[Review] Homescapes – Sekuel Gardenscapes yang Tidak Kalah Seru

Homescapes

Setelah sukses dengan Gardenscapes yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali, kini Playrix menghadirkan sekuel dari game Gardenscapes yang bertajuk Homescapes. Game ini masih berhubungan dengan Gardenscapes karena karakter seorang butler yang ada di game sebelumnya masih hadir di sini dan cara bermainnya pun sama.

Story

Homescapes mengambil cerita dari seorang butler yang kembali ke rumah lamanya di mana ia pernah menghabiskan masa kecilnya di sana. Rumahnya tampak luas, namun terbengkalai. Butler tersebut merasa tertantang untuk membersihkan rumah lamanya itu dan juga mempercantik rumahnya.

Selain itu ia juga memiliki masalah lain,  ia harus menghadapi kedua orang tuanya yang menyuruhnya untuk menjual rumahnya karena rumah tersebut terlalu luas untuk seusia mereka. Di sini ia harus meyakinkan kedua orang tuanya agar mereka mau berubah pikiran untuk tidak menjual rumahnya itu.

Gameplay

Untuk menyelesaikan task pada game ini, seperti membeli barang atau membersihkan ruangan, kamu harus bermain puzzle terlebih dahulu untuk mendapatkan bintang. Biasanya kamu disuruh mendapatkan satu bintang atau lebih untuk dapat menyelesaikan task ini.

Di sini kamu dapat memilih barang mana yang mau diletakkan di rumahmu, biasanya terdapat tiga pilihan, menarik bukan? Selain itu, untuk memainkan puzzle biasanya kamu membutuhkan heart sebagai nyawa, jika heart kamu habis maka kamu harus menunggu beberapa lama.

Kamu bisa mendapatkan heart secara instan dengan mengkoneksikan game ini ke Facebook, lalu kamu tinggal meminta temanmu yang juga memainkan game ini untuk mengirimkan heart.

Puzzle

Cara bermain puzzle di Homescapes adalah mencocokkan 3 atau lebih benda yang sama, Di sini kamu juga akan mendapat booster untuk mempermudah kamu dalam bermain puzzle. Untuk mendapatkan booster selama bermain puzzle, kamu harus mencocokkan dengan jumlah tertentu atau cara tertentu, berikut beberapa jenis booster dan cara mendapatkannya.

  • Rocket: Cocokkan 4 benda yang sama.
  • Paper Plane: Cocokkan 4 benda yang sama dengan baris membentuk kotak.
  • Rainbow Ball: Cocokkan 5 benda yang sama.
  • Bomb: Cocokkan 5  benda yang sama.

Kesimpulan

Game ini menghadirkan beragam tantangan pada permainan puzzle. Di game ini, permainan puzzle menjadi menarik karena adanya simulasi membangun rumah. Selain memiliki gameplay yang menarik, secara visual pun juga menarik dan sangat bersahabat.

Homescapes
Homescapes
Developer: Playrix Games
Price: Free+
Homescapes
Homescapes
Developer: Playrix Games
Price: Free+

Fransiska Aria / sukaon.com

7.8

Gameplay

8.0/10

Graphic

8.0/10

Sound

8.0/10

Control

7.5/10

Story

7.5/10

Pros

  • Visual menarik dan penuh warna.
  • Gameplay dan cerita menarik.

Cons

  • Permainan puzzle tampak sulit meskipun di level rendah.
  • Pay to win.