Connect with us

MUI akan Putuskan Haram Tidaknya Game PUBG Bulan Depan

Berita Terkini

MUI akan Putuskan Haram Tidaknya Game PUBG Bulan Depan

Seperti yang kita ketahui, saat ini PUBG sedang ramai diperbincangkan banyak orang. Game besutan Tencent ini menjadi perbincangan karena MUI sedang mengkaji fatwa haram game PUBG.

Akhrinya permasalahan ini mencapai titik terang setelah berdiskusi dengan pakar psikologi, Kemenkominfo, KPAI, hingga Asosiasi Esports membahas terkait pelarangan PUBG yang dilangsungkan di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Selasa kemarin.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menyampaikan hasil dari diskusi yang telah dilakukan, diperoleh beberapa kesepahaman yang kemudian menjadi catatan atau rekomendasi hasil diskusi.

Pertama, game sebagai produk budaya ini memiliki sisi negatif dan juga sisi positif. Untuk itu, peserta FGD memiliki kesamaan pandangan untuk mengoptimalkan sisi positif game dan salah satu ikhtiar itu adalah mengkanalisasi melalui E-Sport, untuk mengoptimalkan nilai kemanfaatan, memberikan aturan-aturan yang asalnya tanpa aturan, kemudian meminimalisir dampak negatif.

Kedua, untuk kepentingan optimasi kesadaran publik, Komisi Hukum MUI mengusulkan adanya review Permen No. 11 Tahun 2016 yang merupakan ikhtiar pemerintah memberikan pengaturan terhadap game agar bisa lebih tinggi manfaatnya dan dicegah mafsadah (dampak buruk) yang ditimbulkan.

Terakhir, pembatasan usia, konten, waktu dan dampak yang ditimbulkan. Di samping itu juga pelarangan beberapa jenis game yang memang secara nyata berkonten pornografi, perjudian, perilaku sosial menyimpang dan konten yang terlarang secara agama dan juga peraturan perundang-undangan.

Menurut Niam, catatan hasil FGD di atas nantinya akan menjadi acuan atau referensi bagi pembahasan internal Komisi Fatwa MUI.

Sementara itu, Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan mengatakan penerbitan fatwa haram ini penting untuk menjaga kemaslahatan anak-anak muda yang kecanduan bermain PUBG.

“Paling lama satu bulan. Bahkan lebih cepat lebih baik supaya orang tidak bingung, tidak ada keraguan,” ujar Amirsyah di kantor wakil presiden, Jakarta, Senin (25/3).

Jadi, game PUBG belum jadi haram karena tidak ada label haram sejauh ini untuk game tersebut. MUI baru akan memutuskannya bulan depan.

Continue Reading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Newsletter

Advertisement

Trending

Advertisement

Tags

To Top