terdapat mini map, papan skor, indikator kondisi rekan dan lawan hingga indikator armor maupun bullet untuk senjata yang kita gunakan. Begitupun tampilan saat membeli senjata, sama seperti di CS: GO, di Valorant sendiri senjata dikategorikan berdasarkan jenisnya masing-masing. Meskipun tampilan antarmukanya sedikit berbeda, buat kamu yang sebelumnya bermain CS: GO justru akan lebih mudah memahami Valorant mengingat senjata yang tersedia masih belum banyak.

weapon interface cs:go

weapon interface cs:go

weapon interface valorant

weapon interface valorant

2. Mode yang mirip dengan bomb mission

bomb mission csgo

bomb mission csgo

bomb mission Valorant

bomb mission Valorant

Jika di CS: GO kamu menjinakan bom, di Valorant kamu akan menjinakan sesuatu yang mirip dengan bom disebut dengan Spike. Dalam mode yang tersaji untuk saat ini ada Normal dan Spike rush, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memasang atau menjinakan bom. Kamu akan menjadi tim Attacker jika memasang bom atau sebaliknya menjadi Defender jika mempertahankan wilayah yang diserang. Jika kamu sebelumnya sudah berkutat lama dengan CS: GO mekanisme tersebut bukanlah hal yang asing, bahkan hampir kebanyakan game fps kompetitif yang populer masih menghadirkan mode yang satu ini. Masing-masing tim, baik Attacker maupun Defender ditentukan berdasarkan ronde. Sementara pemenangnya adalah tim yang berhasil memperoleh skor terbanyak yang diakumulasi maksimal 13 ronde.

3. Layout/tata letak Map yang mudah dikenali

Map menjadi salah satu aspek yang penting baik di CS: GO maupun Valorant. Mengusung mekanisme ala bomb mission di Valorant juga ada 2 bomb site bahkan ada map yang menyediakan sampai 3 bomb site. Tata letaknya juga hampir mirip dimana masing-masing sisi pada map kedua game tersebut menjadi lokasi pemasangan bom. Sementara itu Defender atau di CS: GO disebut sebagai CT memiliki lokasi spawn yang dekat dengan lokasi bom.

map CS:GO dedust2

map CS:GO dedust2

Dengan tata letak seperti itu pastinya membuat pemain CS: GO tidak membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan map yang ada di Valorant. Yang perlu diperhatikan hanyalah lokasi tertentu dimana kita lebih waspada dengan kemungkinan bertemu dengan musuh.

map valorant Split

map valorant Split

4. Persenjataan

weapon interface valorant

weapon interface valorant

Berbicara tentang game fps tak lepas dari persenjataan. Sama halnya dengan CS: GO seperti yang kita notice sebelumnya, Valorant juga mengkategorikan senjata berdasarkan jenisnya masing-masing. Mulai dari Pistol, SMG, Sniper hingga Armor. Hanya saja tidak ada utility item seperti di CS: GO dimana kita dapat membeli Grenade, Smoke, Flashbang atau Molotov. Sebagai gantinya di Valorant memungkinkan kamu untuk membeli skill untuk mengisi slot kosong yang tersedia. Beberapa skill dari agent yang kamu gunakan memiliki skill yang slot-nya kosong, nah slot kosong tersebut bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhan. Oh iya, meskipun nama senjata di Valorant berbeda, mekanisme senjatanya tak jauh berbeda seperti yang ada di CS: GO. Misalkan Vandal mirip dengan AK-47, Operator mirip dengan AWP hingga Sheriff yang mirip dengan Deagle. Beberapa senjata juga memiliki mode unik seperti yang ada di CS: GO mulai dari automatic, single hingga burst fire.

weapon interface cs:go

weapon interface cs:go

5. Perekonomian

Sama halnya dengan CS: GO, di Valorant kamu membutuhkan uang untuk membeli senjata. Jika di CS: GO currency-nya adalah dollar, di Valorant mata uangnya adalah cred. Setiap pertandingan kamu akan mendapat atau justru kehilangan cred tergantung kondisinya. Berikut nilai cred yang bisa kamu dapat atau hilang dalam kondisi pertandingan tertentu :

  • Menang : + 3000 creeds
  • Kalah : – 1900 creeds
  • Kalah 2 kali berturut-turut : + 200 creds
  • Kalah 3 kali berturut-turut : + 300 creds
  • Kalah 4 kali berturut-turut : + 2900 creds
  • Kill : + 200 creeds (per kill)
  • Memasang bom : + 300 creeds

Dalam kondisi tertentu kamu juga bisa melakukan eco atau mengumpulkan uang untuk ronde selanjutnya dengan tidak membeli senjata apapun seperti yang biasa kamu lakukan di CS: GO.

6. Kontrol

Banyak game fps yang memiliki kontrol yang mirip. Hal yang sama juga bisa kamu temukan jika sebelumnya sempat bermain CS: GO dan ingin mencoba Valorant tentunya tidak terlalu kaku. Kontrolnya juga terasa mudah dengan W, A, S, D untuk bergerak, tombol angka untuk mengganti senjata hingga ada beberapa tombol tambahan untuk menggunakan skill masing-masing agent. Pengaturanya mouse untuk sensitifitas juga mudah ditemukan dan bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Sementara itu buat kamu penggemar AWPscope-nya juga mirip seperti di CS: GO. Dimana kamu dapat melakukan zoom dua kali dengan tombol klik kanan serta melakukan quick scope seperti halnya di CS: GO.

scope valorant

scope di Valorant

Kesimpulan

Secara keseluruhan dari apa yang kita bahas sebelumnya, kamu sebenarnya tidak perlu adaptasi begitu banyak jika sebelumnya setidaknya ‘pernah’ bermain CS: GOValorant memberikan pengalaman bermain yang cenderung lebih mudah bahkan recoil dari kebanyakan senjata yang ada tidak separah di CS: GO atau dalam hal ini jauh lebih mudah untuk menembak musuh tanpa takut arahnya melebar kemana-mana. Kontrolnya pun tidak jauh berbeda hanya ada tambahan sedikit untuk melakukan beberapa penyesuaian.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top