Connect with us

Profil 6 Calon Game of the Year yang Tengah Bersaing di Ajang TGA 2020

6 Game of The Year TGA 2020

Listicle

Profil 6 Calon Game of the Year yang Tengah Bersaing di Ajang TGA 2020

Ajang penghargaan The game Awards 2020 akhirnya sudah resmi mengeluarkan keberadaan nama-nama calon nominasinya. Dari berbagai kategori yang ada, nominasi di kategori pamungkas seperti Game of the Year atau biasa disingkat GOTY menjadi fokus yang selalu banyak disasar oleh para gamer pada event TGA 2020.

Bentuk perhatiannya pun tidak hanya sebatas dalam urusan memprediksi kumpulan nominasi game-game terbaik yang dijagokan untuk menang saja. Karena tidak jarang banyak dari kita juga cenderung kepo dalam menilai kepantasan game-game tersebut ketika dinominasikan sebagai salah satu calonnya. Belum lagi dalam mempedulikan apakah game favoritmu ikut masuk di sana atau tidak ?

Pada tahun 2019 lalu, game Sekiro: Shadow Die Twice telah sukses memenangkan kategori game of the year dengan menundukkan pesaing-pesaing kuat macam Super Smash Bros Ultimate, Death Stranding, hingga Resident Evil 2 Remake. Sehingga berlanjut ke tahun 2020, siapakah kira-kira yang akan meneruskan jejak game action sulit buatan From Software tersebut ?

Calon nominasi GOTY

Tercatat sudah ada 6 nama yang telah dinominasikan seperti Animal Crossing: New Horizons, Doom Eternal, Final Fantasy VII Remake, Ghost of Tsushima, Hades, dan The Last of Us Part II. Bila kamu belum banyak mengenal sosok dari keberadaan 6 calon game of the year ini di ajang TGA 2020, biarkan kami memberi kalian sejumlah pengertian profil yang bisa cukup membantu.

 

1. Animal Crossing: New Horizons

Developer/Publisher: Nintendo

Tanggal Rilis: 20 Maret 2020

Platform: Switch

Genre: Social Simulation

Merupakan franchise game sosial simulasi eksklusif Nintendo yang pertama kalinya bisa dibawa ke konsol Nintendo Switch sekaligus juga menjadi game yang sempat begitu viral dimainkan pada masa-masa pandemi.

Animal Crossing: New Horizon namanya, game ini ingin membawakanmu peran sebagai tokoh manusia yang ditawari untuk tinggal dan membangun kehidupan di sebuah pulau bersama dengan para NPC-NPC berwujud hewan antropomorfik yang luar biasa menggemaskan. Ketika diajak berbicara, para hewan-hewan ini pun biasa mengeluarkan suara yang tidaklah kalah lucu untuk didengar.

Bentuk kefenomenalannya pun tak berhenti sampai di situ. Animal Crossing: New Horizon ikut menawarkan adanya adanya aspek untuk bermain secara multiplayer. Bersama dengan banyak teman-temanmu, kamu bisa saling kunjung-berkunjung ke pulau mereka baik untuk bersosialiasi, bertukar item, hingga memanfaatkan fasilitas shop yang tengah tersedia dalam zona waktunya.

Seolah menjadi fitur yang tidak kalah unik, sistem waktu jam yang diusung oleh game ini menariknya dibuat dalam perbandingan tingkat waktu yang sama dengan dunia nyata dan secara khusus mengambil patokan dari waktu jam di konsol Switchmu.

Sementara fitur untuk mengkustomisasi avatar karakter pemain, menata sekaligus mendesain pulau yang ditawarkannya juga tergolong luas. Bahkan dengan lingkup yang membebaskan pemain untuk slaing mengadopsi desain baju atau pola-pola khusus yang mereka buat serta unggah secara online.

 

2. Doom Eternal

Developer/Publisher: id Software/Bethesda

Tanggal Rilis: 20 Maret 2020

Platform: PC (via Steam), PS4, Xbox One, Switch

Genre: FPS

Termasuk game FPS tembak-tembakan yang punya ciri khas dalam meleburkan langsung tema sci-fi dan supernatural. Melanjutkan kesuksesan seri rebootnya di tahun 2016 kemarin, Doom Eternal dikenal masih tetap sukses dalam mempertahankan kualitasnya sebagai game tembak-tembak yang tidak hanya brutal, tapi juga sensasional.

Dianggap sensasional, karena game ini tergolong sangat ingin mengajakmu untuk bermain secara agresif dan tanpa pandang bulu sebagai salah seorang pasukan marinir luar angkasa dengan julukan Doom Guy atau Doom Slayer. Khususnya demi membasmi sekumpulan monster-monster “jahanam” yang berasal dari dunia neraka.

Seri Eternal banyak orang anggap menyajikan kisah yang terasa jauh lebih serius dari prekuelnya. Yakni mengenai berhasilnya para bala tentara iblis mulai menginvasi Bumi dan sukses memusnakan 60% lebih populasi umat manusia. Dimana hal itu membuat Doom Guy harus kembali merespon aksi keji tersebut.

Sementara dari segi gameplay, banyak sekali beragam improvisasi kuantitas yang dikeluarkan dalam seri ini. Baik itu dari penambahan variasi musuh, senjata, hingga soundtrack musiknya yang bisa semakin menggemparkan suasana.

 

3. Final Fantasy VII Remake

Developer/Publisher: Square Enix

Tanggal Rilis: 10 April 2020

Platform: PS4

Genre: Action RPG

Dari game JRPG populer yang sempat sukses memikat hati para gamer-gamer PS1, kehadiran Final Fantasy VII Remake di tahun 2020 tentu telah menjadi satu mimpi yang diidam-idamkan sejak lama.

Untuk urusan grafis, kualitas remake yang dikeluarkan oleh game ini sudah tak perlu diragukan lagi. Sebagai seri Final Fantasy yang cukup sarat dengan tema sci-fi di dalamnya, Square Enix selaku developer telah berhasil menyediakan banyak sekali modernitas gameplay yang benar-benar didambakan. Apalagi melalui aspek combatnya yang tidaklah lagi turn-based.

Sementara bila kamu belum tahu, Final Fantasy VII sendiri punya kisah yang tergolong kompleks. Awal mulanya mengkisahkan tentang keberadaan energi kehidupan dari suatu planet yang sedang diperah habis-habisan oleh pihak korporasi jahat bernama Shinra.

Dari sana, kamu akan berperan sebagai salah seorang tentara bayaran bernama Cloud Strife dengan masa lalu yang misterius. Ia sendiri bergabung dengan kelompok pemberontak yang memiliki misi untuk menghentikan misi Shinra dalam semakin banyak menyedot energi planet yang tengah mereka tinggali tersebut.

Diketahui memiliki cerita yang cukup ekstensif atau panhang, keberadaan versi remakenya pun sampai dikonfirmasi terbagi ke dalam 2 game yang terpisah. Dimana game keduanya tentu masih sedang berada dalam tahap pengembangan dan juga sedang cukup dinantikan oleh para fans.

 

4. Ghost of Tsushima

Developer/Publisher: Sucker Punch/Sony Interactive Entertainment

Tanggal Rilis: 17 Juli 2020

Platform: PS4

Genre: Action, Open World

Karena Assassin’s Creed masih terkesan malu-malu untuk menyediakan suatu seri yang mengambil setting utama di daratan negeri Jepang, kehadiran game eksklusif Playstation satu ini seolah telah bisa menjadi pengganti yang cukup sepadan. Ya, game yang dimaksud tentu saja adalah Ghost of Tsushima.

Secara khusus mengambil setting di daratan pulau Tsushima pada masa invasi bangsa Mongol, Ghost of Tsushima adalah game yang telah dianggap berhasil dalam memberi sejumlah pengalaman open world serta bentuk realisme menarik dari aksi bertempurmu sebagai seorang Samurai bernama Jin Sakai.

Selain dari sisi lanskap dunianya yang betul-betul ditampilkan dengan sangat indah, Aspek bertempur dari Ghost of Tsushima dikenal sangat begitu menjual banyaknya gaya atau opsi-opsi pendekatan yang terasa memukau.

Baik untuk bertarung langsung ala Samurai, ataupun mengendap-endap seperti Ninja, game ini seolah nampak memiliki kelekatan yang cukup terhormat dengan film-film Samurai lawas buatan almarhum Akira Kurosawa.

Bentuk Kepositifan tersebut juga masih berlanjut dari munculnya keberadaan mode multiplayer bernama Legends yang semakin memberikan banyak dimensi besar dalam memegahkan nama Ghost Tsushima di ajang TGA 2020.

 

5. Hades

Developer/Publisher: Supergiant Games

Tanggal Rilis: 17 September 2020

Platform: PC (via Steam dan Epic Games Store), Switch

Genre: Action RPG, Roguelike

Termasuk satu-satunya game indie yang bisa ikut berkompetisi dalam memperebutkan mahkota game of the year di ajang TGA 2020. Masuknya Hades sendiri nampak bukanlah sekadar kebetulan semata. Game bergenre Action Roguelike ini diketahui menyimpan sebuah keseruan besar yang patut diantisipasi.

Memberikan premis tentang peranmu sebagai Zagreus selaku anak dari Dewa Hades yang berupaya kabur dari dunia Underworld untuk pergi menuju gunung Olympus, para pemain akan menjumpai banyaknya tantangan yang siap menghambat perjalananmu dalam game Hades.

Rasa kespesialan dari game yang berformat isometric bukanlah terletak pada tingkat kesulitannya. Melainkan justru dari kelengkapan plus kemaksimalan developer dalam mematangkan segala aspek fitur-fitur yang ada.

Berhasil menghindari serangan ataupun melancarkan serangan seolah hal yang terasa selalu memuaskan untuk dilakukan. Lalu Animasi dan grafis yang dimiliki walau beraliran kartunis tetap menuai daya pikat yang sungguh begitu menakjubkan bagi para pemain.

Belum ditambah lagi dengan kompleksitas gameplay proseduralnya ketika mendapatkan senjata, buff, item hadiah yang tergolong jauh dari kata membosankan.

 

6. The Last of Us Part II

Developer/Publisher: Naughty Dog/Sony Interactive Entertainment

Tanggal Rilis: 19 Juni 2020

Platform: PS4

Genre: Action-Adventure

Merupakan game Action bercampur survival yang masih dikenal fenomenal bukan dari setting dunianya yang serba post apocalypse maupun gameplaynya, melainkan dari eksekusi penyajian cerita yang selalu mengundang rasa emosi dan air mata yang begitu mendalam.

Game The Last of Us Part II sendiri masih tetap ingin mempertahankan ciri khas tersebut. Dengan melanjutkan langsung kisah Joel dan Ellie dari seri pertamanya, game eksklusif Playstation ini pun juga ikut memberi sejumlah improvisasi yang terkesan semakin realistik. Terutama ketika berjumpa dengan sekelompok musuh hingga bersembunyi dari mereka.

Dibalik semua itu, The Last of Us Part II sayangnya juga merupakan game yang keberadaannya dianggap kontroversial untuk sampai dinominasikan dalam kategori Game of the Year dalam ajang sekelas TGA 2020.

Kontroversinya lebih banyak bersumber dari arah pemilihan cerita yang ingin pihak developer tuju. Karena sebagian pemain diketahui sangat begitu kecewa terhadap hal tersebut walau sebagian yang lain menaruh impresi sebaliknya.

Hingga kini pun, banyak isu pro kontra yang masih tetap menghinggapi keberadaan game The Last of Us Part II. Apakah hal itu bisa mempengaruhi peluang game ini untuk menang ?

 

Itulah profil-profil menarik yang bisa kami bagikan terkait 6 calon Game of the year yang tengah saling beradu fslsm ajang perhargaan The Game Awards 2020. Dari 6 game di atas, adakah kira-kira yang menjadi jagoanmu, atau mungkin game lain yang seharusnya pantas masuk di dalam nominasi tersebut ?

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top