Connect with us

Deretan Game Online Jadul server “lokal” yang masih bisa kamu mainkan sekarang juga

game online jadul

Listicle

Deretan Game Online Jadul server “lokal” yang masih bisa kamu mainkan sekarang juga

Sepanjang sejarah perkembangan game online di Indonesia, tahukah kamu kapan game online mulai populer di Indonesia ? Beberapa sumber mengatakan bahwa Nexia: The Kingdom of the Winds menjadi game online jadul pertama yang rilis di Indonesia tahun 200-an. Dari situlah game online khususnya MMORPG mulai booming. Sebut saja Ragnarok Online, Seal Online hingga RF Online. Tidak hanya MMORPG, game online dengn genre lain juga bermunculan dan ramai dimainkan.

Nah, kali ini kita akan sedikit bernostalgia membahas beberapa judul game online jadul yang masih bisa kamu mainkan saat ini juga. Tak perlu berlama-lama lagi berikut game online jadul yang masih bisa kamu mainkan sekarang juga.

Ragnarok Online

Siapa yang tidak kenal dengan game online legendaris ini. Memori indah yang tak terlupakan bisa kamu nikmati kembali lewat Ragnarok Online saat ini juga. Setelah berganti-ganti publisher yang awalnya dipegang Lyto, Gravity Game Link sekarang mengambil alih kendali dari Ragnarok Online. Kamu bisa memainkan MMORPG legendaris ini dalam judul Ragnarok Online Forever Love. Sepertinya Gravity Game Link memang ingin kembali membangun perasaan cinta dengan para pemainnya yang saat ini mungkin sudah tumbuh dewasa bahkan berkeluarga.

Masih mendapatkan konten terbarunya, Ragnarok Online Forever Link masih bisa kamu mainkan sekarang juga. Informasi selengkapnya bisa kunjungi situs resminya lewat link ini.

RF Online

Di tahun 2006, sebuah game online bertema sci-fi muncul. Adalah RF Online yang popularitasnya menjulang tinggi sampai saat ini. Hampir di setiap warnet terinstall game MMORPG yang digemari banyak pemainnya ini. Bahkan sampai saat ini banyak game RF Online yang beredar di internet, baik dibawa publisher resmi atau private server. Di Indonesia sendiri RF Online masih dipegang oleh Lyto, bahkan di awal tahun 2020 mereka kembali merilis RF Online dengan tambahan “Remaster”.

Kamu bisa mainkan RF Online versi Classic atau Remastered dengan mengunjungi website resmi Lyto.

Audition AyoDance

Meski game ini menjadi ajang untuk pamerkan skill “Perfect” dengan skor setinggi-tingginya, tak jarang pemain AyoDance yang justru mencari jodoh lewat game ini. Benar sekali, selain menawarkan keseruan bermain rhythm game, AyoDance juga menghadirkan mode couple. Secara global, Audition AyoDance rilis tahun 2007 lalu. Seiring dengan berjalannya waktu, konten dari Audi, begitu gamers kerap kali menyebutnya semakin beragam. Kamu tidak hanya adu joget saja, ada juga mode Guitar Master mirip dengan Guitar Hero. Selain itu masih banyak lagi konten teranyar lainnya yang bisa kamu jumpai.

Masih pengin mainin Audi ? Jika tertarik kamu bisa kunjungi langsung situs resmi Megaxus.

Point Blank

Pertama kali menjajakan kakinya di Indonesia, Point Blank langsung diminati penggemar game FPS. Di tahun 2009 lalu, visual dari Point Blank bisa dikatakan paling “OK” ketimbang game fps lain yang beredar. Bahkan Counter Strike 1.6 yang juga populer di Indonesia mulai tergeser oleh PB. Meski game ini seru dan diminati banyak pemainnya, masalah utama yang sampai saat ini sulit ditemukan solusinya melanda PB. Tidak lain adalah “cheater”, dari awal rilis hingga berganti-ganti publisher PB masih dijamuri oleh cheater.

Meskipun begitu kamu yang ingin bernostalgia boleh-boleh aja kunjungi situs resmi Zepetto untuk download dan mainin game online FPS seru ini.

Atlantica Online

Selain boyong Point Blank ke Indonesia, Gemscool juga membawa game MMORPG dengan sentuhan unik pada masanya. Tak lain adalah Atlantica Online, sedikit berbeda dengan kebanyakan MMORPG yang populer pada saat itu, game ini hadirkan elemen turn-based. Kamu tidak hanya berfokus pada satu karakter saja, melainkan sebuah party yang terdiri dari beberapa karakter. Kamu bisa isi party tersebut dengan berbagai jenis Mercenaries yang memiliki class atau job uniknya masing-masing.

Kangen mainin game MMORPG ini ? Kamu bisa kunjungi langsung website resmi Gemscool untuk informasi lebih lanjut.

 

Gimana guys ? Sedikit bernostalgia kan ? Selain game-game di atas ada juga honorable mention untuk game online lainnya yang ternyata masih beroprasi hingga saat ini.

Honorable Mention :

  • Angel Love Online (MMORPG|Wavegame)
  • 3Kingdom Online (MMORPG|Wavegame)
  • New Ran Online (MMORPG|Wavegame)
  • Perfect World II (MMORPG|Lyto)
  • Idol Street II (Rhtym/Dance|Lyto)
  • Crossfire Next Generation (FPS|Lyto) 
  • Lost Saga Remastered (Fighting? Super Smash Brosh – Like ?|Gravity Game Link) #Segera Rilis
Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top