Connect with us

6 Franchise game Bethesda yang bakal ekslusif di Xbox dan PC

franchise bethesda

Listicle

6 Franchise game Bethesda yang bakal ekslusif di Xbox dan PC

Microsoft baru-baru ini melakukan sesuatu yang mengejutkan dan menarik perhatian berbagai kalangan di industri game. Mereka baru saja mengakuisisi induk perusaaan Bethesda, artinya beberapa franchise game-nya bakal ekslusif di platform Microsoft. Termasuk konsol next-gen yang bakal rilis yakni Xbox Series X/S serta PC mengingat kebanyakan PC Gaming menggunakan Windows 10.

Dalam pernyataannya, ZeniMax Media selaku induk perusahaan dari Bethesda dan beberapa studio game lain dibawahnya secara resmi menjadi bagian keluarga Microsoft. Artinya beberapa judul dan franchise video game rilisan mereka besar kemungkinan akan rilis ekslusif di platform Microsoft. Akuisisi Microsoft ini menghabiskan dana sebesar $ 7,5 Milyar atau sekitar Rp 111 Trilyun. Luar biasa bukan?

Lalu apa saja si franchise game Bethesda yang bakal ekslusif di Xbox dan PC?

Franchise game Bethesda yang bakal ekslusif di Xbox dan PC

 

1. Rage

Tahun 2011 lalu, Bethesda merilis game first person shooter (FPS) dengan setting mirip dengan film Mad Max. Dikembangkan oleh id Software, developer dibalik DOOM, Rage cukup berhasil menarik pasar video game pada saat itu. Rage juga disematkan elemen RPG, termasuk sistem inventory, looting dan mengumulkan ammo yang berbeda sesuai dengan senjata yang digunakan. Efek brutal saat menghabisi musuh juga meningatkan kita akan DOOM, cukup wajar memang dipegang oleh developer yang sama.

Franchise Rage terakhir kali rilis untuk judul Rage 2 tahun 2019 lalu untuk berbagai platform, termasuk PS 4. Apakah kedepannya game ini masih rilis di konsol PlayStation?

2. Wolfenstein

Wolfenstein termasuk salah satu franchise game yang mempunyai banyak judul yang telah rilis. Hingga tahun 2019 lalu, setidaknya ada 11 judul dan beberapa diantaranya mendarat di berbagai platform. Sejak id Software diakusisi ZeniMax, pengerjaan Wolfenstein dipegang oleh studio asal Swedia, MachineGames. Game fps yang satu ini cukup menarik karena mengangkat tema Nazi yang membuatnya memiliki daya tarik sendiri bagi penggemar.

Seri terakhirnya yang telah rilis yakni Wolfenstein: Youngblood. Rilis tahun 2019, franchise game fps ini tersedia di berbagai platform, seperti Xbox One dan PC termasuk juga PS 4. Bagaimana selanjutnya?

3. Fallout

Sejak dulu game yang mengambil tema post-apocalyptic ini sudah populer di berbagai platform. Sebelum menjadi Fallout seperti yang kalian kenal saat ini, dulunya game ini mengusung sudut kamera yang mirip dengan Diablo. Namun sistem permainan serta ceritanya masih sama dengan Fallout yang kalian kenal saat ini. Sejak Fallout 3, franchise ini dirombak habis-habisan dan untungnya berhasil mendapatkan respon baik. Bahkan beberapa review yang dikeluarkan memberikan nilai yang lebih tinggi ke Fallout 3 dibanding Fallout yang terakhir rilis, yakni Fallout 76.

Entahlah cukup psimis dengan masa depan salah satu franchise Bethesda yang satu ini. Semoga dengan campur tangan baru Microsoft bisa membaut Fallout membaik termasuk eklusifitasnya bisa mendorong developer berkarya lebih.

4. Dishonored

Arkane Studios berhasil membuat sebuah terobosan baru game fps dengan elemen stealth yang menarik. Rilis tahun 2012 lalu, game ini di publish oleh Bethesda. Hadir untuk beberapa platform di era konsol PS 3 dan Xbox 360, franchise ini mendapatkan sekuel ke-2 pada tahun 2016. Masih dibawah tangan Arkane Studio Dishonored 2 juga berhasil mendapatkan respon yang cukup bagus.

Selain gameplay-nya yang cukup menarik, gaya visual yang ditawarkan juga cukup unik. Cerita yang diusungnya juga cukup kuat, tak heran banyak yang menyukai game fps yang satu ini.

Sayangnya bagi pengguna konsol PlayStation di masa yang akan datang, masih belum diketahui apakah franchise ini bakal mendarat di konsol kesayangan kalian ini.

5. DOOM

Bisa dibilang DOOM merupakan franchise legendaris. Sebagian orang mungkin ada yang masih belum mengetahui game ini. DOOM merupakan pionernya game fps yang menginspirasi berbagai game fps yang kamu kenal saat ini. Pertama kali rilis tahun 1993 lalu, franchise ini masih berlanjut sampai sekarang. Dan tentu saja berbagai platform bisa menikmatinya. Termasuk konsol hybrid besutan Nintendo, yakni Switch.

Setelah DOOM Eternal, apakah kalian yang punya konsol selain Xbox dan PC masih bisa menikmati franchise ini?

6. The Elder of Scrolls

The Elder of Scrolls, mendengar game ini pasti langsung tertuju pada sebuah genre yang tak lain adalah RPG. Bagi kamu yang begitu menyukai RPG atau bahkan bisa dibilang hardcore, pasti kenal dengan franchise Bethesda yang satu ini. Popularitas The Elder of Scrolls (TOS) semakin memuncak ketika Skyrim rilis tahun 2011 lalu. Tersedia untuk berbagai jenis platform, Skyrim menjadi salah satu game yang fenomenal.

Racikan Todd Howard ini begitu melejit bahkan sampai saat ini. Di tahun 2011 lalu, Skyrim rilis di era konsol PS 3 dan Xbox 360. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Skyrim juga mampir ke konsol PS 4 dan Xbox One dengan peningkatan visual yang dikemas dalam Special Edition.

Tak cukup sampai disitu saja, Skyrim bahkan kembali hadir di konsol next-gen seperti Xbox Series X/S dan juga PS 5.

Kemudian hari, apakah setelah Skyrim masih ada TOS yang mampir ke platform selain Xbox dan PC?

 

Demikian deretan franchise game Bethesda yang bakal ekslusif di Xbox dan PC. Di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi franchise yang ekslusif.

Namun demikian, ada kemungkinan juga nasibnya seperti Ori series dimana franchise tersebut rilis di Switch. Padahal studionya sendiri berada dibawah bendera Microsoft.

Terlepas dari ekslusifitas, kita berharap akuisisi ini bisa memberikan stimulus bagi Bethesda untuk kembali menghadirkan game-game terbaik mereka. Khususnya menyambut kehadiran konsol next-gen.

 

 

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top