Connect with us

7 Game Alternatif Ghost of Tsushima yang Sarat akan Tema Samurai

Game altertnatif Ghost of Tsushima

Listicle

7 Game Alternatif Ghost of Tsushima yang Sarat akan Tema Samurai

Game eksklusif PS4 Ghost of Tsushima baru saja rilis kemarin. Seperti yang sudah diketahui bersama, game open world yang menampilkan keunikan pulau Tsushima di zaman feodal Jepang ini sedang cukup ramai dibahas. Dengan peranmu sebagai samurai bernama Jin Sakai, game Ghost of Tsushima punya alternatif keistimewaan dari kebebasanmu untuk mengubah fokus gaya bermain entah dengan langsung menjadi seorang samurai atau selalu mengendap-endap seperti “ninja”.

Sembari juga ketika menjelejahi tanah pulau Tsushima dengan grafis yang penuh warna maupun ultra klasik ala film-film Akira Kurosawa, game ini juga ikut membawa premis kisah dari munculnya invasi pasukan mongol yang hendak merongrong pulau tersebut.

Menariknya, kami tahu bahwa tidak semua dari kalian mungkin punya kesempatan untuk menikmati game yang nampak siap mengakhiri pesona keeksklusifan konsol PS4 itu. Atas berbagai pertimbangan yang ada, kalian sejauh ini mungkin hanya bisa merasakan kemeriahan game Ghost of Tsushima melalui platform video sharing atau malah hanya dengan menonton sang streamer idolamu bermain.

Sehingga melalui hal tersebut, kami pun kembali rindu untuk memberi kalian sejumlah rekomendasi alternatif dari game Ghost of Tsushima yang sekiranya menarik buatmu. Dan apa yang kami tampilkan ini pastinya bisa cukup merespresentasikan setting budaya samurai di masa lampau ala Ghost of Tsushima walau dikemas dengan konsep atau format gameplay yang berbeda.

Yuk langsung saja kita simak.

 

Shadow Tactics: Blades of the Shogun

Genre: Stealth, Real Time Tactics

Platform: PC, PS4, dan Xbox One.

Bayangkan bila game taktik real-time seperti commandos mengambil setting di era-era zaman Edo. Shadow Tactics: Blade of Shogun sendiri adalah sosok game yang mampu menjawab tantangan tersebut.

Walau diformatkan secara isometrik, kamu akan berperan sebagai sejumlah karakter pendekar yang masing-masing memiliki spesialisasi yang sangatlah bermacam-macam. Ada yang berfungsi seperti layaknya Samurai, Ninja, pencuri, hingga tukang sabotase dalam usahamu untuk menyelesaikan misi serta membunuh target.

Game ini pada dasarnya sangat membawa nuansa stealth yang begitu kental. Namun, kelseluruhan aspeknya tetap benar-benar berhasil digarap dengan sangat baik. Bahkan sampai melebihi kualitas dari game-game yang sudah lama mempelopori genrenya.

 

Way of Samurai 4

Genre: Action-Adventure

Platform: PC, PS3

Franchise game ini dikenal memiliki setting yang agak lebih modern untuk tema Samurai. Karena ceritanya, kamu hidup pada era Meiji, atau merupakan era yang begitu diakrabi oleh berbagai isu-isu asimilasi dari bentuk kolonialisasi bangsa-bangsa barat.

Way of Samurai 4 menawarkan kebebasan untuk bereksplorasi dalam skala yang kurang lebih mirip seperti game Yakuza. Hanya saja, ada banyak arah cerita yang bisa kamu bentuk dari game ini lewat keanekaragaman endingnya.

Selain itu, game ini juga secara lengkap memuat fitur mengkustomisasi penampilan karaktermu hingga memilih opsi-opsi stance (gaya bertarung) sampai ke jenis senjata yang digunakan. Lalu belum ditambah dengan tersedianya berbagai aktivitas mini game menarik yang bisa kamu cerna.

 

Samurai Shodown

Genre: Fighting

Platform: PC, PS4, Xbox One, Switch

Sesuai dengan judulnya, game ini memang membawakan tema tentang Samurai namun dengan nafas genre fighting. Disamping itu, seri Samurai Shodown sendiri pada dasarnya juga merupakan salah satu franchise game lawas yang dipunyai oleh SNK (dari pencipta King of Fighter).

Franchise tersebut pun tak lama telah menelurkan suatu seri game baru dengan kemasan yang sungguh jauh lebih terkesan modern. Karakter-karakter nyentrik yang dihadirkan cukup menyimpan segudang daya tarik.

Walau tak semua tokoh rosternya merupakan samurai yang bersenjatakan sebilah atau dua bilah katana, bentuk representasi gaya Anime yang ditunjukan tetaplah begitu menarik. Karena game ini sendiri cukup berani menampilkan unsur “gore” lewat aksimu dalam menyabet-nyabet musuh.

 

Onimusha Warlords: HD Remaster

Genre: Action-Adventure

Platform: PC, PS4, Xbox One, Switch

Franchise game lawas Capcom yang telah sukses memberi suatu sentuhan supernatural pada tema historikal Jepangnya di era Sengoku. Kamu kenal kan dengan Nobunaga Oda ? Coba bayangkan jadinya bila ia rela bersekutu dengan iblis demi memuaskan dahaga hegemoninya ?

Hal itulah yang akan coba kamu cegah lewat peranmu sebagai Samanosuke Akechi dalam game Onimusha. Kamu sendiri akan berupaya untuk membasmi para iblis yang dinamai genma tersebut.

Gameplaynya sendiri memuat sebuah hasil perpaduan yang begitu menarik dari konsep action hack’n slash dan eksplorasi dengan sudut pandang fixed camera yang sangat diinspirasikan dari gaya gameplay Resident Evil (klasik).

 

Nioh

Genre: Action-Adventure

Platform: PC, PS4

Game ini mengambil sedikitnya referensi yang kurang lebih mirip seperti Onimusha. Walau sama-sama mengambil setting di era Sengoku, format gameplay yang dihadirkannya jauh lebih dibuat senada dengan Dark Souls.

Dengan cukup kuatnya bumbu supernatural yang dibawa, kamu di sini justru akan berperan sebagai seorang bule Samurai dari Irlandia bernama William yang pergi ke jepang dalam misi untuk mengejar seseorang.

Sepanjang perjalanan, William akan menjumpai berbagai pengalaman luar biasa yang melibatkan keberadaan Yokai, sampai ke hal yang menyinggung upaya Ieyasu Tokugawa dalam menaklukkan seluruh Jepang.

Bila kebetulan kamu juga mempunyai konsol PS4, kamu juga bisa memainkan sekuel keduanya yang masih hanya dirilis secara eksklusif di sana.

 

Samurai Warriors: Spirit of Sanada

Genre: Action-Adventure

Platform: PC, PS3, PS Vita, PS4, Switch

Dibandingkan dengan seri Samurai Warriors yang lain, Spirit of Sanada adalah salah satu rekomendasi paling utama yang tak bisa kamu kesampingkan.

Meski termasuk seri Spin-off, Samurai Warriors: Spirit of Sanada tetap menawarkan kualitas yang tidak hanya terpancar dari gameplay musou dan penambahan sedikit karakter barunya saja. Sebuah romantisasi fokus menarik pada riwayat hidup klan Sanada benar-benar menjawab rasa kespesialan yang ingin coba dituangkan.

Game ini pun juga membawa adanya unsur replaybility yang cukup tinggi. Dimulai dari aspek gameplay untuk mengeksplorasi kota, menikmati segudang aktivitas mini game, berinteraksi dengan para NPC, sampai menjelajahi sejumlah area berbahaya ala game dungeon crawling sebelum hendak mulai menjalankan cerita peperangan yang sesungguhnya.

 

Sekiro: Shadows Die twice

Genre: Action-Adventure

Platform: PC, PS4, Xbox One

Termasuk game yang sama sekali tidak bisa diragukan lagi kualitasnya, apalagi demi menjadi alternatif game utama bagi Ghost of Tsushima. Dimana game ini sempat resmi dinobatkan sebagai game terbaik di antara yang terbaik pada event TGA (The Game Awards) 2019 kemarin. Ya siapa lagi kalau bukan Sekiro: Shadows Die Twice ?

Game yang digarap oleh developer Dark Souls tersebut membawa premis tentang keberadaan seorang shinobi yang tengah berjuang untuk melindungi serta menyelematkan tuannya yang tengah diincar. Walau tak berperan langsung sebagai Samurai, kamu pun di sini tetap akan menjumpai banyak pendekar samurai-samurai dari akhir era Sengoku yang cukup garang serta berbahaya. Belum ditambah dengan keberadaan monster mistisnya.

Dengan adanya tambahan aspek fitur untuk bisa bermain secara mengendap-endap sampai memanfaatkan kemampuan tangan prostetik, tentu kamu bisa membayangkan bukan bagaiamana keseruan yang bisa kamu dapat dari setiap kegagalanmu di game ini ?

 

 

 

Continue Reading
Avatar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top