Connect with us

9 Film Animasi Ikonik Disney yang Diadaptasi Menjadi Video Game

disney

Listicle

9 Film Animasi Ikonik Disney yang Diadaptasi Menjadi Video Game

Disney memiliki banyak film animasi yang begitu ikonik. Tidak hanya anak-anak, semua kalangan juga dapat menikmati berbaga judul film layar lebarnya. Baik film animasi layar lebar yang dikerjakan oleh studionya sendiri maupun garapan Pixar secara keseluruhan semuanya memiliki tempat yang sama di hati para penggemarnya.

Tidak hanya sukses di layar lebar, film animasi Disney juga diadaptasi dalam video game. Ada beberapa judul film animasi Disney yang diadaptasi dalam video game. Kali ini kita akan mengulas beberapa judul film animasi ikonik Disney dalam video game. Tak perlu berlama-lama lagi simak selengkapnya di bawah ini :

1. Disney’s Hercules

Game klasik ini cukup mengena di hati para penggemarnya. Di era 90an Hercules menjadi kartun yang cukup populer. Bercerita tentang kehidupan dewa di masa Yunani kuno, kamu akan berperan sebagai sang karakter utama. Yaitu Hercules itu sendiri. Hercules mengusung genre yang menjadi tren pada masa itu, yaitu hack n’ slash bergaya side-scrolling. Kamu dapat menggunakan berbagai kemampuan unik Hercules untuk menyelesaikan tantangan dan stage tertentu. Kamu juga bisa menggunakan berbagai senjata untuk melawan boss.

Disney’s Hercules rilis di konsol Playstation 1 dan PC pada tahun 1997 silam. Kamu yang ingin bernostalgia game ini juga kembali dirilis pada tahun 2019 lalu di GOG dan Steam.

 

2. Disney’s Tarzan

Tarzan menjadi salah satu film animasi favorit anak-anak pada era 90-an. Begitupun dengan game yang diadaptasinya. Sama seperti di film animasinya, Disney’s Tarzan mengajak kamu untuk menjadi seorang Tarzan. Seorang laki-laki yang sejak bayi diasuh oleh gorila dan tumbuh dewasa bersama satwa lain di hutan. Namun kedatangan sekelompok pemburu membuat Tarzan dan kawan-kawan menjadi terganggu, disinilah awal cerita Tarzan untuk kembali menemukan kenyamanan di hutan hingga bertemu dan jatuh cinta dengan gadis pujaannya.

Masih mengadaptasi latar belakang dari film animasinya, game Tarzan mengajak kamu untuk berpetualang menyusuri hutan. Kamu akan melewati tantangan bergaya platformer dimana harus berlari dan melompat untuk melewati objek yang ada di setiap stage. Setidaknya ada 14 stage yang harus kamu selesaikan di game ini. Kamu juga dapat mengumpulkan huruf hingga merangkai kata T-A-R-Z-A-N. Di tempat tertentu kamu juga akan menemukan pisau dan beberapa senjata lainnya yang bisa digunakan untuk melawan musuh. Setiap stage juga ada boss yang bisa kamu hadapi nantinya.

Disney’s Tarzan rilis pada tahun 1999 untuk Gameboy Color, Nintendo 64, PC dan Playstation 1.

 

3. Toys Story 2: Buzz Lightyear to the Rescue

To infinity and beyond‘ itulah kata-kata khas Buzz Lightyear. Jika ingat dengan kata-kata itu pasti kamu langsung terngiang dengan film Toys Story. Film animasi garapan studio Pixar ini memiliki tempat yang menarik bagi para penggemarnya. Begitupun dengan video game yang diadaptasi.

Rilis tahun 1999 silam, petualangan Buzz dan kawan-kawan kali ini akan menyelamatkan Woody. Seperti yang kita ketahui, film Toys Story 2 sendiri mengisahkan tentang Woody yang diculik oleh pemburu mainan Al McWhiggin. Kamu akan berperan sebagai Buzz melewati berbagai halangan dan rintangan demi menyelamatkan Woody. Dalam game ini juga mengadaptasi dunia 3 dimensi. Game ini juga memberikan pengalaman unik sebagai mainan dimana semua hal yang ada di sekitarmu terlihat lebih besar. Di akhir permainan kamu akan melawan Stinky Pete, mainan yang membujuk Woody agar ikut dengannya.

Toys Story 2: Buzz Lightyear to the Rescue tersedia untuk platform Nintendo 64, Sega Dreamcast, Playstation 1, Gamboy Color dan PC.

 

4. Monsters, Inc.

Perusahaan yang berisi monster sebagai karyawannya ini juga diadaptasi menjadi video game. Film animasi garapan Pixar tahun 2001 ini mendapatkan versi video game-nya pada tahun yang sama. Kamu akan berperan sebagai Sullivan, monster berbadan besar dengan penuh bulu dan bertanduk. Kamu akan menyelesaikan setidaknya ada 8 level yang mengadaptasi cerita dari film animasinya. Sama seperti game platformer lainnya, kamu akan melewati berbagai tantangan dengan berlari dan melompat di dunia 3 dimensi di Monster, Inc..

Game ini dulu rilis untuk platform Gameboy Color, Gameboy Advance dan Playstation 2.

5. The Incredible

Film animasi super hero garapan studio Pixar ini juga mendapatkan adaptasi video game. Mengisahkan tentang keluarga superhero dengan kekuatan super uniknya masing-masing, kamu akan diajak berpetualang melindungi kota Metroville dari kejahatan. Sama seperti di film animasinya, kamu akan menghadapi beberapa musuh ‘krocoan’ hingga boss. Kamu juga dapat mengendalikan beberapa karakter unik yang ada di film animasinya. Masing-masing level akan menggunakan karakter yang berbeda pula.

The Incredible rilis pada tahun 2004 bersamaan dengan video game-nya yang tersedia untuk beberapa platform, seperti Xbox, PlayStation 2, Gamecube dan Gameboy Advance.

 

6. Cars

Kachow‘ itulang kilatan dari Lightning Mcqueen mobil balap berwarna merah saat menyapa para penggemarnya. Film animasi garapan Pixar yang bercerita tentang mobil balap bernama Mcqueen ini juga diadaptasi menjadi video game. Kamu akan menikmati pengalaman balapan seperti yang ada di filmnya. Meskipun ini merupakan game racing, kamu tidak akan kesulitan untuk mengendarai Mcqueen atau karakter mobil yang lain. Pada dasarnya Cars ini menawarkan pengalaman bermain dengan plot yang ada di film animasinya yang dibumbui dengan mekanisme game balap. Selain balapan, kamu juga dapat menemukan berbagai mini-games dan melengkapi koleksi item yang ada di dalam game.

Cars video game ini rilis pada tahun 2006 untuk beberapa platform, seperti Xbox, PlayStaiton 2, Game Boy Advance, GameCube, PC, Nintendo DS, PSP, Xbox 360 dan Nintendo Wii.

 

7. Ratatouille

Kisah tikus yang jago masak garapan studio Pixar ini juga tidak ketinggalan mendapatkan adaptasi video gameGame yang rilis tahun 2007 bersamaan dengan film layar lebarnya ini mengusung genre aksi dan petualangan. Kamu akan menjadi tikus dengan kemampuan lihainya memasak dan juga mengendus. Kamu akan menjelajahi dunia Ratatouille sebagai tikus bernama Remy. Banyak rintangan yang akan kamu hadapi sepanjang permainan. Kamu juga dapat mengoleksi item-item pendukung seperti apel meningkatkan darah atau item pendukung lainnya.

Game ini cukup menarik untuk dimainkan sembari mengingat kembali seperti apa filmnya. Ratatouille tersedia untuk berbagai platform, seperti GameCube, PS2, PS3, PSP, Nintendo DS, Wii, Xbox, Xbox 360, Game Boy Advance dan PC.

 

8. Wall-E

Kisah robot yang tertinggal sendirian di bumi bernama Wall-E ini juga diadaptasi menjadi video game. Video game-nya sendiri menawarkan berbagai level yang bisa kamu jelajahi seperti di versi film animasinya. Dalam versi video game-nya ini kamu dapat menggunakan karakter Wall-E dan juga Eve. Kamu akan menggunakan Eve atau Wall-E secara bergantian sesuai dengan stage-nya. Kamu juga dapat menggunakan kemampuan unik masing-masing karakter. Seperti Wall-E yang dapat berubah ke bentuk kubusnya untuk menghancurkan objek saat melaju kencang atau menjadi Eve yang memiliki kemampuan terbang.

Wall-E tersedia untuk beberapa platform, seperti Nintendo DS, Wii, Xbox 360, PS 2, PS 3, PSP dan juga PC pada tahun 2008 silam.

 

9. Up

Kisah seorang anak pramuka yang ingin melengkapi lencananya juga bisa kamu mainkan di video game dengan judul yang sama dengan film animasinya. Kamu akan menemukan karakter-karakter ikonik di film Up seperti Russel si anak pramuka berbadan bulat yang menggemaskan, kakek ngeselin bernama Carl dan seekor anjing bernama Dug. Sama seperti film animasinya, kamu akan berpetualang yang momentumnya tidak disengaja ini menuju ke Amerika Latin. Up sendiri mengusung mode Single-player dan Multiplayer. Kamu akan menyusuri hutan dengan berbagai rintangan seperti dikejar hewan buas, melewati tempat yang ekstrim hingga menaiki kendaraan.

Up sendiri rilis pada tahun 2009 untuk beberapa platform, seperti Xbox 360, PlayStation 3, PlayStation 2, PSP, Nintendo DS, Wii dan PC.

 

Demikian deretan film animasi ikonik Disney yang diadaptasi menjadi video game. Meski sudah rilis dalam waktu yang lama, game-game diatas masih menarik untuk dimainkan demi sekedar mencari kesenangan. Buat kamu penggemar film animasi Disney, mana game favorit kalian diatas ?

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top