Connect with us

Bukan Sekadar Healer, Tips dan Trik Bermain Sage di Valorant

Sage Valorant

Tips & Trik

Bukan Sekadar Healer, Tips dan Trik Bermain Sage di Valorant

Sebagai game FPS kompetitif yang baru-baru ini mulai hangat di permukaan, karakter-karakter Valorant tidak hanya terdiri dari sekelompok agen yang memiliki kemampuan super agresif nan destruktif saja untuk kamu mainkan. Sejumlah karakter yang didesain dalam mendukung survivalibility dari para karakter agen lain pun menariknya juga tersedia. Dan diantara semua itu, nama Sage jelas menjadi fokus yang kerap diutarakan oleh komunitas pemain Valorant.

Ia sendiri boleh dibilang merupakan salah satu karakter yang masih cukup bersahabat bagi para pemain-pemain baru. Berbeda jauh dengan Jett yang dikenal sangat teknikal, sebagian besar skill-skill yang dimiliki Sage tidaklah terlalu membutuhkan eksekusi yang serba kompleks. Meskipun begitu, ia tetap punya peranan yang cukup krusial dalam memenangkan round sekaligus match.

Sehingga berdasar dari hal tersebut, ada sejumlah tips yang tetap perlu diperhatikan agar Sage benar-benar bisa kamu mainkan secara lebih efektif serta tak menjadi beban bagi para anggota timmu.

 

Healing orb

Merupakan skill yang paling fundamental untuk Sage di Valorant. Digunakan untuk memulihkan HP kawan-kawanmu dan juga dirimu sendiri secara full. Yang patut kamu tahu, proses heal-nya sendiri tidaklah berlangsung instan. Karena efeknya bekerja selayaknya regen dalam hitungan 5 HP per 0,25 detik (dengan durasi total 5 detik). Lalu ketika sekali digunakan, sekill ini memiliki cooldown selama 45 detik sebelum bisa dipakai kembali.

Tips dan Trik dasar:

  • Wajib punya fokus terhadap bar HP yang dimiliki oleh kawan-kawanmu. Secara mudahnya dapat dilihat melalui UI di pojok atas layar game maupun dengan mengarahkan kursormu ke tubuh karakter mereka.
  • Biasakan untuk aktif memulihkan HP temanmu yang terlihat lebih membutuhkan
  • Asalkan karakter temanmu terlihat di pandangan, skill ini punya jarak casting yang tergolong lumayan jauh.
  • Jangan ragu pula untuk menggunakan skill ini pada dirimu sendiri ketimbang kepada temanmu bila diperlukan.

 

Slow Orb (100 credits)

Skill milik Sage yang dianggap paling ofensif dari yang lain. Biasa dilakukan dengan melemparkannya ke lantai demi mengeluarkan semacam es yang menempel. Skill yang berjumlah 2 stack ini mempunyai efek untuk melambatkan langkah dari siapapun yang berjalan di area yang terselimuti oleh es tersebut, sekaligus juga memberikan bunyi suara jejak yang jauh lebih terdengar.

Tips dan Trik dasar:

  • Karena efek slow-nya berlaku untuk siapapun, jangan sampai kamu melemparkan skill ini di dekat anggota timmu
  • Lebih cocok digunakan ketika kamu yakin akan berjumpa dengan musuh dan sebisa mungkin mengarahkannya ke arah posisi mereka
  • Bisa cukup penting digunakan ketika kamu dan para timmu sedang dalam kondisi ditekan. Karena musuh jelas akan enggan dalam meladenimu ketika kamu sukses melemparkan skill ini ke dekat posisi arah mereka yang hendak menyerang.
  • Bisa dipakai untuk mengulur waktu ketika kamu tengah memasang bom
  • Seperti granat, mekanisme pelemparannya bisa dibuat memantul dari tembok

Barrier Orb (400 Credits)

Boleh dibilang merupakan skill yang pengaplikasiannya bisa cukup teknikal dan penting pada situasi tertentu. Karena dengan skill ini, Sage dapat menciptakan sebuah tembok padat yang dapat memblok area jalan hingga serta terhadap area tersebut. Mekanisme pemasangannya sendiri bisa dirotasikan dengan menahan klik, lalu menyesuaikannya sesuai dengan posisi yang kamu inginkan.

Tips dan Trik dasar:

  • Memiliki durasi selama 30 detik saat muncul dan dapat dihancurkan secara bertahap dengan semua senjata.
  • Pada umumnya biasa digunakan untuk mengulur waktu saat hendak memasang bom, sekaligus bisa menjadi alat yang tepat untuk mengcover rekan setimmu yang tengah menjinakkan bom.
  • Dapat digunakan sebagai alat elevasi. Dengan meng-casting ini di dekat posisimu atau rekanmu, kamu dapat membuat dirimu dan mereka untuk langsung berdiri di atas tembok tersebut (cocok juga digunakan untuk Jett ataupun omen).
  • Kamu bisa berupaya kreatif dalam memasang tembok. Pemasangannya tidaklah harus selalu dibuat sepenuhnya menutupi pandangan suatu spot. Di sana, kamu dapat memanfaatkan celah-celah yang tersedia untuk melakukan peeking serta kill dari sana.
  • Karena hanya berjumlah 1 stack dan memiliki cost credits yang cukup mahal, pastikan kamu jangan menyia-nyiakan skill ini untuk hal yang tidak perlu

 

Ressurrection (skill ultimate)

Skill pamungkas milik Sage yang sangatlah begitu krusial ketika dipakai. Ya, kamu dapat menghidupkan kembali anggota timmu yang telah tewas dengan menggunakan skill ini.

Tips dan Trik dasar:

  • Bila sudah bisa digunakan, jangan tergesa-gesa dalam menggunakan Resurrection. Pastikan bahwa kamu sedang berada dalam kondisi yang aman ketika ingin menghidupkan rekanmu (tanpa ada musuh di sekitar).
  • Realistisnya tak perlu begitu urgent untuk digunakan ketika kamu berada pada situasi yang terasa tak memungkinkan dalam memenangkan round. Misal dalam skenario 1 vs 5, 1 vs 4, dan sebagainya. Lalu juga dalam situasi bom yang sebentar lagi akan meledak, maupun di saat kamu akhirnya kehabisan waktu untuk memasang bom. Berlaku pula sebaliknya apabila kamu sudah dipastikan bisa memenangkan round.

 

Melalui kumpulan skill tersebut, sosok Sage di Valorant sebenarnya tidaklah selalu diproyeksikan sebagai karakter yang harus dimainkan secara defensif atau hanya sebagai healer semata. Sisi ofensif yang ia miliki betul-betul membuatnya lebih mampu dalam memenangkan duel 1 lawan 1 dengan salah seorang tim musuh.

Beberapa tips tambahan yang juga perlu kamu pahami guna bisa memanfaatkan Sage dengan maksimal

  • Dalam hal memberikan cover ataupun support kepada rekan setim, Sage tidak ditempatkan baik di sisi frontline maupun backline, melainkan dalam pertengahannya.
  • Menghidupkan kembali rekan tim-mu secara aman juga bisa dilakukan dengan memasang barrier orb pada sekitar area yang memang cukup rawan.
  • Pelajari lagi sejumlah layout map guna menemukan spot-spot yang menarik ketika hendak memasang tembok ataupun slow orb secara lebih efisien. Kamu bisa bebas mencari dan mengeksperimenkannya pada mode custom match.

Sekiranya itu saja nampaknya tips-tips penting yang bisa kami berikan apabila kamu sedang ingin mencoba serunya bermain sebagai Sage di Valorant. Jika kamu masih awam terhadap game ini, ada baiknya jika kamu membaca terlebih dahulu ulasan dasar dalam bermain Valorant melalui link berikut. Nantikan ulasan tips-tips dari kami selanjutnya untuk para karakter-karakter agen yang lain.

 

 

 

 

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tags

To Top