Connect with us

7 Fakta Terpenting yang Perlu Kamu Ketahui dari Konsol PS5

Fakta-fakta menarik tentang konsol PS5

Listicle

7 Fakta Terpenting yang Perlu Kamu Ketahui dari Konsol PS5

Terbayar sudah rasa penasaran para gamer dalam menyambut era konsol generasi terbaru. Setelah begitu lama ditunggu-tunggu, wujud otentik dari konsol PS5 telah baru saja terlihat pada hari jumat kemarin. Dengan desainnya yang amat terkesan futuristik, seolah nampak inilah hasil buah yang sesungguhnya ingin Sony berikan kepada para penggemar.

Mereka pun juga telah memberikan begitu banyak informasi penting yang bisa kita manfaatkan dalam mengenali konsol satu ini. Walau di satu sisi, mungkin ada sebagian diantara kalian yang hingga kini masih merasa kesulitan untuk memahami secara lebih jelas sisi-sisi keunggulan yang tengah disuguhkan oleh konsol Playstation 5, selain dari soal game-game terbaru yang akan dikeluarkan maupun melalui aspek peningkatan grafisnya.

Sehingga tentu agar tingkat keantusiasanmu masih tetap terjaga setidaknya sampai konsol ini rilis pada sekitaran musim libur akhir tahun nanti, kami di sini rindu untuk memberikan sejumlah fakta-fakta penting yang sudah terkuak mengenai kemunculan konsol PS5. Tanpa berlama-lama, berikut adalah informasinya;

1. Dibekali kemampuan loading super cepat pada tingkat 5 GB/detik.

Sebagai pengganti HDD, SSD (Solid State Drive) biasa dikenal memiliki pengaruh yang sangat krusial terhadap kecepatan jalan loading game. Pada konsol PS5, SSD yang digunakan kabarnya merupakan versi custom dengan kapasitas data sebesar 825 GB. Walau belum mencapai 1 tera, performa kecepatan transfer yang disuguhkannya sungguh tidak main-main. Ia mampu membaca data hingga 5 GB per detik, bahkan bisa sampai 9 GB/detik untuk tahap pembacaan data yang terkompress.

Dimana menariknya, hal ini Justru berbeda sangat jauh dengan konsol PS4 yang normalnya masih hanya menggunakan HDD dengan kemampuan membaca 50-100 MB per detik. Tim Sweeney sendiri selaku CEO Epic Games saat memamerkan software Unreal Engine terbarunya pun sampai menyebut bila kemampuan SSD PS5 tersebut sudah berhasil melampaui performa SSD yang biasa berjalan pada perangkat PC high-end (dliansir dari Extreme Tech). Intinya, setiap game yang kamu mainkan di sana dijanjikan memiliki proses loading yang tergolong singkat.

2. Miliki Prosesor dan GPU yang lebih awet lewat proses “Variable Frequency”

Di atas kertas, PS5 memang memiliki spesifikasi yang agak kalah tipis bila dibandingkan dengan konsol pesaing utamanya seperti Xbox Series X. Meski begitu, hal ini masih belum cukup membuktikan bila PS5 merupakan konsol yang tergolong inferior. Karena dibalik itu semua, komponen CPU (prosesor) dan GPU yang dipunyai oleh konsol ini masing-masing akan hadir dengan teknologi “Variable Frequency”. Yang sejatinya, masih belum dikonfirmasikan ada di Xbox Series X,

Melalui proses “Variable Frequency”, konsol Playstation 5 bisa menjaga kestabilan daya pemakaian mesinnya dengan lebih konsisten. Terutama dalam secara fleksibel menyesuaikan proses daya frekuensi yang digunakan pada tiap core prosesor. Sehingga teknologi ini dapat membuat kinerja sistem pendinginan konsol menjadi lebih terbantu serta menciptakan performa bermain yang lebih nyaman.

Jenis CPU sendiri yang digunakan adalah 8-core AMD Zen 2, dengan kecepatan 3.5 GHz. Sedangkan untuk GPU-nya, Sony memakai AMD RDNA 2 yang memiliki kapabilitas raytracing dengan jumlah 36 CU (Compute Unit), performa 10,28 teraflops serta sistem Clock yang mencapai 2,23 GHz. Kembali lagi, meski masih kalah dari Xbox Series X, keduanya masing-masing diperlengkapi dengan teknologi Variable Frequency yang fungsi pentingnya sudah kami jelaskan di atas.

3. Bisa dimainkan di atas 60 FPS plus Resolusi yang juga di atas 4K

Sejalan apabila membahas mengenai kenyamanan performa, batas tingkat FPS (frame rate per-second) dan resolusi layar bermain memang telah menjadi kriteria wajib bagi para gamer yang mendambakan suatu pengalaman bergaming yang sesempurna mungkin. Untungnya baik dari konsol PS5 dan Xbox Series X, 60 FPS bisa dipastikan akan menjadi pengalaman bermain yang tergolong lazim untuk kamu jumpai di sana.

Dengan SSD, CPU, hingga GPU yang dimilikinya, konsol Playstation 5 sendiri diyakini bisa berjalan dengan tingkat FPS yang tidak hanya 60 saja, melainkan bisa menembus sampai 2 hingga 4 kali lipatnya sekalipun (hingga 240 FPS). Dalam hal resolusi, pihak Sony juga cukup optimis untuk mampu menuangkan performa tersebut pada gambaran resolusi 8K.

4. Dukungan teknologi audio 3D yang bisa terasa nyata

Headset khusus untuk PS5

Selain mengenai performa visual, konsol Playstation 5 juga tak ketinggalan ikut siap membawakan sebuah kapabilitas tingkat Audio yang sangat menjanjikan. Melalui nama “Tempest” 3D audio tech, suara di dalam game PS5 sendiri nantinya betul-betul bisa dibuat terasa cukup mendetail untuk didengar. Alias, memungkinkanmu juga untuk bisa ikut mendengar tambahan detil suara-suara kecil atau “sayup-sayup” yang mendukung kerealistikan/keimersifan nuansa area yang dirasakan pada tampilan layar game.

Hal inilah seolah cukup menjelaskan alasan mengapa Sony sangat menyarankanmu sekali untuk menyaksikan presentasi pengumuman PS5 mereka kemarin dengan menggunakan headset. Bersamaan dengan hal itu, jangan lupakan bahwa Sony juga akan ikut memasarkan alat headset wireless khususnya yang nampak siap dijual sebagai salah satu bagian dari sang konsol itu sendiri.

5. Punya kontroler bernama DualSense

Kontroler di konsol PS5 kini tidak akan kembali mengadopsi nama Dualshock. Karena sekarang kamu harus membiasakan diri untuk menyebutnya dengan nama DualSense. Hal utama yang membuat kontroler wireless yang lebih gemuk nan lengkung ini terasa spesial atau unik jelas berasal dari fokus sensitivitas berkontrol yang ingin mereka tawarkan.

kontroller PS5

Spesifiknya, Sony menyebutkan istilah yang secara khusus mereka namai Haptic Feedback dan Adaptive Trigger. Haptic Feedback sendiri memiliki maksud yang dapat membuat sensasi irama getaran di tanganmu terasa berbeda-beda. Terutama saat berada pada suatu kondisi atau situasi tertentu di dalam game.

Sedangkan fungsi Adaptive Trigger pada tombol R2 dan L2 lebih ditekankan untuk memberi rasa feel hingga ketahanan yang cukup nyata ketika karaktermu digambarkan sedang melakukan aksi-aksi tertentu. Contohnya seperti munculnya perbedaan sensasi ketika melakukan bidikan dengan menggunakan busur panah, maupun senjata api.

6. Backward Compatiblity di PS4 yang masih terbatas

Backward Compatibilty di konsol PS5

Ya, konsol PS5 tentu juga dirancang untuk bisa dimainkan di konsol iterasi sebelumnya seperti PS4. Meski dibuat berdasarkan arsitektur yang sama, sayangnya telah dikonfirmasi bahwa tidak semua game PS4 dapat kamu mainkan di sana walau jumlah pilihannya masih tetap tergolong banyak.

Dimana sejauh ini, Sony telah mengkonfirmasi bahwa sebagian besar dari total daftar 100 game terlaris mereka di sana betul-betul dapat dimainkan di Playstation 5. Dan secara totalnya, ada sekitar 4000 judul yang masing-masing sudah dinyatakan kompatibel untuk konsol tersebut.

7. Hadirkan langsung versi standard dan khusus digital

Konsol PS5 versi standard dan digital

Sony memang masih belum memberikan konfirmasi mengenai kisaran harga dari konsol Next Gen yang satu ini. Walau begitu, mereka kemarin justru secara mengejutkan telah menunjukan bahwa konsol PS5 rupanya akan siap dipasarkan langsung ke dalam 2 model, yakni dalam versi standard dan digital (download only).

Perbedaan mendasar yang paling mudah dikenali dari dua versi tersebut adalah dari ketiadaan fungsi di model digitalnya dalam memainkan game-game yang bersifat fisik. Ya, seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, keberadaan konsol versi digital yang ada di sebelah kanan terlihat sama sekali tidak sedikitpun memuat adanya slot disc drive. Seolah bentuknya juga terlihat menjadi lebih ramping, sangat disinyalir kuat bahwa versi ini akan menjadi satu versi konsol PS5 paling ekonomis (termurah) yang bisa kamu dapatkan.

Setelah melihat berbagai informasi fakta menarik di atas, bagaimanakah impresimu sekarang dalam melihat keberadaan konsol PS5 ?

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tags

To Top