Connect with us

Daftar 7 Game Bertema Pandemik dan Virus Berbahaya

game virus

Listicle

Daftar 7 Game Bertema Pandemik dan Virus Berbahaya

Game bertema pandemik dan virus yang mengamuk di Bumi dan membunuh ribuan orang bukanlah hal baru untuk video game. Namun, konten semacam itu menjadi sangat relevan pada tahun 2020 ketika umat manusia menghadapi virus corona. Meskipun memerangi COVID-19 adalah tugas yang sulit dalam kenyataannya, bencana seperti itu mungkin untuk diatasi di dunia maya.

Di bawah ini, kamu akan menemukan tujuh pilihan game bertemakan pandemik dan virus berbahaya yang dirancang untuk berbagai platform. Daftar tersebut mencakup permainan di mana pemain dapat bertindak tidak hanya sebagai pejuang melawan monster yang terinfeksi tetapi juga pencipta virus yang membawa bencana.

1. Plague Inc

Plague Inc adalah game simulasi strategi multi-platform yang dikembang oleh perusahaan Inggris Ndemic Creations.

Sementara para pahlawan berjuang melawan penyebaran epidemi berbahaya di sebagian besar permainan, semuanya berkembang secara berbeda di Plague Inc. Pemain menciptakan virus dan mengendalikannya. Tujuannya adalah untuk menyebarkan penyakit, beradaptasi dengan kondisi yang berbeda, dan membunuh semua orang.

Plague Inc yang menjadi game yang terkena dampak situasi COVID-19. Mengingat pandemi coronavirus dan atas permintaan pemain, pengembang menambahkan mode baru ke permainan, di mana pemain harus menyelamatkan dunia dari infeksi berbahaya. Penemuan vaksin, penutupan negara karena karantina – mode baru menawarkan fungsi-fungsi ini.

Di China, strategi tersebut menjadi game mobile terlaris pada Januari 2020. Saat itu, media sosial lokal menulis bahwa China sedang berusaha mengatasi ketakutan akan penyakit baru menggunakan game tersebut. Namun pada bulan Februari, game tersebut menghilang dari semua toko aplikasi. Media massa melaporkan bahwa alasannya adalah larangan permainan di wilayah China.

Plague Inc tersedia untuk, Android, iOS, PC, Xbox One, dan Nintendo Switch.

2. Viral Days

Viral Days adalah game terbaru dari pengembang indie Quizista. Game bergenre strategi ini mengajak pemain untuk melawan virus mirip COVID-19 melalui perangkat Android dan iOS. Gameplay dalam game ini hampir mengingatkanmu pada SimCity, yang memungkinkan kamu untuk menjadi “Penguasa” dunia mereka sendiri dalam permainan.

Virus menyebar di Viral Days melalui udara seperti virus corona dan digambarkan sebagai gelembung hijau kecil yang mengambang di sekitar orang yang terinfeksi. Ketika orang yang terinfeksi lewat, orang yang sehat kehilangan beberapa “hit points” mereka. Setelah health bar seseorang benar-benar habis, orang tersebut akan jatuh sakit dan terus menulari orang lain. Orang yang cukup dekat satu sama lain untuk penyebaran virus “diselimuti” dalam warna yang mencerminkan betapa kritis situasinya.

Tugasmu di dalam game adalah bertanggung jawab menjaga kesehatan populasi. Tidak ada yang mati dalam game ini, tetapi setiap infeksi membutuhkan “hati”. Jika kamu kehilangan semuanya dalam satu level, maka game berakhir.

Viral Days tersedia untuk Android dan iOS.

3. Planet to Save: Infection Battle

Planet to Save: Infection Battle adalah game mobile yang didedikasikan untuk menyelamatkan planet ini dari virus. Game ini dikembangkan di Belarusia dan dirilis pada tahun 2020 ketika pandemi COVID-19 sedang berkecamuk di dunia.

Pemain harus menghentikan virus yang menyebar ke seluruh planet dengan bantuan Planet to Save Corporation.

Tahapan permainan memiliki referensi ke peristiwa yang terjadi karena pandemi virus corona. Misalnya, pemain harus melindungi penumpang kapal pesiar dari infeksi, mencegah penyebaran virus di klub malam, menemukan penumpang yang terinfeksi di pesawat berdasarkan foto dan mengisolasinya.

Planet to Save: Infection Battle saat ini hanya tersedia untuk Android.

4. Bloodborne

Game action RPG ini dikembangkan oleh perusahaan Jepang FromSoftware dan SCE Japan Studio. Bloodborne menonjol karena tingkat kerumitan yang tinggi dan sejumlah kecil tips dari pihak pengembang.

Aksi dimulai di kota Yharnam yang berjuang melawan epidemi wabah. Di bawah pengaruh penyakit, warga berubah menjadi monster. Hero utama, yang berubah menjadi Pemburu setelah ritual transfusi darah, harus bergerak di sekitar kota dan melenyapkan monster yang berbeda. Saat menjelajahi kota, pemain secara bertahap menemukan rahasia gelap dan asal mula wabah.

Game ini hanya tersedia untuk PlayStation 4. Saat ini, versi PC sedang dalam pengembangan. Orang dalam melaporkan bahwa versi baru dapat dirilis pada tahun 2020.

5. Left 4 Dead

Left4Dead adalah game multiplayer first-person shooter dan survival horror yang dikembangkan oleh Turtle Rock Studios.

Menurut plot, wabah virus epidemi di Amerika Serikat, menyebabkan gejala rabies dan mutasi. Infeksi yang tidak diketahui mengubah orang menjadi monster. Karakter utama harus bertarung melawan binatang buas untuk bertahan hidup.

Left 4 Dead adalah permainan tim, jadi kooperatif adalah mode utamanya. Tim dapat terdiri dari satu hingga empat orang. Pemain yang hilang diganti dengan bot. Dalam mode multiplayer, tim saingan menemukan diri mereka dalam kondisi yang berbeda, beberapa bermain untuk yang selamat, dan lainnya – untuk karakter yang terinfeksi dan bermutasi kuat.

Left4Dead tersedia untuk PC dan Xbox 360.

6. The Last of Us

The Last of Us adalah game action-adventure dengan elemen survival horror dan stealth yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika Naughty Dog.

Dalam The Last of Us, pandemi ini bukan disebabkan oleh virus, melainkan jamur Cordyceps yang bermutasi, yang menjadi parasit bagi spesies serangga tertentu dalam kehidupan nyata. Setelah masuk ke tubuh manusia, ia mengubah orang menjadi sesuatu yang terlihat seperti zombie. Aksi tersebut berlangsung 20 tahun setelah bencana pandemi. Pemain perlu melindungi diri dari musuh, mencapai zona aman, dan menyelamatkan hidup mereka.

Di The Last of Us, pemain tidak hanya bertarung melawan mutan tetapi juga menjelajahi lingkungan sekitar dan memecahkan berbagai permainan asah otak.

Game ini hanya tersedia untuk PlayStation 3. The Last of Us Remastered dirancang untuk PlayStation 4.

7.  A Plague Tale Innocence

Game terakhir dalam daftar adalah A Plague Tale: Innocence yang merupakan game bergenre adventure stealth-action dengan elemen horor yang dikembangkan oleh perusahaan Prancis Asobo Studio.

Peristiwa terjadi di Prancis pada 1348-1349, ketika negara itu menderita perang dan wabah wabah. Karakter utama adalah seorang gadis berusia 15 tahun dan adik laki-lakinya yang kehilangan orang tua mereka di tengah epidemi. Mereka perlu bersembunyi dari tentara Inkuisisi dan penjarah, serta untuk mengalahkan tikus yang menyebarkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan bantuan api.

Pengembang berhasil membuat penderitaan orang-orang yang ditemukan di tengah penyebaran penyakit mematikan dengan cukup realistis. Selain itu, mereka berhasil menggabungkan alur cerita yang menarik dan gameplay yang menarik. Terlepas dari kenyataan bahwa karakter utama adalah anak-anak, permainan ini mencakup adegan darah dan kengerian perang lainnya.

A Plague Tale: Innocence tersedia untuk PC, PlayStation 4, dan Xbox One.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top