Connect with us

8 Rekomendasi Game Alternatif The Last of Us Terbaik untuk Kamu Jajal

Alternatif The Last of Us

Listicle

8 Rekomendasi Game Alternatif The Last of Us Terbaik untuk Kamu Jajal

Di bulan juni ini, keberadaan game The Last of Us Part II belakangan telah menjadi suatu pembahasan yang sangat menghangat. Ya, sekuel dari seri The Last of Us pertama itu kini telah resmi rilis secara eksklusif di konsol PS4 sejak 19 Juni kemarin.

Sebagai game yang sangat mengedepankan rasa cerita yang emosional dalam nuansa setting post apocalyptic-nya, game ini memang sempat dihujani kontroversi tentang spoiler cerita yang bocor saat menjelang rilis. Namun terlepas dari itu, The Last of Us sejatinya tetaplah merupakan franchise game action survival penuh drama yang cukup sulit untuk dilupakan.

Terutama melalui bagaimana kisah petualangan yang berhasil diukirkan oleh Joel dan Ellie dalam menghadapi serangkaian ancaman yang selalu menghampiri mereka. Premis utamanya sendiri benar-benar membawa kedinamikaan kisah bertahan hidup di situasi yang betul-betul terasa sulit untuk dijalani.

Dengan statusnya yang hanya tersedia eksklusif untuk konsol Playstation saja, mungkin tidak semua pemain bisa mendapat kesempatan untuk bisa menikmati langsung segala keunikan yang ingin ditawarkan oleh game ini. Baik karena ketiadaan hardware hingga tuntutan kepentingan lain yang memang masih harus diprioritaskan.

Berangkat dari hal tersebut, kami pun di sini ingin berupaya membantu kalian dengan memberi sejumlah rekomendasi alternatif-alternatif game yang agaknya bisa cukup serupa dengan The Last of Us, khususnya untuk seri The Last of Us Part II. Sehingga kalian tidak perlu lagi menyia-nyiakan energi untuk terlalu berlarut dengan isu kontroversi yang belakangan ini menyeruak.

 

8. Long Dark

Developer: Hinterland Studio

Platform: PC (Steam), PS4, Xbox One

Satu game survival yang benar-benar menawarkan suatu esensi serius dalam bertahan hidup. Bersettingkan di wilayah belantara kanada, Long Dark dikenal mempunyai padanan gameplay yang sangatlah begitu kompleks dan realistik. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan tidaklah main-main.

Mulai dari kondisi lapar, haus, suhu tubuh, sampai ke tingkat keletihan karakter, hal itu pun masih belum ditambah dengan pengelolaan inventory yang benar-benar harus dilakukan secara hati-hati. Dari sisi tersebut, Long Dark membentuk rasa simpati pemain dalam merasakan beratnya perjuangan untuk hidup pada situasi yang amatlah tidak menentu.

Game ini pun juga menyajikan sedikitnya kisah dalam misimu untuk mencari seseorang yang hilang. Meski kadar ceritanya memang tidak sekuat kedalaman gameplaynya, Long Dark tetap bisa jadi bentuk rekomendasi yang dapat kamu pertimbangkan.

 

7. Life is Strange 1 & 2

Developer: Dontnod Entertainment

Platform: PC (Steam), PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Android/iOS (khusus LiS 1)

Walau bukanlah game dengan tema atau gameplay yang cukup identik dengan The Last of Us, Life is Strange setidaknya mempunyai sebuah sisi kesamaan alternatif dalam menawarkan kisah yang bisa menggugah emosi para pemainnya.

Baik dari seri pertama dan kedua, game ini pada intinya menceritakan kisah tentang lika-liku hidup seorang manusia yang dianugerahi sebuah kekuatan misterius. Tidak main-main, kekuatan tersebut pun diduga benar-benar dapat memberikan kegemparan bagi seisi dunia. Sehingga hal ini pun menjadi ujian hidup yang wajib dijalani oleh dirinya dan juga orang-orang terdekatnya.

 

6. This War of Mine

Developer: 11 Bit Studios

Platform: PC (Steam dan Epic Games Store), PS4, Xbox One, Switch, Android/iOS

Fokus dari game ini sebenarnya bukanlah pada cerita maupun Narasi, melainkan dari gameplaynya. Kebetulan merupakan game strategi dan survival, nuansa alternatif yang dibawa oleh This War of Mine bisa dibilang agak sedikit sejalan dengan apa yang akan kamu jumpai di The Last of Us. Terutama ketika dihadapkan pada sebuah pilihan dilematis yang secara manual harus kamu jalankan di sana.

Sebagai game yang sukses dalam menggambarkan wujud penderitaan dan kesuraman karena perang, bayangkan apabila demi bertahan hidup di game ini, kamu harus merampok orang lain ataupun membiarkan orang yang kamu temui kelaparan dan menderita ? Game ini tentu bisa memberikanmu sebuah pandangan refleksi yang berat tentang itu.

 

5. A Way Out

Developer: Hazelight Studios

Platform: PC (Steam dan Origin), PS4, Xbox One

Sebuah game penuh ketegangan “drama” yang dibalut dengan konsep gameplay third-person yang super unik. Disebut unik karena game berjudul A Way Out ini biasa dimainkan secara multiplayer 2 orang.

Maksudnya, kamu akan mendalami peran sebagai salah satu tokoh protagonis yang satunya lagi justru diperankan oleh sesama temanmu. Game ini pun menyajikan cerita dimana kalian berdua adalah seorang narapidana.

Dengan potensi dinamika hubungan antar karakter yang amatlah tak bisa ditebak diantara keduanya, kalian akan berupaya kabur dari tempat tinggalmu di hotel prodeo demi mengejar suatu tujuan yang betul-betul penting.

 

4. Detroit Become Human

Developer: Quantic Dreams

Platform: PC (Steam dan Epic Games Store), PS4

Menariknya game ini tidak membawakan fokus mengenai kehidupan manusia. Dengan mencoba untuk melihat suatu perspektif lain di luar identitasmu sebagai manusia, Detroit Become Human membawa kisah yang terasa ironis.

Pada sebuah era dimana teknologi kini dapat menciptakan sesosok android yang menyerupai manusia untuk membantu pekerjaan mereka, tidak semua manusia bisa mau bersyukur dengan hal tersebut.

Berbagai prasangka hingga tindakan buruk mereka kepada para mahluk buatan itu menjadi satu premis yang akan kamu gapai erat-erat di game ini. Dan kebetulan, kamu pun akan berperan sebagai salah satu kelompok robot-robot itu.

 

3. A Plague Tale: Innocence

Developer: Asobo Studio

Platform: PC (Steam), PS4, Xbox One

Game ini menawarkan kisah pilu antar sepasang kakak-beradik di era abad pertengahan yang begitu kelam. Sesuai dengan judulnya, A Plague Tale: Innocence mengambil kisah tentang kemunculan sebuah wabah penyakit mematikan yang berasal dari gerombolan hama tikus yang sudah sangat tak terhitung jumlahnya.

Sebagai seorang kakak, kamu (Amicia) besama dengan adikmu Hugo yang sedang sakit berupaya untuk kabur tidak hanya dari serbuan para tikus yang menyebarkan wabah itu saja. Melainkan juga dari para prajurit inkuisisi di sebuah desa yang terlanjur mempercayai bila Hugo adalah sumber penyebab dari segala malapetaka ini.

Tentu bisa dibayangkan bukan bagaimana peran dan sikap sebagai sang kakak dalam melindungi adikmu yang sedang tidak berdaya ? Seolah ini memang bisa menjadi game alternatif The Last of Us yang begitu tepat pada era yang berbeda.

 

2. Fallout: New Vegas

Developer: Obsidian Entertainment

Platform: PC (Steam), PS3, Xbox 360

Menurut sebagian besar fansnya, disebut-sebut merupakan game Fallout “modern” terbaik yang pernah dirilis oleh Bethesda. Alasan utama yang mendasari hal tersebut bukan terletak dari aspek gameplaynya. Justru berkat kekompleksitasan plot yang memang hampir terbawa secara sempurna.

Disamping itu, Sebagai game RPG Open World yang mengambil setting pada zaman pasca perang nuklir, Fallout New Vegas sukses membawa segudang cerita-cerita yang bisa amat menggugah emosi bagi para pemainnya lewat beragam bentuk penyelesaian yang kamu lakukan di main quest maupun side questnya. Seolah siap menjadi bentuk alternatif yang cukup komplit bagi The Last of Us

 

1. Telltale The Walking Dead (semua season)

Developer: Telltale Games

Platform: PC (Steam dan Epic Games Store), PS4, Xbox One, Switch, Android/iOS

Terakhir, merupakan game yang paling dianggap bisa membagikan alternatif pengalaman nan suasana yang kurang lebih serupa dengan The Last of Us. Sama-sama punya pokok tema tentang wabah virus yang benar-benar memberikan teror bagi dunia, Game The Walking Dead versi telltale lebih menawarkan pendekatan gameplay yang sangatlah berfokus pada cerita dan hubungan emosional antar karakternya.

Sebagai game dengan genre graphic adventure, game ini dikenal benar-benar mampu menyajikan kualitas narasi yang cukup realistik seolah siap membuatmu seolah ikut terlarut ke dalamnya.

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top