Connect with us

Deretan game bertema Viking yang seru abis!

game viking

Listicle

Deretan game bertema Viking yang seru abis!

Kehadiran Assassins Creed Valhalla kembali membangunkan kisah negeri dari utara yang menceritakan bangsa Viking menginvasi Inggris. Resmi rilis di beberapa platform, Assassins Creed Valhalla tampaknya mendapatkan respon yang cukup baik. Apakah kalian sudah mencobanya?

Kali ini kita akan membahas game bertema Viking mengikuti hype Assassins Creed Valhalla yang baru rilis. Seperti yang kita ketahui, Assasins Creed Valhalla bertema Viking dan mitologi Nordik yang cukup erat kaitannya. Namun demikian, banyak juga game sebelum Assassins Creed Valhalla yang mengadaptasi cerita dan tema tentang Viking serta beberapa hal yang erat kaitannya.

Apakah kalian sudah penasaran apa saja game tersebut?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita sedikit membahas tentang Viking. Kisah bangsa asal wilayah Skandinavia atau bagian Eropa utara ini memang cukup banyak diadaptasi dalam video game. Beberapa sumber mengatakan bahwa Viking pada dasarnya sebutan untuk bangsa Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang. Tetapi Viking juga terkenal secara luas sebagai bajak laut “bar-bar” yang menjarah semua yang ada di hadapannya. Orang-orang Viking juga memiliki kepercayaan mitologi Nordik yang mengenal adanya 9 dunia dan terhubung dengan pohon bernama Yggdrasil. Asgard menjadi salah satu dunia yang terhubung dengan pohon Yggdrasil, tempat para dewa yang mungkin kalian kenal, seperti Odin.


Tema Viking dan mitologi Nodrdik memang selalu menarik untuk dibahas apalagi diadaptasi menjadi sebuah video game. Berikut deretan video game bertema Viking dan mitologi Nordik yang seru abis:

1. Dead in Vinland

Salah satu developer indie bernama CCCP menggarap sebuah game bertema Viking yang cukup menarik. Game tersebut berjudul Dead in Vinland yang mengusung genre RPG. Dead in Vinland mengisahkan tentang keluarga Viking yang terdampar di sebuah pulau misterius. Disitu pemain harus survive alias bertahan hidup dengan berbagai cara. Untuk menambah keseruan menikmati pengalaman survival alias bertahan hidup, sang developer juga turut menambahkan beberapa elemen, seperti simulasi, manajemen hingga strategi. Sehingga membuat game ini terkesan cukup komplek dengan beragam fitur di dalamnya.

Tak kalah menarik, gaya visual yang disuguhkan begitu keren. Dari gaya karakter hingga animasi dan efek bertarungnya sangat membuat kesan Viking semakin hidup. Dead in Vinland saat bisa kalian mainkan sekarang juga lewat PC tersedia di Steam.


2. The Banner Saga series

Terinspirasi dari mitologi Nordik, The Banner Saga series dibungkus dalam sebuah game strategi RPG dengan cerita yang interaktif. Sama seperti game-game sejenis, setiap keputusan yang player ambil akan mempengaruhi jalan ceritanya. Pertama kali rilis tahun 2014, The Banner Saga yang sudah menjadi trilogi ini digarap oleh developer indie bernama Stoic. Hampir setiap serinya, The Banner Saga selalu mendapatkan respon yang baik dari para pemainnya. The Banner Saga series mempertahankan visual 2D yang sangat apik, begitu pula dengan animasinya terlihat sangat mulus.

Buat kamu yang demen dengan game strategi mirip dengan The Banner Saga trilogi bisa menjadi pilihan menarik untuk sebuah game bertema Viking. The Banner Saga series kini tersedia di beberapa platform, seperti PC, Switch, Xbox One dan PS4.


3. Total War Saga: Thrones of Britannia

Creative Assembly ternyata tidak melewatkan kisah para Viking menginvasi Britania Raya. Dalam seri Total War Saga: Thornes of Britannia, game strategi ini berseting di daratan Inggris dan Irlandia setelah raja Alfred Agung berhasil mengalahkan para Viking yang mencoba menginvasi. Pemain bisa memilih beberapa faksi, seperti Anglo-Saxon hingga Viking itu sendiri. Mengusung gameplay ala Total War series, Creative Assembly menambahkan sedikit mekanisme yang lebih realistis.

Total War Saga: Thrones of Britannia bisa kalian mainkan lewat PC dan tersedia juga di Steam.


4. For Honor

Sebelum mebawa tema Viking ke Assassins Creed: Valhall, Ubisoft pernah membuat game pertarungan di yang berseting abad pertenghan. Ada berbagai karakter yang playable terinspirasi prajurit bersejarah dari berbagai wilayah di dunia. Setidaknya ada empat jenis faction berbeda, seperti Samurai, Wu Lin, Knights hingga Viking. Masing-masing memiliki karakter yang sebutannya adalah hero.

For Honor kini tersedia untuk berbagai platform, seperti Xbox One, PS4 dan juga PC.


5. Hellblade: Senua’s Sacrifice

Ninja Theory selaku pengembang DmC: Devil May Cry meracik sebuah game bertema Viking yang cukup menarik. Dalam game berjudul Hellblade: Senua’s Sacrifice, pemain akan mengikuti jalan pikiran Senua yang lebih lebih dalam. Mengambil seting di zaman Viking, sebuah penglihatan menghantui si karakter utama, yakni Senua untuk melakukan perjalanannya menuju Viking Hell. Tujuannya tidak lain untuk memperjuangkan jiwa kekasihnya yang telah meninggal. Meskipun ada elemen aksinya, Hellblade: Senua’s Sacrifice menyuguhkan beberapa puzzle yang harus kalian selesaikan.

Di sisi lain, Hellblade: Senua’s Sacrifice telah menyabet berbagai penghargaan dalam beberapa kategori. Jika kamu tertarik, game ini telah rilis dan bisa kalian mainkan lewat Xbox One, PS4, Switch dan juga PC.


6. God of War (2018)

Setelah mengadaptasi mitologi Yunani, God of War (2018) mengajak para penggemarnya menjelajahi mitologi Nordik bersama Kratos. Sebagai mantan Dewa Perang, Kratos kini merawat anaknya yang bernama Arteus dari istri keduanya yang telah meninggal.  Di seri God of War berfokus pada Kratos yang menyebarkan abu jasad istri keduanya tersebut dalam perjalanannya menuju ke 9 dunia yang ada di mitologi Nordik. Di sisi lain, sang anak Arteus masih belum mengetahui masa lalu Ayahnya sebagai Dewa Perang dengan seluruh kekuatannya. Selama perjalanan tersebut, mereka akan melawan monster dan dewa-dewa dari mitologi Nordik.

Seperti yang kita ketahui, God of War yang rilis di tahun 2018 hanya bisa dimainkan lewat konsol Playstation 4 serta bisa juga memainkannya lewat PS5.


7. The Elder of Scrolls V: Skyrim

Game action RPG besutan Bethesda ini tidak boleh kita lewatkan sebagai salah satu game yang mengadaptasi atau bertema dunia Viking dan mitologi Nordik. Meski sudah rilis 9 tahun yang lalu, Skyrim masih cukup menarik untuk dimankan.  Kalian pasti paham betul bahwa dunia Skyrim begitu terinspirasi dari mitologi Nordik dan pesona Viking terasa hidup di dalamnya. Kamu bisa menjelajahi dunia luas yang luas lengkap dengan monster yang ada di dalamnya. Kamu bisa memanfaatkan pertarungan jarak dekat dengan senjata melee atau pertarungan jarak jauh dengan sihir dan panah.

Semuanya ada di dalam game The Elder of Scrolls V: Skyrim. Cukup fleksibel, game ini tersedia di seluruh platform baik konsol (Xbox One, PS4, Xbox 360, PS3, Switch) maupun PC.

8. Assassins Creed Valhalla

Ini dia yang tidak boleh ketinggalan, Assassins Creed Valhalla. Akhirnya Ubisoft kembali merilis franchise Assassins Creed setelah absen dua tahun lamanya. Tidak jauh berbeda dari Origin maupun Odyssey, Valhalla mengusung mekanisme gameplay yang lebih kental RPG-nya. Mengambil setting tahun 873 Masehi, Assassins Creed Valhalla menceritakan kisah fiksi selama invasi Viking ke Inggris. Pemain akan menjadi Eivor, seorang Viking yang terlibat dalam pertarungan klise antara Assassins dan Templar.

Masih anget-angetnya dan rilis beberapa hari yang lalu, Assassins Creed Valhalla bisa dimainkan lewat PS4, Xbox One, PS5, Xbox Series X/S dan Stadia.

Itu dia deretan game bertema Viking dan mitologi Nordik yang seru abis, bisa kamu mainkan sekarang juga.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top