Connect with us

5 Genre game yang cocok jika Developer menciptakan game bertema Kemerdekaan Indonesia

Listicle

5 Genre game yang cocok jika Developer menciptakan game bertema Kemerdekaan Indonesia

Sepanjang sejarah perkembangan video game melahirkan banyak judul game populer dengan genre khasnya. Sebelum membahas lebih lanjut, tahukah kamu ada berapa genre video game ? Jawabannya banyak, mungkin yang populer saat ini dan dimainkan banyak gamer adalah MOBA serta battle royale. Dibalik itu masih banyak genre video game yang telah rilis di pasaran. Sebut saja first person shooter (FPS), open world, role playing game (RPG), action hingga beberapa genre turunan yang diciptakan para desainer game kondang.

Nah, masih membahas tentang genre video game, menjelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia penulis bakal mengajak kamu berandai-andai. Coba kamu bayangkan kemungkinan yang terjadi jika developer game menciptakan game bertema kemerdekaan Indonesia, seru bukan ?

Menurut kalian genre apa yang cocok jika developer mencipatakan game dengan tema perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaannya dari bangsa lain yang saat ini telah mencapai usia ke-75 tahun.

Perjuangan Indonesia untuk mencapai kemerdekannya sampai saat ini tidaklah mudah. Terlepas dari itu semua banyak yang bisa di petik dari peristiwa bersejarah sekaligus membanggakan ini. Mulai dari rasa nasionalisme, perjuangan pantang menyerah dan masih banyak lagi. Sampai saat ini masih perjalanan kemerdekaan Indonesia umumnya diadaptasi menjadi film layar lebar. Tetapi jika dibuat game tentunya tidak kalah menarik. Nah, berikut genre game yang bakal cocok jika developer menciptakan game bertema kemerdekaan Indonesia. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. First Person Shooter (FPS)

genre game

Ilustrasi Call of Duty World at War

Sebagaimana kita ketahui, Indonesia berhasil merebut kemerdekannya tak lain dengan berperang melawan bangsa lain pada saat itu. Banyak peristiwa bersejarah yang jika diadaptasi menjadi game first person shooter atau FPS bakal menarik. Tidak hanya peristiwa memperebutkan kemerdekaan Indonesia, mempertahankannya juga masih memerangi bangsa lain. Sebut saja peristiwa ikonik pertempuran 10 November, Bandung Lautan Api, Perang Puputan dan masih banyak lagi. Sepertinya akan seru merasakan pengalaman menegangkan melawan para penjajah lewat game dengan genre FPS ini. Dengan berbagai jenis persenjataan masa lampau hingga senjata khas bambu runcing mungkin bisa menjadi pilihan menarik bagi pemainnya jika ide ini di eksekusi.

2. Strategi

Ilustrasi Company of Heroes

Masih berbicara tentang peristiwa peperangan yang melanda Indonesia dalam rangka memperebutkan sekaligus mempertahankan kemerdekaan. Genre strategi juga cocok untuk diadaptasi dengan tema tersebut. Menengok jauh ke belakang peristiwa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaannya begitu panjang. Pertempuran di darat, air hingga udara juga dilalui para pejuang bangsa ini. Nah, genre strategi para pejuang Indonesia bisa menjadi pilihan unit, mulai dari rakyat dengan bambu runcing, angkatan bersenjata, hingga para jenderal dengan strategi jitunya dalam memerangi penjajah. Wilayah Indonesia yang luas juga bisa menjadi map atau peta pertempuran yang seru.

3. Battle Royale

Ilustrasi Free Fire

Genre game yang lagi naik daun ini juga cukup menarik jika mengadaptasi kemerdekaan Indonesia. Keanekaragaman persenjataan pada masa lampau bisa menjadi opsi yang digunakan saat looting. Begitupun map Indonesia yang luas ini. Tentu saja menarik jika di eksekusi menjadi sebuah game yang nyata. Mungkin beberapa developer lokal tertarik atau ada kolaborasi menarik dari game battle royale yang telah rilis di pasaran.

4. Survival

Ilustrasi The Forest

Rakyat Indonesia juga pernah mengalami peristiwa pahit saat penjajahan Jepang mengalami romusha. Oleh tentara Jepang sebagian orang-orang Indonesia dipaksa menjadi pekerja yang tak kenal lelah. Mereka dipaksa untuk menggali bebatuan guna membangun jalan. Terinspirasi skenario ini, cukup menarik sepertinya jika terpikir ide untuk membuat game survival ala The Forest dan sejenisnya. Bersetting peristiwa penjajahan Jepang saat memaksa sebagian orang Indonesia menjadi romusha, sang protagonis bakal berusaha untuk survive dan tujuan utamanya terbebas dari jeratan penjajahan. Protagonis juga dapat mengumpulkan dan membuat item tertentu agar bisa bertahan hidup.

5. Casual

Ilustrasi Typer Shark Deluxe

Menyambut kemerdekaan Republik Indonesia banyak hal yang dipersiapkan. Mulai dari penyusunan teks proklamasi, kemudian di ketik oleh Sayuti Melik hingga sang saka merah putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati hingga penyiaran proklamasi di seluruh wilayah Indonesia lewat radio. Peristiwa-peristiwa itu bisa dibuat menjadi seri mini game yang menarik. Jika kamu pernah main Typer Shark Deluxe, mungkin bisa mengadaptasi gameplay yang mirip. Dengan begitu pemain bisa merasakan pengalaman mengetik teks proklamasi atau bahkan bisa menghafalnya kelak jika sering memainkannya.

 

Demikian deretan genre game yang mungkin bakal diadaptasi developer jika menciptakan game bertema kemerdekaan Indonesia. Menurut kalian sudah sesuai ? Atau ada genre menarik lainnya yang belum ditambahkan ? Kamu bisa komen lewat sosial media atau di artikelnya langsung yang teman-teman. Selamat memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top