Connect with us

7 Fakta Penting yang Perlu Kamu Tahu tentang Xbox Series X

Fakta Xbox Series

Listicle

7 Fakta Penting yang Perlu Kamu Tahu tentang Xbox Series X

Beberapa bulan yang lalu, kami sempat mengupas sejumlah hal-hal penting yang pada waktu itu bisa kamu ketahui tentang konsol PS5. Dan kini, pesaingnya seperti Xbox Series X telah banyak membocorkan berbagai informasi fakta yang menarik. Terutama mengenai harga, varian beserta dengan tanggal peluncurannya.

Sebelum kalian sendiri hendak menjatuhkan pilihan terhadap konsol generasi baru mana yang akan kamu mainkan, biarkan kami menginfokan fakta-fakta yang bisa kalian pahami tentang konsol generasi terbaru milik Microsoft ini.

 

1. Hadirkan varian mini

Xbox Series S

Sama seperti konsol PS5 dengan varian yang diasumsikan lebih murah lewat varian digital edition-nya, konsol Xbox Series X juga menyiapkan sebuah varian serupa yang dinamai sebagai Xbox Series S. Konsol satu ini memiliki bentuk ukuran yang tergolong lebih mini dari versi standardnya serta hadir dengan warna default keputihan.

 

2. Ukuran

Melalui bentuknya yang memanjang ke atas seperti balok, Xbox Series X sendiri sudah dikonfirmasi memiliki ukuran sebesar panjang, lebar, dan tinggi sebesar 15,1 x 15,1 x 30 cm dengan bobot 4,45 Kg.

Sedangkan untuk Xbox Series S sendiri diketahui memiliki 60% ukuran yang jauh lebih kecil dengan dimensi panjang lebar dan tinggi sebesar 15,1 x 6,3 x 27,5 cm.

 

3. Konfirmasi harga

Sesuai dengan informasi yang baru saja kami dapat tadi pagi, konsol Xbox Series X secara resmi dibanderol dengan harga $500 atau sekitar 7,5 juta Rupiah. Sedangkan untuk versi mininya yakni Xbox Series X dipatok pada tingkat harga $300 atau sekitar 4,5 juta Rupiah.

Dari harga tersebut, yang masih menjadi sebuah tanda tanya adalah seberapa besarkah bentuk penyesuaian harga-harga ini ketika konsol Xbox Series hadir di Indonesia ? Yang dimana itu sangat bergantung dari kebijakan para retailer beserta dengan jumlah pajak yang harus ditanggung.

 

4. Spesifikasi yang diatas kertas lebih baik dari PS5

Fakta di atas kertas menunujukan bahwa konsol Xbox Series X punya spesifikasi yang memang tergolong gahar. Kapabilitas CPU dan GPU yang dimilikinya bahkan boleh dibilang telah melampui spesifikasi serupa yang dipunya oleh konsol PS5.

Detil spesifikasi lengkap dari Xbox Series X pun adalah sebagai berikut:

  • CPU: 8- Cores AMD Zen 2 CPU @ 3,8GHz, 3,6GHz w/ SMT Enabled
  • GPU: AMD RDNA 2 GPU 52 CUs @ 1.825 GHz
  • GPU Power: 12 TFLOPS
  • System on Chip (SoC): Custom 7nm Enhanced SOC
  • RAM : 16GB DDR6 RAM (10GB @ 560 GB/s, 6 GB @ 336 GB/s)
  • Performance Target: 4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS
  • Storage: 1 TB PCIe Gen 4 NVME SSD (2.4 GB/sec uncompressed, 4.8 GB/sec compressed)
  • Expandable Storage: 1 TB Expansion Card
  • Backward Compatibility: Xbox, Xbox 360, Xbox One
  • Disc Drive: 4K UHD Blu-ray
  • Display Out: HDMI 2.1

Sementara Xbox Series S justru malah menjadi konsol yang terasa lebih inferior. Terutama karena perbedaan tenaga GPU yang terlampau jauh dari PS5 (apalagi Xbox Series X), yakni hanya mencapai 4 TFLOPS saja. Rincian lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • CPU: 8-Core AMD Zen 2 CPU @3.6Ghz, 3.4GHz w/ SMT Enabled
  • GPU: AMD RDNA 2 GPU 20 CUs @1.565GHz
  • GPU Power: 4TFLOPS
  • System on Chip (SoC): Custom 7nm Enhanced SOC
  • RAM: 10 GB GDDR6 RAM (8 GB @ 224 GB/s, 2 GB @ 56 GB/s)
  • Performance Target: 1440p @ 60fps, up to 120fps
  • Storage: 512 GB PCIe Gen 4 NVME SSD (2.4 GB/sec uncompressed, 4.8 GB/sec compressed)
  • Expandable Storage: 1 TB Expansion Card
  • Backward Compatibility: Xbox, Xbox 360, Xbox One
  • Disc Drive: Digital-Only
  • Display Out: HDMI 2.1

 

5. Tak punya game yang dieksklusifkan ?

Dalam mengembangkan konsol barunya, Microsoft justru diketahui mengambil kebijakan yang amat berlawanan dari sang pesaingnya seperti Sony.

Bila Sony sangat begitu menjunjung tinggi karya game-game miliknya yang selalu mereka eksklusifkan plus juga bertindak selektif ketika membiarkan sebagian game eksklusifnya rilis di platform PC, Microsoft justru terlihat terang-terangan ingin meleburkan diri dengan platform PC.

Baru mulai serius menekuni kebijakan ini sejak 2019 lalu, hampir semua game-game yang biasa dikenal eksklusif milik mereka bisa kalian jumpai langsung di plaform PC. Tidak hanya terbatas untuk Microsoft Store saja, mereka pun dengan murah hati juga bersedia untuk merilisnya di Steam.

 

6. Backward Compatibility

Konsol Xbox Series baik untuk Series X dan S sama-sama akan menawarkan bentuk backward Compatibility yang lebih menggiurkan dibanding hal serupa yang dipunyai oleh konsol PS5. Karena selain mampu menjalankan game-game digital milik Xbox One, Xbox Series juga punya kapabilitas dalam memainkan game-game dari konsol Xbox 360 hingga konsol Xbox pertama.

 

7. Keuntungan dari Xbox Game Pass

Bukan sebuah rahasia umum lagi bila promo Xbox Game Pass merupakan suatu strategi yang sungguh efektif bagi Microsoft dalam menjaring ketertarikan para gamer. Yakni lewat cara untuk memainkan banyak sekali opsi pilihan game dengan sistem subskripsi harga bulanan yang amatlah terjangkau. Di konsol Xbox Series X/S, layanan Xbox Game Pass pun hampir dipastikan juga dapat dinikmati di sana.

Walau dengan harga subskripsi yang masih belum dikonfirmasikan, Microsoft bahkan sudah berani memberikan iming-iming promo untuk mencicil pembelian konsol Xbox Series X lewat Xbox Game All Access selama 24 bulan dengan membayar seharga $35 di tiap bulannya ($25 untuk Xbox Series S).

Menariknya, promo Xbox Games All Access tersebut sudah langsung mencakup layanan Xbox Game Ultimate Pass sesuai dengan jangka waktu pencicilannya. Namun, promo ini hanya tersedia di 12 negara saja. Sementara untuk Indonesia, sayangnya masih belum.

 

Itulah kumpulan fakta menarik yang untuk sementara ini bisa kamu kumpulkan mengenai konsol Xbox Series X dan S. Apakah kamu menyimpan sebuah ketertarikan lebih terhadap konsol ini ketimbang PS5 ?

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top