Connect with us

11 Game James Bond Terbaik Sepanjang Masa

Game James Bond Terbaik

Best of the Best

11 Game James Bond Terbaik Sepanjang Masa

Sebelum Io Interactive (developer game Hitman) mengumumkan Project 007, banyak dari kamu mungkin lebih mengenal sosok James Bond dari keberadaan filmnya. Padahal, franchise yang menceritakan kisah seru agen mata-mata Inggris dari karya novel Ian Fleming ini sebenarnya juga tergolong sering mendapat banyak bentuk adaptasi video game.

Bahkan, sejarahnya pun boleh dibilang juga cukup panjang. Dari tahun 1982 sampai terakhir 2012, franchise James Bond tercatat telah berhasil memproduksi lebih dari 30 buah seri video game yang kebanyakan memang mengadaptasi langsung keberadaan versi filmnya, sementara sebagian lebih menampilkan gambaran cerita serta setting yang original.

Bila dikomparasi dengan game-game populer terbaik lain pada masanya, game James Bond sendiri tidak terlalu dikenal banyak menyita atensi besar. Meski begitu, bukan berarti bahwa franchise ini nampak dianggap tidak berjodoh untuk diangkat ke dalam media video game.

Karena nyatanya, ada sejumlah seri game James Bond yang punya kualitas serta kepantasan untuk disebut sebagai “hidden gem” hingga memberi pengaruh terhadap keberadaan genre game tertentu.

Ketika project 007 tengah mencoba peruntungannya dalam merestorasi lagi seri game ini, kini Sukaon ingin membagikan kalian deretan info dari kumpulan game James Bond terbaik mana yang patut kamu nostalgiakan lagi keberadaannya. Yuk simak informasinya di bawah;

 

11. 007 Legends

Developer/Publisher: Funcom/Activision

Tahun Rilis: 2012

Platform: PS3, Xbox 360, PC, Wii

Merupakan seri game James Bond yang terakhir kali dirilis sebelum hendak hiatus sampai saat ini. Dirilis untuk platform konsol dan PC, Fokus dari game 007 Legends sendiri diciptakan untuk merayakan 50 tahun usia dari franchise film James Bond saat itu.

Dengan gameplay yang berformatkan FPS campur stealth, game ini membawa beragam kompilasi misi ikonik yang diadaptasikan langsung dari versi filmnya yang tidak hanya satu, tapi langsung memuat 5 film sekaligus + 1 (dari DLC) yang terbagi dari keenam generasi aktor James Bond yang ada. Mulai dari almarhum Sean Connery sampai ke Daniel Craig.

Meski begitu, sayangnya game ini tidak terlalu banyak diapresiasi karena hal tersebut. Justru, para pemain lebih banyak puas terhadap konten multiplayernya yang bisa dimainkan baik secara splitscreen maupun online.

 

10. Tomorrow Never Dies

Developer/Publisher: Blackops Entertainment/EA

Tahun Rilis: 1999

Platform: PS1

Game action 007 yang diadaptasi langsung dari film James Bond keluaran 1997, yakni Tomorrow Never Dies. Dikemas dalam format third-person, game eksklusif PS1 ini mempunyai gameplay yang nampak diinspirasikan dari seri pertama Syphon Filter. Namun dengan adanya sedikit keunikan pada munculnya gameplay berkendara di level-level tertentu.

 

9. The World is Not Enough

Developer/Publisher: Eurocom/EA

Tahun Rilis: 2000

Platform: Nintendo 64

Bukanlah sebuah rahasia umum bila franchise game James Bond nampak menjadi game yang lebih baik ketika digarap secara first-person. Game The World is Not Enough yang tentu saja diambil dari film James Bond berjudul sama setelah Tomorrow Never Dies adalah satu contohnya.

Keberadaan game ini sendiri hadir dalam dua versi, yakni yang ada di Nintendo 64 dan Playstation 1. Kebetulan, kedua versi tersebut memiliki perbedaan krusial dari segi gameplay yang disajikan. Dimana versi Nintendo 64 sangatlah paling direkomendasikan berkat keberadaan konten multiplayer yang tidak dipangkas pada perilisannya di konsol PS1.

Secara khusus, The World is Not Enough adalah game yang juga sangat menonjolkan aksi kemampuan James Bond dalam memanfaatkan penggunaan gadget-gadget canggihnya yang tergolong bervarian.

 

8. Quantum of Solace

Developer/Publisher: Treyarch/Activision

Tahun Rilis: 2008

Platform: PC, PS2, PS3, Xbox 360, NDS, Wii

Diadaptasi langsung dari satu Film James Bond versi Daniel Craig yang konon dianggap paling jelek, versi game Quantum of Solace sendiri justru dinilai bisa sedikit memperbaiki. Hal yang mungkin terasa paling berbeda adalah dari format gameplaynya yang sengaja dibuat menjadi semi First-person.

Seolah hampir menyerupai game Deus EX, ada sebuah transisi pandangan third-person yang menarik ketika kamu melakukan cover dan finisher. Sementara itu, grafis dan efek-efek yang disajikan dalam game ini [un juga tergolong maksimal. Apalagi demi mempertegas 1 hingga 2 tahun datangnya era konsol PS3 dan Xbox 360 saat itu.

 

7. James Bond 007: Agent Under Fire

Developer/Publisher: Visceral Games/EA

Tahun Rilis: 2001

Platform: PS2, Xbox, Gamecube

Merupakan game James Bond yang pertama kali muncul di konsol PS2. Dikenal mengambil cerita yang cukup original, game James Bond 007: Agent Under Fire nampak terlihat sebagai versi upgrade yang begitu praktis bagi game The World is Not Enough.

Dimana selain dari aspek visualnya yang tentu sudah teroptimisasi untuk tuntutan standa konsol PS2, dan Xbox, game FPS ini memuat adanya tambahan konten gameplay untuk mengendarai mobil dan multiplayer yang dikenal asyik.

 

6. From Russia With Love

Developer/Publisher: Visceral Games/EA

Tahun Rilis: 2005

Platform: PS2, PSP Xbox, Gamecube

Merupakan game James Bond yang ingin memberikan sebuah kenangan indah kepada sang aktor James Bond pertama, yakni Sean Connery yang kini baru saja tutup usia. Game third-person yang diadaptasi dari film kedua Franchise James Bond di tahun 1963 berjudul From Russia With Love tersebut juga sering dianggap sebagai salah satu game 007 terbaik di konsol PS2, Xbox dan Gamecube.

Selain dari keberadaan sosok Sean Connery yang menyumbangsihkan peran suara, game ini ikut memuat lonjakan grafis dengan detilnya yang begitu maksimal beserta dengan sejumlah kejutan dari  gameplay menjelajah, menembak, hingga berkendaranya yang terhitung solid.

5. James Bond 007: Nightfire

Developer/Publisher: Eurocom/EA

Tahun Rilis: 2002

Platform: PC, PS2, Xbox, GBA, Gamecube

Seri game James Bond yang melanjutkan kisah original dari seri Agent Under Fire. Game Nightfire sukses menjadi satu sekuel yang amatlah solid bagi sang pendahulunya. Terutama lewat aspek gameplay tembak-menembak serta desain level yang semakin lebih dieksplorasi. Bahkan eksplorasi levelnya sampai bisa mencakup luar angkasa.

Sementara wujud model karakter Bond yang telah disempurnakan di sini. Dibuat semirip mungkin dengan wajah dari Pierce Brosnan, game ini pun masih menyedikan konten multiplayer local yang betul-betul seru untuk dimainkan.

 

 

4. GoldenEye 007 (Remake)

Developer/Publisher: Eurocom/Activision

Tahun Rilis: 2010

Platform: Wii, NDS, PS3, Xbox 360

Seri game James Bond yang melanjutkan kisah original dari seri Agent Under Fire. Game Nightfire sukses menjadi satu sekuel yang amatlah solid bagi sang pendahulunya. Terutama lewat aspek gameplay tembak-menembak serta desain level yang semakin lebih dieksplorasi. Bahkan eksplorasi levelnya sampai bisa mencakup luar angkasa.

Sementara wujud model karakter Bond yang telah disempurnakan di sini. Dibuat semirip mungkin dengan wajah dari Pierce Brosnan, game ini pun masih menyedikan konten multiplayer local yang betul-betul seru untuk dimainkan.

Versi remake dari game Golden Eye yang awalny dirilis untuk Nintendo Wii dan NDS, namun pada akhirnya juga ikut dibuat dalam versi yang telah semakin diremaster di konsol PS3 dan Xbox 360. Walau belum bisa disebut mampu untuk melampaui keikonikan game Golden Eye lawas di tahun 1997, game FPS ini tetap menjadi kado yang amat dirindukan bagi para penggemar James Bond.

Game 007 Golden Eye Remake dikenal menghadirkan banyak perombakan menarik dari segi grafis, penataan dunia, sampai ke pengembangan musuh AI yang lebih pintar sekaligus menantang. Apalagi ketika game dirilis untuk Nintendo Wii, game ini memberikan nuansa kontrol yang tidak hanya inovatif, tetapi juga nyaman ketika dimainkan.

 

3. James Bond 007: Bloodstone

Developer/Publisher: Bizarre Creations/Activision

Tahun Rilis: 2010

Platform: PC, PS3, Xbox 360

Ibarat menjadi Sekuel tak resmi bagi game Quantum of Solace karena muatan ceritanya yang terhitung original. Seri Bloodstone paling dikenal membawa perubahan yang cukup menarik dari game sebelumnya. Terutama dari format bermain yang kini lebih dibuat full third-person ketimbang mengadopsi adanya unsur First-person.

Dengan tujuan untuk mengkaptivasi pengalaman bermain ala game Uncharted, game ini benar-benar memberikan banyak variasi level di gameplay tembak-tembakan, dan kejar-kejaran mobil yang terasa bombastis seperti di film.

 

2. James Bond 007: Everything or Nothing

Developer/Publisher: Visceral Games/EA

Tahun Rilis: 2004

Platform: PC, PS3, Xbox 360

Bagi kami, Evertything or Nothing adalah game Bond terbaik yang pernah ada untuk konsol PS2. Tidak selalu harus terpaku dengan format first-person, game dengan cerita original ini tetap mempunyai cita rasa pesona yang begitu tinggi secara third-person.

Mulai dari aspek tembak menembak dan fitur penggunaan gadget yang memberi begitu banyak dimensi menarik, game Everything or Nothing punya suatu hal yang terbaik dalam aspek driving-nya. Dimana kamu seolah-olah akan merasa untuk ingin menjadi agen 007 dengan memainkan game ini

 

1. Golden Eye 007 (Classic)

Developer/Publisher: Rare/Nintendo

Tahun Rilis: 1997

Platform: Nintendo 64

Ironisnya, semodern apapun seri game 007 yang telah dibuat, masih belum ada yang mampu mengalahkan keikonikan serta kesempurnaan yang dibawa oleh game James Bond keluaran 1997 seperti Golden Eye.

Game ini sendiri tidak hanya dianggap menjadi game adaptasi film James Bond yang terbaik semata, Melainkan sering kali disebut sebagai salah satu game adaptasi film terbaik yang pernah ada.

Tentu berasal dari film James Bond Golden Eye yang pertama kali keluar di tahun 1995, game ini telah berhasil memperkenalkan bentuk evolusi genre FPS  untuk platform konsol. Khususnya dalam menunjukan transisi genre gameplay yang dinilai lebih realistik saat itu di konsol sekelas Nintendo 64.

Walau hadir dengan standar grafis yang serba terbatas di tahun 1997, game Golden Eye klasik tetap mampu menyodorkan banyak sekali definisi keseruan untuk menjadi seorang agen mata-mata ala Bond di sini. Baik itu dimulai dari narasi mode single player campaign sampai padanan kualitas gameplay yang betul-betul tergarap dengan sangat baik.

Bahkan, kehadiran mode multiplayer splitscreen-nya pun juga mengundang rasa antusiasme yang selalu dicandui oleh banyak pemain.

 

 

 

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top