Connect with us

14 Rekomendasi Emulator Konsol Klasik di Android

emulator - dolphin

Listicle

14 Rekomendasi Emulator Konsol Klasik di Android

Emulator menjadi salah satu alternatif yang cukup menarik untuk gamer menikmati berbagai game yang sebelumnya belum pernah dimainkan entah karena belum sempat memiliki konsolnya atau sekedar ingin bernostalgia setelah konsolnya tidak berfungsi lagi alias rusak. Tak hanya di PC/laptop, saat ini emulator juga dapat berjalan di perangkat yang hampir semua orang memilikinya, yaitu smartphone. Seperti yang kita ketahui, perkembangan smartphone yang begitu pesat ini juga mendorong beberapa emulator dapat berjalan optimal di perangkat serba bisa ini. Sesuai dengan pembahasan, kali ini kita akan mengulas rekomendasi emulator untuk smartphone, simak selengkapnya di bawah ini :

1. Nesoid

emulator - nes

Emulator yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin bernostalgia lebih dalam lagi tahun 80-90an eranya konsol NES atau Nintendo Entertainment SystemEmulator bernama Nesoid ini mampu menjalankan berbagai koleksi game NES dengan sangat lancar meskipun smartphone yang kamu miliki bukanlah yang paling gahar. Dengan Nesoid ini kamu dapat memainkan berbagai game ikonik NES, seperti Super Mario Bros., Donkey Kong, Prince of Persia Classic, The Legend of Zelda dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengunjungi laman ini jika tertarik untuk menginstall Nesoid di smartphone khususnya Android.

2. Tiger Arcade

Sesuai dengan namanya, emulator ini dapat menjalankan game dari mesin Arcade. Benar sekali, mesin game berukuran besar ini bisa kamu nikmati di perangkat mungil bernama smartphone. Sang pengembang mengklaim bahwa Tiger Arcade dapat menjalankan lebih dari 3000 judul game Arcade dengan lancar. Tenang saja dengan emulator ini kamu tidak memerlukan koin fisik untuk memulai game-nya atau sekedar menambah credit jika ingin nyawanya terus bertambah.

3. MAME4Droid

Masih sama seperti emulator sebelumnya, MAME4Droid mampu menjalankan berbagai judul game Arcade di mesin mungil smartphone. Perbedaannya adalah dari segi dukungan sang pengembang dimana MAME4Droid diklaim mampu menjalankan lebih dari 8000 judul game Arcade yang sudah ada didalamnya. Jadi kamu tak perlu lagi mencari rom dari game-game Arcade untuk memainkannya. Fitur lainnya adalah peningkatan visual yang memungkinkan gambar yang dihasilkan jauh lebih halus hingga dukungan kontroler blueetooth. Selain itu emulator ini juga mendukung multiplayer jika tersambung dalam jaringan lokal yang sama. Tertarik dengan emulator ini ? kamu bisa segera kunjungi Google PlayStore

4. Classic Boy

emulator - classic

Nama emulator yang satu ini cukup menarik Classic Boy. Ya, sesuai dengan namanya kamu dapat menikmati banyak judul game klasik yang rilis di beberapa konsol klasik pula, seperti PS 1, NES, SEGA Genesis, SNK NeoGeo, GameBoy Color, GameBoy Classic, GameBoy Advance, dan Nintendo 64. Meskipun begitu emulator ini tidak datang dengan paket rom yang tersedia, jadi kamu harus mencari terlebih dahulu game jadul apa yang ingin kamu mainkan di emulator ini. Tak perlu spek kencang, kamu bisa menemukan Classic Boy ini di toko aplikasi Google PlayStore

5. M64Plus FZ Emulator

emulator - n64

Kangen dengan game jadul di konsol Nintendo 64 emulator yang satu ini sepertinya cocok untuk kamu. M64Plus FZ Emulator menjadi pilihan menarik untuk emulator Nintendo 64 yang bisa kamu install di smartphone Android. Meskipun tidak mendukung banyak judul game N64, sang pengembang masih melakukan perbaikan sampai saat ini. Tersedia secara gratis di toko aplikasi Google PlayStore, kamu juga dapat berdonasi kepada developer untuk menikmati beberapa fitur lebih banyak lagi di emulator yang satu ini.

6. John GBA

emulator - gba

Pengin main game Pokemon yang rilis di GBA di smartphone Androidemulator yang satu ini sepertinya cocok. John GBA, sebuah aplikasi Android yang memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai judul game di konsol handheld klasik, GameBoy Advance. Berbagai judul Pokemon serta game ekslusif GBA lainnya bisa kamu mainkan menggunakan emulator John GBA. Tersedia gratis di Google PlayStore dalam versi lite, kamu juga bisa membeli versi penuhnya untuk menghilangkan iklan yang muncul di aplikasi tersebut. Secara fitur kamu bisa menikmati pengalaman bermain game GBA dengan maksimal mulai dari dukungan virtual kontroler hingga optimasi yang berjalan mulus.

7. FPse

Game konsol PS 1 menjadi salah satu yang cukup berkesan bagi sebagian gamer yang saat ini mungkin sudah tumbuh dewasa. Banyak game seru seperti Harvest Moon: Back to Nature, Resident Evil klasik hingga Final Fantasy VII yang saat ini mendapatkan remake selalu memiliki tempat tersendiri bagi para penggemarnya. Dengan emulator yang satu ini kamu bisa memainkan deretan game PS 1 yang populer pada masanya hanya dengan smartphone. Sayangnya, untuk menikmati emulator FPse ini kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 45.910 di Google PlayStore. Tidak cukup mahal sepertinya, namun worth untuk kamu miliki dengan optimasi yang bagus dapat menjalankan berbagai judul game PS 1 dengan maksimal.

8. DraStic

emulator - drastic

Penerus GBA, yaitu Nintendo DS juga sempat menjai konsol handheld yang berjaya pada masanya. Kamu yang pada waktu itu belum sempat membeli konsol handheld yang satu ini bisa memainkannya di smartphone Android. Setidaknya dengan merogoh kocek sebesar Rp 67.000 kamu bisa menikmati berbagai judul game ekslusif Nintendo DS, seperti Pokemon series, Kingdom Hearts DS series hingga Super Mario series. Tentunya harga tersebut layak kamu dapatkan dengan emulator yang masih didukung pengembangannya sampai saat ini oleh sang developer.

9. Damon PS 2

emulator - damon

Emulator yang satu ini memang cukup menarik karena dapat memainkan konsol legendaris PS 2. Sayangnya Damon ini cukup kontroversial mengingat kamu harus menggunakan smartphone Android dengan spesifikasi yang kencang. Setidaknya menggunakan prosesor kelas atas seperti Snapdrgon 800 series atau prosesor lain yang sekelas. Jika kamu sudah menggunakan smartphone yang memumpuni kamu bisa menjalankan Damon dengan pengalaman yang setidaknya cukup mirip dengan pengalaman saat kamu memainkan PS 2 versi fisiknya terdahulu. Kamu bisa menemukan emulator ini di Google PlayStore, tersedia secara gratis dan ada juga yang berbayar. Sekali lagi perlu diingat untuk mendapatkan pengalaman maksimal di emulator Damon ini pastikan smartphone Android yang kamu miliki memiliki spesifikasi yang “dewa”.

10. PPSSPP

Ini dia emulator terbaik dengan optimasi yang luar biasa hampir di semua jenis smartphone. Baik smartphone kentang maupun “dewa” bisa menjalankan emulator PSP dengan maksimal. Selain itu banyak judul game yang menarik untuk dimainkan melalui emulator ini, seperti Final Fantasy series, Harvest Moon series hingga Monster Hunter. PPSSPP ini juga tersedia secara gratis di toko aplikasi Google PlayStore meskipun ada versi gold-nya yang berbayar dengan ada beberapa tambahan fitur yang tidak ada di versi gratisnya. Namun jika kamu ingin hemat versi biasa pun sudah cukup untuk kamu gunakan untuk memainkan game-game seru di PSP.

12. Dolphin

emulator - dolphin

Dolphin merupakan emulator dari konsol Nintendo Wii. Seperti yang kita ketahui, Nintendo Wii juga merupakan salah satu konsol dengan beragam judul game yang ekslusif serta menarik untuk dimainkan. Seperti Super Smash Bros. Brawl hingga Monster Hunter Tri. Dengan emulator yang cukup optimal meskipun harus menggunakan smartphone Android dengan prosesor yang serta GPU kelas menengah ke atas. Emulator ini dapat berjalan serta memainkan beberapa judul game dengan pengalaman yang maksimal. Oh iya, Dolphin juga sebenarnya masih bisa menjalankan game dari konsol Gamecube yang merupakan generasi sebelumnya dari WiiGamecube sendiri juga terdapat judul game legendaris yang dapat dimainkan seperti Resident Evil 4 hingga NFS Most Wanted. Jika tertarik kamu dapat menginstall emulator Dolphin ini melalui Google PlayStore dan tersedia secara gratis.

13. Citra

emulator - citra

Citra memungkinkan kamu untuk menjalankan game yang rilis di konsol handheld Nintendo 3DS. Benar sekali, kamu bisa memainkan berbagai judul game dari konsol 3DS dengan emulator ini. Bahkan sang developer baru-baru ini merilis secara Early Access di Google PlayStore secara gratis. Emulator ini juga mengalami beberapa peningkatan seperti framrate yang lebih stabil hingga perbaikan beberapa bug yang terjadi saat menjalankan game tertentu. Sayangnya untuk mendapatkan pengalaman maksimal di Citra ini kamu harus menggunakan smartphone Android yang memumpuni. Meskipun begitu, setidaknya ratusan judul game 3DS dapat berjalan optimal di Citra melalui perbaikan update terakhirnya.

14. RetroArch

Ini dia emulator super lengkap yang pernah ada di AndroidRetroArch sendiri merupakan emulator yang didalamnya terdapat berbagai emulator konsol retro, mulai dari NES, Nintendo 64, SEGA Genesis, PS 1 hingga PSP. Hampir semua emulator yang berjalan didalamnya berjalan dengan optimal. Jika kamu memiliki banyak koleksi game retroemulator ini wajib kamu install di smartphone Android milikmu dan tentunya tersedia secara gratis di Google PlayStore.

Demikian rekomendasi emulator konsol klasik yang bisa kamu mainkan di smartphone Android. Kamu bisa sesuaikan dengan smartphone yang kamu miliki jika spek kentang bisa install PPSSPP atau emulator GBA hingga PS 1 namun jika memiliki smartphone spek “dewa” bisa mencoba emulator Wii hingga 3DS.

Continue Reading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top