Connect with us

Tips dan Trik Melawan Fatalis di Monster Hunter World Iceborne

Fatalis Monster Hunter World Iceborne

Tips & Trik

Tips dan Trik Melawan Fatalis di Monster Hunter World Iceborne

Berasal dari seri Monster Hunter pertama, sang naga hitam Fatalis akhirnya telah kembali muncul di game Monster Hunter World Iceborne. Kebetulan, ia muncul sebagai update monster baru yang terakhir bagi game ini.

Sebelum hendak move-on ke seri Monster Hunter Rise, Capcom nampak ingin meninggalkan sebuah jejakkenangan yang begitu luar biasa terhadap para pemain Monster Hunter World Iceborne lewat update Fatalis.

Naga berleher panjang satu ini benar-benar bisa sekali memberikanmu sebuah mimpi buruk. Bahkan sampai melampaui apa yang pernah Alatreon tunjukan kepadamu. Sehingga tentu tidak sedikit para hunter yang nampak mulai frustasi dalam menghadapi monster Elder Dragon tersebut. Sehingga pada kesempatan kali ini, kami pun ingin membagikan tips dan trik penting yang dapat sangat membantumu.

 

Secara umum

Kamu biasa akan melawan Fatalis di sebuah arena unik khusus yang bernama Castle Schrade. Saat pertama kali menjumpainya, kamu memang diharuskan untuk melawannya secara solo atau single player. Namun, di sana kamu akan dibantu oleh salah seorang karakter NPC

Dari momen tersebut, kamu patut memperhatikan sekaligus mempelajari pola gerakan-gerakan fatalis dalam melakukan serangan. Khususnya ketika ia mulai rajin menyemburkan api, melakukan kuda-kuda untuk merangkak, berdiri, hingga saat mengibaskan ekornya.

Di saat yang bersamaan pula, kamu juga perlu ikut berkontribusi menyerang dan memberikan damage yang cukup sampai keberadaan cutscene muncul. Pertarungan yang sebenarnya pun akan dimulai dari sana.

Fatalis sendiri merupakan Elder Dragon yang berlemenkan Dragon (***) dan Api (**). Menariknya, ia mempunyai kelemahan yang sama persis dengan karakteristik elemennya sendiri, khususnya Dragon serta resistensi yang mutlak terhadap status stun.

Sementara dalam membahas anatomi tubuhnya, kepala, kaki depan dan dada adalah bagian-bagian yang bisa kamu incar ketika mulai menyerang. Menyerang kaki belakang juga bisa menjadi opsi alternatif asalkan kamu sudah mentendernya terlebih dahulu.

Tidak seperti Alatreon, tidak ada keharusan untuk memakai senjata berlemen dalam menghadapi Fatalis. Yang paling penting, pastikan senjatamu punya build yang bisa menghasilkan damage cukup. Karena ada 3 phase bertarung yang harus kamu jalani di sini dan kamu hanya punya waktu 30 menit untuk mengalahkannya dengan batas maksimal 5 kali carting (khusus dalam misi Special Assignment).

 

Tips untuk Phase 1

Fatalis Cannon

Di fase pertama, kamu akan bermain di arena yang terasa sempit. Di sini kamu harus fokus untuk secara agresif menyerang Fatalis hingga memaksanya untuk melakukan serangan ulti semburan yang akan menghancurkan gerbang luar kastil. Ketika Fatalis sedang menyiapkan serangan ini, kamu wajib berlindung ke semacam area goa yang sudah ditandai demi bisa berlanjut ke phase 2.

Sementara di saat yang bersamaan, tips dan trik yang perlu kamu ingat adalah sebagai berikut:

  • Di bagian seberang pintu gerbang, ada 2 meriam dan balista yang bisa kamu manfaatkan. Namun pastikan kamu mempunyai skill heavy artillery yang maksimal (demi tambahan damage) plus ghillie mantle agar Fatalis tidak bisa mendeteksi keberadaanmu.
  • Bila kamu sukses menembakan 10 meriam tepat ke tubuh Fatalis, Fatalis akan langusng terjatuh dan rentang waktu yang cukup lama. Manfaatkan momen ini baik-baik.
  • Manfaatkan wallbang, namun jangan sembarangan dalam menggunakannya. Pastikan Wallbang digunakan saat Fatalis berada dalam posisi merangkak (dengan 4 kaki) ketimbang berdiri dengan 2 kaki. Perbedaan jumlah damagenya sendiri cukup signifikan ketika dalam mode 4 kaki.
  • item Dragon Pod yang drop saat kamu mentender bagian tubuh Fatalis benar-benar memiliki peranan yang krusial di dalam pertarungan. Karena setiap 2 atau 3 kali kamu melemparkannya ke tubuh fatalis, kamu bisa membuatnya stagger sekaligus menginterupsi berbagai serangan-serangan monster ini. Kamu pun dapat mencicilnya dengan menembakkan satu, lalu bersiap untuk menembakkannya lagi ketika kamu berada dalam posisi yang tidak menguntungkan.
  • Peran Dragon Pod tidak hanya berguna untuk fase 1 saja, tapi juga untuk fase seterusnya. Jadi jangan sampai kamu kehabisan Dragon Pod saat memulai fase-fase tersebut.

 

Tips untuk Phase 2

Meriam dan Roaming Ballista

Di phase 2, arena bermainmu akan menjadi lebih luas. Dan oleh karenanya, Fatalis kini juga akan mulai aktif terbang di udara lalu menyerangmu dari sana. Sama seperti di Phase 1, kamu tetap harus berfokus untuk memberikan damage kepada agar Fatalis kembali mengeluarkan serangan ulti semburan yang selanjutnya.

Dari sana, kamu kini diharuskan untuk pergi ke arah pintu masuk gerbang, lalu menutup pintu gerbang tersebut dengan level. Tips dan trik penting yang perlu kamu lakukan saat tengah berada di fase ini adalah sebagai berikut:

  • Tidak hanya dari Balista dan meriam baru, kamu kini bisa memanfaatkan keberadaan roaming ballista (ala Gattling Gun) untuk menyerang Fatalis yang tengah terbang guna memaksanya turun kembali di daratan. Pastikan kamu kembali mempunyai skill Heavy Artillery demi bisa memberi damage lebih kepada Fatalis.
  • Amunisi dari Roaming Ballista bisa kembali terisi setelah beberapa waktu berjalan. Jadi jangan ragu-ragu untuk langsung menggunakannya
  • Ada dua buah panah binder shot di posisi kanan dekat meriam, dan juga di posisi kiri dekat balllista. Panah ini bisa digunakan untuk langsung menghentikan gerak Fatalis untuk sementara waktu. Namun, ada baiknya untuk tidak digunakan terlebih dahulu di phase 2. Alias, lebih baik disimpan untuk phase selanjutnya.
  • Bila merasa sudah cukup dalam memberikan damage, usahakan untuk mulai tidak berada terlalu jauh dengan area gerbang. Tujuannya agar kamu tidak telat untuk masuk ketika Fatalis menggunakan serangan ulti saat mulai memasuki phase 3.

 

Tips untuk Phase 3, 4, dan seterusnya

Merupakan fase terakhir yang paling krusial dan menentukan. Masih di area yang sama, Fatalis kini mulai berada dalam form terkuatnya. Dengan semburan api yang berwarna biru, hampir semua semburannya betul-betul bisa terasa sangat mematikan.

Bila dalam waktu tertentu kamu masih belum dapat membunuh Fatalis, nantinya ia juga akan mengeluarkan sebuah serangan ulti susulan yang hanya bisa dihindari dengan lari bergerak menuju ke bagian belakang hingga samping Fatalis.

Tips yang patut kamu perhatikan ketika berhasil sampai di fase ini adalah sebagai berikut:

  • Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan Binder Shot
  • 2 kali menghancurkan kepala Fatalis dapat menghilangkan efek serangan api biru yang biasa ia keluarkan. Sehingga pertarungan bisa berjalan lebih mudah.
  • Semburan api memutar 360 derajat (apalagi dalam mode api biru) memang adalah serangan Fatalis yang paling tricky untuk dihindari. Menggunakan farcaster bisa menjadi langkah bijak bila kondisi healthmu saat itu berada dalam keadaan yang sangat kritis. Dimana kamu juga bisa memanfaatkan momen itu untuk melakukan restock.
  • Dalam beberapa waktu, dragonator akan mulai bisa kamu gunakan. Pastikan kamu mampu membuat Fatalis berada di posisi yang tepat (agak mengarah ke tengah dari gerbang) agar 2 hit damage yang masif dari Dragonator bisa masuk.

 

Fatalis Ultimate

Dari penjelasan tersebut, memang kamu akan sangat memerlukan banyak persiapan baik dari segi pemanfaatan build senjata, equipment, décor, charm dan lain-lain yang benar-benar harus matang. Skill-Skill utama yang ingin sangat kami rekomendasikan untuk kamu pakai dalam melawan Fatalis adalah:

  • Agitator
  • Latent Power
  • Critical eye
  • Weakness Exploit
  • Partbreaker
  • Heavy Artillery (wajib untuk solo)
  • Divine Blessing
  • Health Boost 3
  • Fire Resist
  • Dragon Resist
  • Widerange
  • Free meal

Sebagai tambahan, bonus skill dari Armor set Alatreon bisa menjadi solusi yang cukup membantu untuk bertahan dari serangan-serangan elemental milik Fatalis. Lalu kamu pun juga perlu untuk memanfaatkan penggunaan mantle seperti fire hingga temporal mantle demi memberikan sedikitnya keuntungan dalam bertarung.

Sekiranya itulah kumpulan tips dan trik yang bisa kami berikan dalam menghadapi monster yang untuk sementara merupakan yang paling sulit di dalam game ini. Tetap semangat untuk kalian yang masih terus berjuang!

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top