Connect with us

Nintendo Switch Emulator dan Rekomendasi Game PC, Android/IOS

Berita Terkini

Nintendo Switch Emulator dan Rekomendasi Game PC, Android/IOS

Nintendo merupakan perangkat game console yang juga telah lama menemani para player game selama bertahun-tahun. Sejak awal penemuan dan pembuatannya, game console yang satu ini memang memberikan nuansa perangkat game yang berbeda dari perangkat lain. Tapi jika memang Anda ingin memainkan semua game console dan tidak punya Nintendo switch bisa menggunakan emulator. Ada beberapa emulator Nintendo Switch khusus untuk pengguna PC dan smartphone.

Game Nintendo ini ada banyak genre game. Mulai dari aksi, petualangan dan beberapa game asah otak lainya. Beberapa game memang bisa nangkring dan bisa menjadi trending topik belakangan ini. Misalnya saja Pokemon Unite yang beberapa hari resmi rilis saja telah mencapai jutaan pemain. Tidak hanya untuk Nintendo Switch saja, namun kini Pokemon Unite ini telah hadir untuk Android dan IOS.

Emulator Nintendo Switch dan Rekomendasi Game Nintendo Terbaik 2021

emulator nintendo switch

Emulator nintendo switch Yuzu

Jangan khawatir jika Anda tidak punya dan belum cukup uang untuk membeli Nintendo Switch, dan tidak usah juga untuk Anda paksakan membeli perangkat console game yang satu ini. Ada beberapa perangkat yang bisa memainkan emulator untuk Nintendo Switch. Misalnya dengan Android dan PC. Seperti halnya dengan playstation dan psp saja telah ada emulatornya dan sukses memainkan berbagai game berformat iso milik playstation.

Emulator Nintendo Switch untuk PC

Jika Anda mempunyai seperangkat komputer, laptop maupun netbook, sekarang ini telah bisa untuk memainkan game dari nintendo switch. Salah satu emulator yang akan kita gunakan adalah Yuzu, memang emulator Nintendo Switch yang satu telah banyak penggunanya. Selain banyak pengguna, beberapa komunitas dan forum juga ada banyak di sosial media. Ini tentu akan mempermudah Anda jika mengalami kendala terkait emulator Yuzu.

Sebenarnya ada banyak emulator yang bisa memainkan game nintendo, namun menurut kami Yuzu ini yang paling banyak penggunanya. Selain stabil, bahkan menurut informasi dari banyak pengguna, Yuzu ini bisa memainkan game – game kelas berat milik nintendo switch. Misalnya saja Super Mario Odyssey, Astral Chain, Link’s Awakening, dan Breath of the Wild.

Jika memang Anda ingin menggunakan emulator nintendo yang satu ini, silakan cek dulu untuk spesifikasi dari komputer Anda. Karena memang untuk mendapatkan performa dan kualitas terbaik dari Yuzu, harus mengikuti spesifikasi perangkat seperti berikut ini Intel Core i7 8700k @5.0GHz, RAM 16GB DDR4 3.200MHz, dan NVIDIA GeForce GTX 1080Ti. Ini untuk mendapatkan kualitas maksimalnya.

Cara Install Yuzu di Semua Komputer dan Laptop

Pastikan sebelum Anda menginstall untuk memastikan dulu dari spesifikasi yang dibutuhkan. Ini untuk antisipasi kesalahan dan pengoptimalan pada perangkat lunak yang Anda punya.  Untuk cara install Yuzu bisa Anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini :

  • Download dulu file installer Yuzu emulator di website resminya Yuzu.
  • Pilih sistem operasi yang Anda gunakan. Kalau Anda menggunakan windows pilih saja windows installer, sedangkan jika Anda menggunakan linux gunakan linux installer.
  • Untuk windows tinggal klik yuzu installer atau jalankan dengan run administrator. Tinggal ikuti saja langkah – langkah seperti menginstall software lain pada umumnya. Sedangkan kalau menggunakan linux, gunakan perintah chmod a+x ( nama file yizu installer linux). Kemudian ikuti langkah – langka penginstallanya, karena akan muncul menu GUI nya.
  • Jika Anda menggunakan Windows, sebaiknya sebelum menginstall Yuzu emulator ini Anda perbaharui dulu untuk versi dari visual C++ nya. Karena memang source code yang satu ini merupakan build utama dari aplikasi emulator ini.
  • Setelah selesai install Anda bisa memasukkan prod.key dan title.keynya ke folder C: \ Users \ (Username) \ AppData \ Roaming \ yuzu \ keys.

Cara Mencari Game Untuk Emulator Yuzu

Mungkin juga Anda akan kebingungan mengenai game apa yang bisa berjalan mulus pada Yuzu emulator ini. namun jangan khawatir, karena kalau Anda menggunakan Yuzu, tinggal kunjungi website resminya saja dan Anda akan mendapatkan rekomendasi game Nintendo Switch yang Anda butuhkan.  Silakan langsung buka disini. Akan ada banyak game dengan yang ada disana. Tinggal Anda lihat saja untuk rekomendasi terbaik, Anda bisa lihat dari kode warna yang diberikan.

emulator nintendo switch

game emulator nintendo switch PC

Game dengan indikator warna biru menunjukkan bahwa game yang ada memang telah menjalani tes pada emulator dan berjalan dengan lancar. Baik graphical dan semua fitur game berjalan normal. Untuk warna hijau berarti great dan ini masih OK untuk Anda mainkan. Bagian warna kuning menunjukkan bahwa game bisa berjalan tapi kualitas graphic maupun setelan yang lain ada yang tidak berfungsi. Yang bertanda merah artinya game telah menjalani tes namun hanya sampai menu start game saja, selebihnya tidak mau jalan atau bahkan crash. Warna abu abu menunjukkan kalau game crash saat dibuka. Mungkin force close atau bahkan tidak akan mampu untuk membuka loading screen. Sedangkan warna hitam menunjukkan bahwa game belum pernah menjalani pengetesan oleh pihak emulator Yuzu.

Untuk memainkan game nintendo di Yuzu, Anda bisa mendownload terlebih dahulu gamenya di Yuzu. Kemudian buka emulator Yuzu dan jalankan saja sebagai administrator. Setelah terbuka Anda bisa lebih dulu mengkonfigurasi tombol atau pengaturan sesuai selera, ini bertujuan agar Anda lebih mudah mengontrol permainan nantinya. Jika sudah, bisa lanjut untuk menambahkan game yang telah Anda download. kemudian seperti halnya emulator console lainnya, game akan terbuka.

Emulator Nintendo Switch untuk Android

Android memang mempunyai banyak game yang bisa Anda install langsung dari toko aplikasi milik Google alias play store. Namun memang pada kenyataannya, berbagai game yang ada pada nintendo switch memang lebih eksklusif. Memang perangkat console yang satu ini versi termurahnya saja kalau untuk beli HP android pasti sudah bisa mendapatkan spesifikasi yang mumpuni.

Berbagai kabar memang telah ada yang namanya emulator nintendo switch untuk android. Namun menurut rumornya memang emulator yang satu ini juga belum fix secara maksimal, dan kebanyakan kode sumbernya pun berasal dari Yuzu. Anda pasti telah tahu kalau Yuzu emulator terbaik untuk memainkan game nintendo di PC. 

Selain itu ternyata masih membutuhkan semacam joycon dan ini memang perangkat tambahan untuk mengontrol emulator nintendo untuk android ini. Tidak seperti console emulator android misalnya PPSSPP atau emulator lain yang bisa berjalan normal dengan layar sentuh. Harga dari perangkat tambahan ini juga sebanding dengan Android sekelas ram 2 GB an.

Alangkah baiknya jika Anda memang bermimpi dan ngebet banget ingin memainkan game ekslusif dari nintendo switch ini lebih baik beli console langsung. Daripada menggunakan emulator baik dengan Android maupun dengan PC tapi belum maksimal dan masih banyak bug. Walaupun untuk harga yang lebih mahal, namun semua game nintendo switch bisa Anda rasakan. Sekarang ini ada switch terbaru dan bahkan rilis bulan ini, siapkan saja budget sekitar 5 sampai 7 jutaan untuk versi switch oled. Kalau untuk versi yang sebelumnya pastinya telah turun beberapa waktu yang lalu.

Tapi jika memang memaksa ingin mempunyai dan memakai emulator switch untuk Android, Anda bisa mendownloadnya lewat tautan berikuSwitch t ini.

Download Emulator Switch Android

Emulator Untuk IOS (Iphone)

Pengguna IOS pasti juga tidak sabar untuk bisa menikmati berbagai game switch yang ada di Nintendo. Emulator yang bisa Anda gunakan bagi para pengguna IOS yang ingin bermain super mario ini bisa menggunakan Emulator berikut ini. Silahkan download dan install emulatornya disini. Untuk sistem IOS minimalnya menggunakan versi IOS 6+, untuk cpu nya Quad 1,2 Ghz dan free space dari pengintallan aplikasi ini mencapai 29 mb. Besar dari aplikasi ini tidak akan menguras memori internal Iphone Anda, karena cuma 21.04 mb dan berformat ipa.

Ada banyak keunggulan dari Emulator Switch untuk IOS. Misalnya saja ,

  • Salah satu emulator nintendo switch yang mampu berjalan dengan cepat dan bisa tetap menjaga keadaan baterai IOS. Tidak terlalu boros dan hemat daya, memori ruang ram yang dialokasikan juga tidak terlalu besar.
  • Emulator ini mampu menjalankan banyak game dan telah menjalani pengetesan pada game – game switch.
  • Room patch UPS dan IPS.
  • Open GL rendering backend.
  • Mendukung controller eksternal, seperti halnya dengan MOGA controller.
  • Bersih dan tentunya mudah dalam pengaturan tombol kontrol maupun pengaturan grafik.

Rekomendasi Game Untuk Emulator Nintendo Switch PC, Android/IOS

Tidak semua game yang ada untuk emulator switch ini bisa Anda mainkan. Bahkan pada awal pembahasan mengenai Yuzu telah kami jelaskan bahwa ada beberapa indikator game yang telah menjalani percobaan dan ada yang berhasil masuk dan ada yang tidak. Bahkan ada game yang ketika dalam tahap pembukaan saja telah mengalami crash, lag dan bahkan force close. Ada juga game yang tidak mau booting masuk ke dalam menu utama.

Oleh karena itu jika memang Anda mau memainkan game nintendo switch menggunakan emulator, berikut ini ada beberapa game yang bisa Anda mainkan dan telah berjalan lancar menggunakan emulator.

XENOBLADE CHRONICLES: DEFINITIVE EDITION

XENOBLADE CHRONICLES: DEFINITIVE EDITION

XENOBLADE CHRONICLES: DEFINITIVE EDITION adalah satu game yang sangat ekslusif dalam nintendo switch. Dan kabar baiknya sekarang ini emulator Yuzu telah bisa memainkannya. Walaupun memang ada beberapa bug kecil yang ada dan muncul ketika nanti berada saat game berlangsung. Namun tidak semua ada bug, hanya bug kecil saja. 

Walaupun game ini masih beberapa waktu lalu muncul, namun perubahan pada banyak bidang juga bisa terlihat. Misalnya saja dari beberapa soundtrack yang telah mengalami perombakan serta grafis game yang lebih natural dan menarik daripada versi originalnya.

Pada versi ini juga telah ada epilog terbaru, epilog ini hadir dengan nama future connected. Dengan demikian akan ada petualangan shulk dan melia yang mengarungi Bionis Left Shoulder.

ANIMAL CROSSING: NEW HORIZONS

ANIMAL CROSSING: NEW HORIZONS

Jika memang Anda ingin memainkan sebuah game dengan simulasi kehidupan yang sangat nyata seperti halnya harvest moon, Anda bisa memainkan Animal Crossing: New Horizons. Game ini sangat cocok bagi Anda yang ingin rekat dengan simulasi yang mirip dengan kehidupan, karena Anda bisa fokus untuk membangun pulau. Tidak hanya sendirian saja, tentu akan membosankan bukan ? Anda bisa membangun pulau bersama dengan teman Anda secara online.

Game ini memang sangat banyak peminatnya belakangan ini, jadi kalau Anda tidak memiliki nintendo switch, Anda bisa menggunakan emulator untuk memainkannya.

ASTRAL CHAIN

ASTRAL CHAIN

Kalau Anda suka dengan game yang bergenre pertarungan, game yang satu ini sangat cocok dan bisa Anda mainkan dengan emulator nintendo switch menggunakan PC.  Anda akan disuguhkan dengan karakter polisi senior yag mempunyai tugas untuk membasi para monster yang ada. Bahkan game ini bisa membuat lupa waktu, semakin lama memainkannya, semakin banyak juga misi yang akan menantang untuk diselesaikan.

Di emulator game ini nyaris tidak ada yang namanya hambatan, namun tetap memperhatikan spesifikasi yang sangat mumpuni. Bahkan sebaiknya menggunakan komputer khusus gaming.

SUPER SMASH BROS ULTIMATE

Yuzu versi terbaru saat ini performanya sangat bagus dalam mendongkrak fitur agar bisa memainkan berbagai game berat dari nintendo. Ini karena Yuzu mengusung peningkatan performa dengan dukungan Vulkan Api, tak heran game SUPER SMASH BROS ULTIMATE kali ini memang bisa lancar jaya. Bahkan game super mario ini hadir dengan berbagai karakter, karakter game ini mejadikan game super mario yang mempunyai karakter terbanyak dalam dunia game. 

Game super mario memang hadir dengan seiring perkembangan dan peningkatan dari konsol nintendo itu sendiri. Bahkan dari dulu sampai sekarang peminat dari game ini juga masih banyak.

THE LEGEND OF ZELDA: BREATH OF THE WILD

Game The Legend of Zelda: Breath of the Wild memang telah hadir lebih dulu dan lancar jaya jika menggunakan emulator Yuzu. Bahkan game ini menghadirkan nuansa baru mengenai petualangan link dengan dunia barunya. Game ini juga mendukung banyak mod graphic yang bisa Anda sesuaikan, bahkan sampai 60 FPS juga masih aman dan lancar jaya. Gamer akan mendapatkan pengalaman game petualangan yang menarik dengan graphic yang elegan, bahkan seperti dunia nyata.

SUPER MARIO ODYSSEY

Super Mario Odyssey bisa menjadi game yang wajib untuk Anda mainkan. Game ini memang menemani secara lancar jaya ketika awal Yuzu emulator nintendo switch rilis. Bahkan untuk FPS nya saja bisa sampai 60 FPS. Game yang terkenal dengan tingkat penjelajahan tinggi serta banyak banget berbagai misi yang bisa Anda selesaikan. Tantangan dalam game yang dari dulu sampai sekarang konsepnya masih sama ini ternyata tidak membosankan. 

Anda bisa menggunakan Yuzu atau Ryujinx untuk memainkan game Super Mario Odyssey.

POKEMON SWORD AND SHIELD

Pokemon Sword and Shield bisa Anda mainkan dengan lancar di emulator Yuzu. Apalagi sekarang ini menggunakan vulkan Api, tentu meningkat performa pada graphic nya dan bisa Anda coba setelan maksimal. FPS yang didapat bisa 60 an. Dan ini sudah bagus di kalangan game emulator. 

Game Pokemon Sword and Shield ini menghadirkan generasi pokemon yang kedelapan. Untuk semua karakter pokemon yang nantinya akan Anda temui  meliputi berbagai pokemon terbaru yaitu Grookey, Scorbunny, dan Sobble. Saat berpetualangan menjelajahi game, pokemon terbaru ini bisa menemani Anda sampai lupa waktu.

Menggunakan emulator memang bisa memangkas biaya untuk membeli Nintendo Switch. Namun sebaiknya menggunakan emulator yang resmi dari situs developernya. Ini untuk meminimalisir terjadinya pembawaan malware pada komputer Anda. Untuk bisa menggunakan emulator nintendo switch ini secara lancar, sebaiknya spesifikasi komputernya gunakan versi high dan khusus gaming.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top