Connect with us

Tips Mengatasi Lag Saat Bermain Game di Android

tips

Berita Terkini

Tips Mengatasi Lag Saat Bermain Game di Android

Saat ini banyak sekali game Android yang memiliki grafis dengan kualitas tinggi dan bahkan setara dengan game PC atau konsol, untuk para gamer tentunya game dengan grafis yang memukau bisa memberikan kepuasan tersendiri ketika bermain.

Seperti yang kalian ketahui, tidak semua smartphone Android bisa menjalankan game-game berkualitas tinggi, seperti misalnya PES, FIFAPlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Arena of Valor, Mobile Legends: Bang Bang, dan banyak lagi.

Game-game yang disebutkan di atas membutuhkan performa smartphone yang tinggi, sehingga apabila spesifikasi terlalu rendah akan terjadi lag ketika bermain game.

Nah, untuk itu ada beberapa tips mengatasi lag saat bermain game bagi pengguna Android. Berikut tips mengatasi lag saat bermain game di Android.

1. Ketika bermain game, pastikan daya baterai tidak kurang dari 20%

Game-game bergrafis tinggi membutuhkan daya baterai yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan komponen-komponen utama smartphone seperti Processor, GPU, dan RAM membutuhkan daya baterai yang tinggi, sehingga Processor tidak bisa memaksimalkan kinerjanya.

Jadi, jangan heran saat daya baterai kurang dari 20%, bermain game menjadi tidak lancar. Oleh karena itu, usahakan baterai dalam keadaan terisi penuh saat bermain game.

2. Jangan bermain game saat sedang mengisi daya baterai

Ketika kamu sedang mengisi daya smartphone-mu, lebih baik jangan digunakan untuk bermain game. Selain menurunkan kinerja smartphone, komponen penting, seperti Processor, RAM, dan GPU akan cepat rusak.

Jadi, tunggu sampai baterai smartphone-mu terisi penuh, setelah itu barulah kamu bermain game.

3. Tutup aplikasi lain yang sedang berjalan

Sebelum bermain game, sebaiknya tutup aplikasi lain yang sedang berjalan untuk menghindari lag. Terutama untuk martphone dengan RAM yang rendah, hal ini akan berdampak pada game yang kamu mainkan menjadi tidak lancar.

Jadi, sebelum bermain game, tutup semua aplikasi lain agar bermain game berjalan lebih maksimal.

4.  Pastikan selalu mengupdate game yang kamu mainkan

Jika game yang kamu mainkan masih terasa lambat, maka cobalah untuk mengecek game yang ingin kamu mainkan tersebut apakah terdapat update terbaru. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya bug.

Jadi, selalu mengecek game yang kamu mainkan di Google Play Store, jika ada versi terbarunya, langsung saja update agar game menjadi lebih lancar saat dimainkan.

5. Ubah setting grafis game ke low mode

Meskipun menurunkan kualitas grafis, namun hal ini bisa membuat game yang kamu mainkan menjadi lebih lancar. Mungkin kamu akan mengeluhkan kualitas grafisnya, namu Apalah artinya kualitas tinggi jika game yang kamu mainkan menjadi lag.

Jadi, ubah setting grafis game yang kamu mainkan ke low mode, agar game menjadi lebih lancar ketika dimainkan.

6. Menghapus cache

Cache merupakan semacam temporary file yang membuat kamu bisa membuka kembali aplikasi yang sebelumnya telah dibuka dengan cepat. Setiap file yang kamu buka akan menghasilkan cache.

Meskipun hal ini cukup membantu sistem kerja smartphone, namun jika kebanyakan akan mengakibatkan lag yang membuat smartphone-mu menjadi berat sehingga bermain game menjadi tidak nyaman.

Cara menghapus cache adalah dengan memilih menu Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.

7. Unistall aplikasi yang tidak terpakai

Jika kamu memiliki beberapa aplikasi yang tidak terpakai di smartphone-mu, maka uninstall saja aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan, hal ini temtunya akan membuat game yang kamu mainkan menjadi lebih lancar.

Cara uninstall aplikasi yang ada di smartphone-mu adalah dengan memilih menu Setting, kemudian pilih Aplikasi yang ingin dihapus, lalu pilih Uninstall.

Itulah tips mengatasi lag saat bermain game di Android, jika kamu mengetahui tips lainnya untuk dibagikan, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Newsletter

Trending

Tag

Advertisement
To Top