Connect with us

Deretan game dengan dukungan cross-play, fleksibel bisa dimainkan di berbagai platform!

cross-play

Listicle

Deretan game dengan dukungan cross-play, fleksibel bisa dimainkan di berbagai platform!

Umumnya kita bermain game di platform tertentu sesuai dengan perangkat yang kita miliki. Misalnya mobile (Android & iOS), konsol atau bahkan PC yang serba bisa. Seiring berkembangnya teknologi, ada beberapa judul game yang bisa kita mainkan di berbagai macam jenis platform. Bukan hanya itu saja, player yang bermain di platform yang berbeda bahkan bisa bertemu. Itulah yang kita sebut dengan instilah cross-play atau cross-platform.

Secara umum istilah ini digunakan untuk mendefiniskan sebuah game yang tersedia di berbagai platform. Menariknya, mereka juga bisa saling bertemu satu sama lain dan bermain bersama secara online. Beberapa tahun terakhir kita menemukan deretan judul game yang sudah mendukung cross-play. Bukan hanya konsol dan PC saja, bahkan kalian juga bisa bertemu player yang bermain lewat perangkat mobile alias smartphone. Sudah tidak sabar? Simak deretan game yang mendukung fitur cross-play atau cross-platform di bawah ini:

1. “World of series Blitz” (Tanks & Warships)

Wargaming merilis game peperangan yang cukup menarik dan otentik. Apalagi kalau bukan dua game bertema kendaraan perang darat dan laut, yakni World of Tanks dan World of Warships versi Blitz. Kedua game tersebut mendapatkan versi khusus yang hadir untuk berbagai jenis platform.

Menawarkan pengalaman dan mekanisme perang yang otentik, player akan mengendalikan sebuah tank ataupun kapal di sebuah medan perang. Dengan dukungan cross-play kamu bisa memainkan game ini lewat PC dan mobile (Android & iOS). Bahkan yang lebih menarik, versi Blitz-nya cenderung lebih ringan jika kamu memainkannya lewat PC.

2. Dota Underlords

Valve di kala itu tidak mau kehilangan momentum ketika booming-nya game “Auto Chess“. Meskipun pada dasarnya Auto Chess sendiri lahir dari custom game di Dota 2, pada akhirnya tidak sedikit developer atau studio game yang merilis game sejenis. Lewat Dota Underlords, Valve berusaha untuk mengisi slot game dengan genre auto-battler ini.

Tentu saja, unit-unit yang ada merupakan hero dari Dota 2. Valve juga merilis Dota Underlords di PC dan mobile (Android & iOS), menariknya lagi seluruh pemainnya bisa saling bertemu dan bertanding satu sama lain. Lebih fleksibel, kamu juga bisa menikmati keseruan Dota Underlords lewat PC maupun perangkat mobile alias smartphone dimana saja dan kapan saja.

3. Hearthstone

Blizzard lewat Hearthstone menghadirkan game kartu alias trading card game mengadaptasi semesta Warcraft. Permainan kartu ini cukup menarik dengan mekanisme yang mudah untuk dipelajari namun sulit menguasainya. Kamu dituntut membuat sebuah deck dengan kombinasi hero maupun kartu kalian supaya combo-nya berjalan dengan baik.

Sebagai salah satu game yang mendukung fitur cross-play atau cross platform, Hearthstone bisa kamu mainkan lewat PC maupun mobile (Android & iOS), bisa main sambil rebahan juga kan?

4. Brawlhala

Meski Brawlhalla telah rilis sejak tahun 2014 lalu, di tahun 2020 ini akhirnya Ubisoft merilisnya di platform mobile. Dengan rilisnya Brawlhalla versi mobile ini juga mendukung fitur cross-play, sehingga player di PC, konsol dan mobile bisa bermain bersama. Game fighting seperti ini memang paling seru si kalo dimainin bareng-bareng. Lebih fleksibel juga, kalian bisa beremain lewat platform yang berbeda.

5. Legends of Runeterra

Legends of Runeterra merupakan game kartu atau yang lebih dikenal dengan Collectible Card Game (CCG) yang mengadaptasi semesta League of Legends. Tentu saja kalian bisa membuat deck berisikan champion dan kartu pelengkap lainnya dari masing-masing region. Menariknya, game ini juga telah rilis di platform PC dan mobile (Android & iOS). Pastinya, karena kita membahas game cross-platform, Legends of Runeterra mendukung fitur tersebut.

Jika kalian ingin bermain dengan layar yang lebar bisa bermain di PC, namun jika kalian sedang diluar atau ingin main sambil bersantai bisa lewat smartphone.

6. Among Us

Among Us, game ini beberapa waktu lalu sempat meledak dan dimainkan oleh banyak orang. Bukan hanya kalangan gamer saja yang memainkan Among Us, mereka yang penasaran dan mungkin tidak terlalu tertarik dengan game juga ikut menjajal. Keseruan menjadi saling tuduh-menuduh serta memfitnah memang terbungkus rapi dalam game yang satu ini. Bermain sebagai kru pesawat, disaat bersamaan ada player yang menyamar dan ingin membunuh seluruh kru. Mampukah kalian menebak siapa pelakunya dan menyelesaikan seluruh tugas? Atau kalian lah yang menjadi mangsa impostor.

Bisa dimainkan lewat PC dan mobile, tentu saja game ini mendukung cross-platform. Sayangnya versi PC-nya berbayar di Steam, sementara versi mobile-nya gratis alias free to play.

7. Genshin Impact

Satu lagi yang tidak boleh kita lewatkan sebagai salah satu game yang mendukung cross-platform. Tahun 2020 miHoYo merilis game yang mereka kerjakan dengan cukup ambisius. Tidak lain adalah Genshin Impact, sebuah game open-world dengan visual yang indah ala Zelda namun bisa menguras dompet kalian dengan gacha-nya. Terlepas dari semua itu, game ini memang cukup menarik, nuansa anime yang begitu kental bakal kalian temukan di Genshi Impact.

Rilis di beberapa platform, seperti PC, PS4 dan juga mobile (Android & iOS), Genshin Impact hanya mendukung cross-play antara PC dan mobile. Benar sekali, fitur co-op di Genshin Impact bisa menghubungkan antara player PC dan mobile, sementara player PS4 hanya bisa bermain dengan sesama player PS4.

 

Mana nih game cross-play yang sudah kamu mainkan? Seru bukan bisa main dimanapun sesuai dengan fleksibilitas kita.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top