Connect with us

Tips dan Trik Melawan Alatreon di Monster Hunter World: Iceborne

Tips dan trik melawan Alatreon di Iceborne

Tips & Trik

Tips dan Trik Melawan Alatreon di Monster Hunter World: Iceborne

Alatreon akhirnya telah resmi datang ke Monster Hunter World: Iceborne. Monster yang bisa berganti-ganti elemen ini dikabarkan selama 4 hari lamanya sudah memberi rasa frustasi yang luar biasa bagi para pemain. Bagaimana tidak ? Monster yang memulai debut sebagai sang final boss di seri Monster Hunter 3 tersebut punya sebuah gimmick mematikan yang sama sekali tak bisa dihindari, melainkan malah harus dihadapi.

Dengan mengandalkan jurus serangan pamungkasnya yang bernama Escaton Judgement, Alatreon siap menjadi ujian terbesar yang siap para pemain temui di Monster Hunter World: Iceborne. Karena dibandingkan dengan monster lain, Alatreon betul-betul memberi sebuah lonjakan level yang sangat begitu besar. Mengingat kamu dan anggota timmu 90% akan selalu mati seketika bila jurus ulti miliknya gagal untuk dilemahkan.

Bila kamu mungkin saat ini tengah mati-matian berjuang ataupun sedang berencana memulai petualangan penuh derita dalam menghadapi Alatreon, kalian nampaknya perlu memperhatikan sedikit tips dan trik yang sudah kami bagikan berikut.

 

Senjata berelemen adalah kewajiban MUTLAK!

Meski Alatreon dikenal sebagai monster yang mampu mengganti-ganti kelemahan dan kelebihan elemennya, kamu tetap diwajibkan untuk melawan monster tersebut dengan senjata yang berelemen. Maksud dari elemen di sini adalah memakai senjata-senjata dengan kandungan elemen dasar seperti Api, Es, Dragon, Air, dan Listrik. Bukan menggunakan senjata dengan efek blast, poison, sleep dan semacamnya.

Hal ini sangatlah penting sekali untuk diingat. Karena senjata berelemen dasar tersebut menjadi persyaratan awal agar kamu bisa setidaknya mengurangi damage dari serangan pamungkas Escaton Judgement.

 

Pakem elemen Alatreon = Api-Dragon-Es / Es-Dragon-Api

Di misi Special Assignment, Alatreon selalu memulai pertarungan dengan elemen Api. Pada umumnya kamu hanya perlu memberi monster tersebut damage elemental yang bertolak belakang dari elemen tersebut. Misal untuk Api, kamu bisa menggunakan senjata berelemen Es untuk menangkalnya.

Meski Es merupakan elemen yang paling efektif, elemen-elemen lain selain non-api tetaplah masih tergolong kompatibel untuk digunakan, begitu juga sebaliknya. Kamu pun dapat memperhatikan deskripsi tingkat kelemahan dari mode aktif elemen yang dimiliki oleh Alatreon melalui gambar keterangan di bawah.

kelemahan di mode “Api”

Kelemahan di mode “Es”

Kelemahan di mode “Naga”

Baik saat berada di mode elemen es dan api, Alatreon selalu merubah elemennya ke elemen Dragon sebelum menuju ke elemen es atau api. Dengan pakem rumus Api>Dragon>Es maupun Es>Dragon>Api, monster ini pada dasarnya cuma memiliki mode state 3 elemen saja. Dan keberadaan elemen Dragon sendiri lebih berperan seperti layaknya penghantar.

 

Mode Dragon: Mode untuk hancurkan tanduk Alatreon

Saat alatreon Mengganti elemennya ke mode dragon yang dimulai dari aksinya dalam melakukan suatu jurus ledakan dengan berbagai aura listrik hitam yang menyelimuti tubuhnya, kamu punya kesempatan untuk menghancurkan tanduk yang dimiliki oleh monster Elder Dragon ini ketika ia berada pada mode tersebut.

Paling efektif dilakukan dengan wallbang, ada mekanisme fungsi yang cukup menarik bila kamu berhasil mematahkan tanduk monster ini. Alatreon secara unik bisa kembali berhanti ke elemen sebelumnya ketimbang masuk ke elemen selanjutnya. Hal tersebut bisa jadi cukup penting untuk dilakukan jika kamu dan anggota skuadmu ingin lebih fokus mengeksploitasi kelemahan elemen pertama Alatreon.

 

Bertahan dari Escaton Judgement Alatreon

Jangan salah kaprah. Mematahkan tanduk sama sekali tidak mempunyai manfaat untuk menghindarkanmu dari jurus pamungkas yang sama sekali tidak bisa dihindari bahkan dengan Farcaster sekalipun. Mengingat fungsinya hanya lebih sekadar menunda waktu Alatreon untuk berganti ke elemen yang selanjutnya, Escaton Judgement punya sebuah mekanisme berbeda yang perlu ditangani dengan cara yang juga berbeda.

Kembali lagi ke soal mengeksploitasi kelemahan elemen, kamu wajib memberikan damage elemental yang betul-betul pas dan sesuai ke Alatreon. Ada sejumlah element DPS check yang wajib di lalui lewat gejala tanda sang monster yang terjatuh dan munculnya notifikasi dari Handler bahwa kamu telah berhasil mengkompres salah satu kekuatan elemennya.

Sehingga ketika Alatreon menggunakan Escaton Judgement pada mode elemen tersebut, damagenya sudah tidak lagi sesakit sebelum kamu bisa memberi damage elemental yang cukup. Namun, kamu tetap wajib waspada untuk menyiapkan Astera Jerky plus health booster demi memitigasi hasil damage yang telah tereduksi itu.

 

Persiapan sebelum bertarung!

Memberi damage elemen juga masih tetap wajib kamu lakukan ketika kamu sudah sekali atau dua kali berhasil menahan serangan jurus pamungkas Alatreon. Karena syarat elemental damagenya pun ikut tereset kembali ketika ia hendak melepaskan jurus Escaton Judgment yang berikutnya.

Sehingga dari sana, inilah sebenarnya yang menjadi fokus penting dari pertarungan melawan Alatreon. Kamu benar-benar diharuskan bermain lebih agresif ketimbang defensif dengan memberi damage elemental yang sebanyak mungkin demi bisa menang. Sehingga agar kamu dapat mencapai hal itu, kekuatan dari senjata hingga seluruh build equipment dan décor yang kamu punyai juga sangat memegang peranan penting.

Senjata + Armor skill + Jewel

Pada aspek persenjataan, kamu setidaknya wajib memiliki senjata dengan tingkat attack element di atas 400. Lebih dari itu, semakin lebih baik melalui keberadaan opsi senjata Kjarr milik Kulve Taroth. Atau, senjata dari Alatreon sendiri yang materialnya bisa kamu kumpulkan sedikit demi sedikit saat masih kalah dalam menyelesaikan misi.

Jenis senjatanya pun juga disarankan untuk yang bisa lebih mudah memberi efek proc elemen ketimbang cuma mengandalkan raw damage. Contohnya seperti Dualblade, Insect Glaive, Sword and Shield, Long Sword, Switch Axe hingga Charge Blade. Di luar itu, masih tetap memungkinkan walau memang memerlukan banyak penyesuaian.

Selebihnya untuk Armor Skill, paling mudah kamu dapat memanfaatkan bonus full set dari armor safi’jiiva yang bisa memberi tambahan 150 elemental attack plus 40% affinity. Jika kamu belum sempat mempunyai secara lengkap set armor tersebut, sebagai alternatif kamu dapat memfokuskan diri untuk menggenjot kekuatan elemen senjatamu lewat fitur pemasangan slot jewel.

Tidak hanya untuk yang bersifat element, keberadaan skill macam Agitator, Coalescence, Partbreaker, Critical Eye juga membawa sebuah fungsi ofensif yang bisa cukup berguna.

Dalam memberi sisi yang lebih defensif, kamu bisa berperan sebagai healer dengan memaksimalkan skill widerange dan speed eating. Selain itu, Health Boost 3 termasuk skill yang tergolong paling wajib dipunyai. Sisanya, ada Blight Resist, Stun Resist, Flinch Free, yang sebenarnya juga tidak kalah krusial.

Skill Defense boost dalam level tinggi bisa memberikanmu tambahan boost elemental resistance yang lumayan. Mengingat hampir seluruh serangan yang dimiliki oleh Alatreon memang lebih bersifat elemental.

Sementara saat makan. Memanfaatkan efek Def up dan Atk up sama sekali tidak akan banyak membantu di pertarungan penuh elemen ini. Sehingga mengambil efek Elemental Resist Up jelas adalah hal yang sebaiknya paling diprioritaskan.

 

Melawan secara solo lebih mudah dari co-op ?

Tidak bisa dibilang lebih mudah atau sulit. Namun, sisi positif yang paling utama dari melawan Alatreon secara solo adalah kamu bisa membuat pertarungan menjadi lebih terkontrol ketika mati.

Apalagi saat dipadukan dengan efek food skill Felyne Insurance atau Felyne Safeguard, kamu seolah betul-betul punya 4 nyawa yang harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Setidaknya demi memastikan bahwa kamu hanya boleh secara aman mati ketika terkena Escaton saja. Sehingga penggunaan skill Stun Resistance yang full tentunya merupakan barang wajib yang perlu kamu bawa supaya karaktermu tak mati secara konyol.

Sementara dalam bermain secara tim, ada baiknya bila kamu berkomunikasi terlebih dahulu dalam menanyakan jenis senjata elemen yang para rekanmu punyai. Terutama demi mengkoordinasi strategi dari kondisi tanduk Alatreon yang memang perlu dipecahkan atau dibiarkan saja agar kamu dan para temanmu bisa lebih memfokuskan damage pada kelemahan elemen yang perlu dituju.

 

 

Itulah sejumlah tips dan trik yang perlu kamu ketahui ketika hendak ataupun frustasi dalam menghadapi Alatreon. Ya, kami tahu monster ini memang sangat begitu sulit sekali untuk dikalahkan. Tapi dengan sedikitnya kamu tahu mengenai kelemahan dan fokus yang memang harus disasar, niscaya kamu pastinya dapat belajar dari setiap kegagalan demi kegagalanmu dalam mengalahkannya.

Intinya tetap semangat, dan jangan mudah menyerah!

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top