Connect with us

6 Inovasi Unik yang Diperkenalkan dalam Tampilan UI Konsol PS5

PS5 UI

Listicle

6 Inovasi Unik yang Diperkenalkan dalam Tampilan UI Konsol PS5

Bersama dengan Xbox Series X, Konsol PS5 benar-benar akan menjadi wujud pergolakan baru bagi dunia industri game saat ini. Banyak pihak yang tengah cukup berdebar-debar dalam menantikan hadirnya momen tersebut. Apalagi Dengan tanggal peluncurannya yang sama-sama akan jatuh kurang dari sebulan lagi di November.

Baik pihak Microsoft maupun Sony, keduanya pun telah berupaya untuk menebarkan segudang pesona hype kepada para gamer. Khusus bagi konsol PS5, mereka sendiri kini baru saja resmi menunjukan tampilan halaman UI perdananya.

Dengan posisinya sebagai konsol next-gen, PS5 seolah benar-benar ingin kembali membawakan hal yang siap memukau jutaan pasang mata. Dimana sejumlah fitur-fitur yang terasa mengejutkan pun telah langsung mereka tunjukan. Penasaran apa saja ? Simak penjelasannya berikut

 

1. Control Center

Dengan menekan 1 tombol saja, fitur ini nampak berperan sebagai akses praktismu menuju ke sistem menu utama di konsol PS5. Tanpa perlu meninggalkan atau menginterupsi game demi bisa mengaksesnya, kamu bisa langsung mengecek siapa yang sedang online, status download, mengatur setting controller, power, dan masih banyak lagi.

2. Keunikan dari Activities Cards

Saat bermain game, fitur ini bisa memberikanmu banyak informasi tentang game yang tengah kamu mainkan. Bahkan hingga menginteraksikannya langsung dalam berbagai cara seperti yang masih kamu lihat dari gambar di atas.

Sebagai fitur UI yang paling digembor-gemborkan dari konsol PS5, Cards sendiri biasa berperan untuk melacak hal-hal atau bentuk misi terdekat yang belum sempat kamu lakukan dalam bermain (termasuk trophy/achievement).

 

3. Fitur untuk menampilkan “Walkthrough”

Menariknya, Fitur tersebut juga dapat memberikanmu petunjuk mengenai objective opsional atau non opsional yang harus kamu tuju beserta dengan prakiraan waktu penyelesaiannya. mengakses sebagian cards bisa langsung membawamu secara instan ke dalam level game terkait. Bahkan bila kamu masih belum paham pun, ada bentuk arahan video ala Youtube yang juga ikut tersaji di sana.

Fitur ala penyajian Walkthrough tersebut dikonfirmasi hanya tersedia secara khusus untuk para pelanggan Playstation Plus. Yang menjadi pertanyaan, belum diketahui seberapa banyakkah game-game third-party yang siap mendapatkan dukungan fitur ini ?

 

4. Fitur sosial dan komunikasi yang lebih praktis

Konsol PS5 juga membawa suatu bentuk inovasi besar dari segi fitur komunikasi dan sosialnya. Lagi-lagi tanpa perlu keluar dari game, kamu bisa mengundang atau diundang oleh satu hingga lebih temanmu untuk saling berkomunikasi lewat party voice chat.

Dengan sistem mic yang sudah terintegrasi ke dalam controller dualsense, kamu tentu sudah tak perlu lagi capek-capek menyiapkan alat tambahan. Jika kamu sedang tak mau diganggu pun, juga disediakan fitur untuk me-mute sementara suara mereka dengan menekan sebuah tombol di kontroller ataupun mengaksesnya dari menu.

 

5. Fitur untuk “saling menonton” game

PS5 UI Screen Share

Dari fungsi party chat, kini kamu bisa saling melihat progress game milik temanmu melalui fitur screen share. Tidak hanya menampilkan bentuk thumbnail semata saat menerima notifikasi, kamu pun dapat langsung melihat aktivitas bermain yang sedang temanmu jalankan. Berlaku pula untuk sebaliknya.

 

6. Proses navigasi yang serba cepat

Memamerkan kekuatan SSD menjadi fokus yang tengah ditonjolkan dari keberadaan konsol next-gen. Pada video lengkap yang ditampilkan dari UI konsol PS5 di atas, kita bisa melihat bahwa semua ekseskusi–eksekusimu dalam bernavigasi selalu berjalan dengan serba instan. Sama sekali tak ada semacam lag ataupun menjumpai beberapa detik loading yang terkesan menunda.

 

Itulah 6 inovasi yang baru saja kita semua ketahui dari menu UI konsol PS5. Bagi yang tertarik untuk menantikan, Konsol ini sendiri rencananya akan secara perdana meluncur pada tanggal 12 November 2020 di sejumlah region tertentu dan 19 November 2020 ke atas untuk belahan negara yang tersisa.

Sumber: Playstation Blog

 

 

 

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top