Connect with us

Profil Menarik 10 Game PS4 yang Tak Bisa Dimainkan di PS5

Game PS4 yang tak bisa dimainkan di PS5

Listicle

Profil Menarik 10 Game PS4 yang Tak Bisa Dimainkan di PS5

Backward Compatibility“, sebuah fitur yang selalu diharapkan ada ketika kita tengah menantikan kehadiran konsol generasi terbaru. Ketidakinginan untuk lupa terhadap game-game dari generasi sebelumnya memang telah menjadi bentuk mindset yang tidaklah mudah ditinggalkan.

Khusus untuk kasus PS5, fitur yang satu ini dikonfirmasi masih tetap akan ada. Namun, hanya diperuntukkan untuk game kepunyaan konsol PS4 saja. Pihak Sony sendiri tak lama telah memberikan informasi tentang hal tersebut. Dimana dari berjibun game PS4 yang bisa dimainkan di konsol PS5, mereka secara khusus telah menyebut sekaligus merincikan adanya 10 game yang dianggap sama sekali tak kompatibel.

Atas berbagai macam alasan yang ada, informasi daftar game PS4 yang mereka beberkan ini kebanyakan memang bukanlah game yang tergolong besar atau berpengaruh bagi konsol Playstation. Dengan sebagian kualitasnya yang memang secara objektif jelek maupun menarik, berikut kumpulan profil yang bisa kamu “kepo”kan terhadap game-game tersebut.

 

1. Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One

Developer/Publisher: Redacted Studios/Versus Evil

Genre: Action

Tanggal Rilis: 22 September 2015

Juga tersedia di: PC via Steam (sudah dicabut)

Dari kesepuluh list yang dimuat, game Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One boleh dibilang merupakan game yang paling amat disayangkan. Karena game tersebut pada dasarnya bukanlah game yang bisa kamu akses lagi saat ini.

Baik di Steam maupun PSN, game keluaran 2015 ini sudah resmi dicabut dari pasaran akibat kualitasnya yang dianggap mengecewakan oleh sang publishernya sekalipun, yakni Versus Evil. Dimana sebelum mereka merasakan hal tersebut, hasil resepsi yang dirterimanya sendiri juga mengatakan hal yang sama.

Padahal, franchise Afro Samurai adalah franchise yang cukup begitu menarik dan otentik dalam versi manganya.

 

2. DWVR

Developer/Publisher: Mad Triangles

Genre: Action First-Person (VR)

Tanggal Rilis: 27 September 2017

Juga tersedia di: PC via Steam

Game Action yang benar-benar mengutamakan rasa imersi untuk menjadi seseorang yang badass. Dimana pengalaman tersebut diolahkan dalam sebuah pesona VR.

Entah dengan menggunakan senjata api, pedang, hingga sihir sekalipun, game berjudul DWVR ini biasa dianggap dapat memompa hasrat adrenaline yang membara di dalam jiwamu walau kembali lagi, hanya bisa kamu mainkan bila kamu mempunyai perangkat VR.

 

3. TT Isle of Man – Ride on the Edge 2

Developer/Publisher: KT Racing/Nacon

Genre: Racing

Tanggal Rilis: 23 Maret 2020

Juga tersedia di: PC via Steam, Xbox One, Switch

Merupakan game balap motor yang menampilkan pesona simulasi berbalap yang terasa intens dan masif di dalamnya. TT Isle of Man – Ride on the Edge 2 kebetulan merupakan game yang baru-baru ini rilis di awal tahun 2020.

Entah karena masih baru dirilis atau ada sebuah masalah teknis yang khusus, cukup menarik untuk menanti apa alasan game buatan KT Racing yang sebenarnya digarap dengan grafis mumpuni ini untuk tidak bisa dimainkan di konsol PS5.

 

4. Just Deal With It!

Developer/Publisher: Sony Interactive Entertainment/ Super Punk Games

Genre: Party Game

Tanggal Rilis: 13 November 2018

Juga tersedia di: Android

Game ini merupakan game party ringan yang bertajuk tentang permainan kartu. Dengan model penyajian grafisnya yang cukup unik nan penuh warna, Just Deal With It! memang adalah game yang menghadirkan sejumlah permainan kartu simpel seperti Black Jack, poker, dan semacamnya.

Tentu dari sana, game ini juga sangat ditujukan untuk dimainkan secara ramai-ramai ataupun seru-seruan semata.

 

5. Shadow Complex Remastered

Developer/Publisher: Sony Interactive Entertainment/ Super Punk Games

Genre: Action Platformer, Metroidvania

Tanggal Rilis: 3 Mei 2016

Juga tersedia di: PC via Steam, Xbox One

Merupakan game action Metroidvania yang dibalut dengan grafis modern. Lewat setting modern sci-fi yang diusung, Shadow Complex Remastered tentu juga terlihat sebagai game yang bersifat 2,5D. Meski begitu, ada momen-momen sinematik serta sebagian gameplay yang terkadang bisa ditampakkan secara 3D penuh.

Dan seolah itulah yang menjadi ciri khas penting yang nampak ingin ditonjolkan oleh game keluaran 2016 tersebut.

 

6. Robinson: The Journey

Developer/Publisher: Crytek

Genre: Adventure (VR)

Tanggal Rilis: 8 November 2016

Juga tersedia di: PC via Steam

Kembali merupakan game VR, Robinson: The Journey membawamu ke dalam suatu pengalaman unik untuk menyusuri suatu planet yang dihuni oleh kumpulan para dinosaurus. Game ini dikenal menyajikan suatu atmosfer yang begitu menarik.

Kamu tidak hanya akan menjumpai para Dinosaurus yang haus nyawa saja di sini. Ada kalanya bila salah satu diantara mereka termasuk jinak dan akan menemani petualanganmu sampai di tujuan.

 

7. We Sing

Developer/Publisher: Le Cortex/ Nordic Games Publishing

Genre: Music Video Game

Tanggal Rilis: Sekitar tahun 2016

Juga tersedia di: Xbox One, Wii

Sesuai judulnya, game ini memang adalah game yang menyuruhmu untuk menyanyi ala karaoke. Sebagai game yang memang sudah lama dirilis sejak tahun 2016, We Sing dikenal banyak menampilkan lagu-lagu barat yang terasa ikonik untuk kamu dengar di abad 21.

Dan bila membahas mengenai ketiadaan game ini untuk PS5 nampak lebih dipengaruhi oleh masalah lisensi yang harus diurus oleh pihak publisher.

 

8. Hitman Go: Definitive Edition

Developer/Publisher: Square Enix

Genre: Puzzle, Strategy

Tanggal Rilis: 23 Febuari 2016

Juga tersedia di: PC via Steam, Android/iOS (non Definitive)

Game Hitman dengan konsep bermain yang benar-benar bisa mengasah kemampuan nalar beserta daya logikamu. Seolah-olah dibuat seperti “catur”, Hitman Go: Definitive Edition sendiri menyajikan gameplay puzzle unik dengan berbagai variasi kondisi turn-based yang terasa interaktif.

Game ini pun bisa menjadi game yang cukup adiktif untuk dimainkan. Keberadaannya pun kebetulan juga tersedia di platform Android dan iOS.

 

9. Shadwen

Developer/Publisher: Frozenbyte

Genre: Action, Stealth

Tanggal Rilis: 17 Mei 2016

Juga tersedia di: PC via Steam

Game third-person dengan konsep utama untuk bermain secara Stealth semata. Namun, punya gambaran level desain yang terlihat solid digarap. Apalagi lewat tema zaman pertengahan yang dibawanya.

Di Shadwen, kamu akan dianugerahi peran sebagai assassin yang ditugaskan untuk membunuh seorang raja. Premisnya mungkin terkesan umum dijumpai, tetapi tetap merupakan game yang tergolong menarik untuk dijajal.

 

10. Joe’s Diner

Developer/Publisher: Frozenbyte

Genre: Horror

Tanggal Rilis: 31 Maret 2015

Juga tersedia di: PC via Steam

Memiliki setting di sebuah tempat makan bernama Joe’s Diner, game ini pada dasarnya merupakan game horor. Mengambil inspirasi konsep yang agaknya mirip seperti Five Night at Freddy’s, namun kamu di sini lebih sibuk bernavigasi untuk melakukan kegiatan bersih-bersih tanpa mengeluarkan suara yang dianggap mengganggu pada tengah malam.

Dianggap mengganggu maksudnya untuk para arwah-arwah dari para suku native yang saat itu tengah aktif bergentayang di sana. Agak terasa aneh menurutmu ? Mengingat bentuk teror jumpscarenya bila kamu gagal saja terasa “tidak menakutkan” sama sekali.

 

Itulah kumpulan daftar profil game PS4 nantinya yang tidak akan bisa kamu rasakan PS5. Dari 10 list tersebut, adakah game yang terasa familiar atau malah menjadi sebuah favorit bagi seleramu ?

 

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top