Connect with us

Apple dan Google Kompak Menghapus Fortnite dari Toko Aplikasi Mereka

fortnite

Berita Terkini

Apple dan Google Kompak Menghapus Fortnite dari Toko Aplikasi Mereka

Apple dan Google dikabarkan telah menghapus game besutan Epic Games, Fortnite dari App Store dan Google Play Store.

Alasan mengapa kedua perusahaan tersebut menghapus game Fortnite dari toko aplikasi mereka adalah karena Epic membuat sistem pembayaran mereka sendiri di Fortnite.

Epic sendiri melakukan langkah tersebut untuk menghindari “persenan” yang diterapkan oleh Apple dan Google kepada pengembang yang menjual aplikasi di toko mereka.

Meski telah dihapus di Play Store, namun pengguna Android masih dapat mendownload Fortnite melalui app launcher dari Epic Games. Sedangkan untuk pengguna iOS hingga saat ini masih bisa memainkan game ini tanpa kendala hingga Fortnite akan merilis Chapter 2-Season 4. Namun, bagi pemain baru iOS tidak akan lagi bisa mendownload game tersebut.

Jika season baru Fornite tersebut sudah dirilis, Epic menyebut pemain di sistem operasi iOS masih bisa mengakses Fortnite versi 13.40.

“Tapi tidak bisa mengakses konten baru atau permainan Battle Pass baru,” tulis laman Fortnite.

Epic juga menyebut mereka tidak bisa melakukan pengembalian dana bagi pemain yang sudah melakukan pembayaran di App Store.

Epic Games menegaskan Fortnite masih tersedia di, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, PC, Mac, Ge Force Now, dan aplikasi milik Epic Games di Android.

Penghapusan ini terjadi setelah Epic Games menggunakan sistem pembayaran sendiri untuk menghindari biaya standar Apple, yakni sebesar 30 persen dari tiap penjualan yang dilakukan para pengembang yang menjual aplikasi di App Store.

Bagi Apple, Epic Games telah melanggar aturan App Store. Menurut Apple, aturan yang berlaku di toko aplikasi itu berlaku secara merata kepada semua pengembang.

“Alasan Fortnite dikeluarkan dari App Store lantaran Epic membuat fitur yang belum diulas atau disahkan oleh Apple. Mereka melakukannya dengan niat untuk melanggar aturan App Store terkait pembelian dalam aplikasi yang diterapkan bagi semua pengembang yang menjual produk dan layanan digital,” demikian tertulis dalam keterangan resmi Apple seperti dilansir The Verge.

Sementara Google menyatakan penghapusan dilakukan karena Epic pun melanggar kebijakan mereka.

“Meskipun Fortnite tetap tersedia di Android, kami tidak dapat lagi menyediakannya di Play karena melanggar kebijakan kami. Namun, kami menyambut baik kesempatan untuk melanjutkan diskusi kami dengan Epic dan membawa Fortnite kembali ke Google Play,” jelas juru bicara Google.

Bagi kamu yang belum memiliki game Fortnite dan ingin mendownload game ini, maka kamu dapat mendownloadnya melalui laman resmi mereka DI SINI.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top