Connect with us

Panduan Ragnarok X: Next Generation untuk Pemula

Ragnarok X: Next Generation

Tips & Trik

Panduan Ragnarok X: Next Generation untuk Pemula

Ragnarok X: Next Generation, adaptasi dari franchise MMORPG bersejarah, telah resmi diluncurkan di berbagai wilayah Asia Tenggara. RoX: Next Generation adalah adaptasi baru yang berlisensi resmi dari original klasik Ragnarok, memungkinkan pemain untuk sekali lagi menghidupkan kembali hari-hari bahagia mereka di tanah Midgard bersama teman-teman mereka.

Panduan berikut akan membantumu memulai perjalananmu di Ragnarok X: Next Generation ke arah yang benar dengan mengajarkanmu fungsi dasar yang benar-benar perlu kamu ketahui plus tips dan trik untuk membuat leveling karaktermu berjalan dengan baik dalam permainan.

Kelas dalam Ragnarok X: Next Generation

1. Swordsman

Swordsman adalah kelas petarung tim target tunggal dalam game. Mereka dapat menggunakan baju besi terkuat dalam permainan yang membantu mereka mempertahankan kedamaian benua. Dengan kemampuan defensif mereka yang tak tertandingi, mereka biasanya ditemukan di garis depan pertempuran yang berfungsi sebagai garda depan pihak mana pun. Beberapa keterampilan mereka termasuk Bash, Magnum Break, Endure, dan Provoke. Dapat maju ke kelas Knight.

  • VIT Knight yang unggul dalam pertahanan memiliki mobilitas tinggi, dapat menarik aggro, dan berfungsi sebagai tank secara keseluruhan.
  • AGI Swordsman memiliki kecepatan serangan yang tinggi, cooldown singkat, dan kemampuan support.
  • Spear Knight yang memiliki output damage tinggi dengan imbalan cooldown skill yang lebih lama, biasanya dibangun sebagai kelas DPS dan berorientasi pada PVP.

2. Acolyte

Peran utama mereka adalah support dan healer. Mereka kuat melawan bayangan dan monster tipe undead. Acolyte adalah cinta damai tetapi ketika dorongan datang untuk mendorong, mereka menggunakan cahaya suci di dalam diri mereka untuk memukul musuh mereka. Beberapa skill mereka termasuk Heal, Blessing, Holy Light, dan Kyrie Eleison. Dapat maju ke kelas pendeta.

  • Exorcist – memiliki skill dispell dan dapat memberikan efek debuff pada musuh mereka.
  • Force – mereka unggul dalam damage jarak dekat, memiliki defense yang baik, dan memiliki kemampuan regeneratif.
  • Praise – mengeluarkan berbagai mantra debuff.

3. Mage

mereka adalah master dari sihir misterius yang paling mendalam. Bahkan alam pun harus tunduk kepada para sarjana magis ini. Peran utama mereka dalam permainan adalah damage magic dealer AOE jarak jauh. Skill mereka termasuk Fire Bolt, Soul Strike, FireWall, dan Frost Diver. Dapat maju ke kelas Wizard.

  • Ice, lighting  – crowd control dan damage combo.
  • Earth, fire – damage output lambat tapi tinggi.
  • Fire, ghost – waktu casting pendek dan memiliki kemampuan bertahan.
Ragnarok X: Next Generation

4. Thief

kelas ini dapat meluncurkan beberapa serangan dalam sekejap mata. Mereka menggunakan senjata mematikan dan senjata melumpuhkan sebagai gudang senjata utama mereka. Peran mereka dalam game ini adalah damager target tunggal keluaran tinggi. Keterampilan mereka termasuk Brute Force, Ambush, Venom Knife, dan Hiding. Dapat maju ke kelas Assassin.

  • Crit assasin – bergantung pada kritikan serangan dasar dan skill combo untuk menghasilkan sejumlah besar damage.
  • Stealth assassin – mendekati target mereka menggunakan siluman kemudian memberikan damage instan.
  • Poison assassin – menggunakan racun untuk menghasilkan jumlah damage yang terus menerus.
Ragnarok X: Next Generation

5. Archer

Tidak ada musuh yang bisa lolos dari mata maut mereka. Mereka adalah ahli membunuh musuh dari jauh menggunakan berbagai serangan jarak jauh sambil menggunakan jebakan untuk menjaga musuh mereka dari jarak jauh. Skill mereka termasuk Double Strafe, Arrow Shower, Arrow Repel, dan Ankle Snare. Dapat maju ke kelas Hunter.

  • Trap – mengambil keuntungan dari beberapa skill perangkap yang dapat membuat mereka mudah untuk memancing musuh.
  • Ranged attack – mereka memiliki waktu penyaluran yang singkat untuk skill mereka dan memiliki DPS yang stabil.
  • Falcon – memanfaatkan elang peliharaan mereka dan skill mereka. Mereka menangani hawk damage tambahan dan instant boost damage pada saat yang sama.

6. Merchant

Bagi seorang merchant, dunia berputar di sekitar Zennies. Mereka tidak hanya pandai bertarung, tetapi mereka juga pandai dalam pemasaran, menggunakan kios mereka untuk menjual barang-barang mereka yang berbeda. Keterampilan mereka termasuk Midas Touch, Mammonite, Cart Revolution, dan Crazy Uproar. Dapat maju ke kelas Blacksmith.

  • Fleksibel – andalkan kereta dorong tepercaya mereka untuk menangani damage, ditambah fleksibilitas tinggi di medan perang.
  • Berserker – kerusakan serangan tinggi dengan fokus pada skill dukungan.
  • Zeny – kuat dan dapat menangani damage dalam jumlah besar tetapi dengan biaya.

Setiap kelas akan dimulai sebagai Novice. Setelah kamu mencapai persyaratan dasar, kamu dapat melanjutkan ke kelas job pertama kamu ((Swordsman, Archer, Mage, dll). Setelah kamu mencapai level Job level 50, kamu dapat naik ke kelas 2 (Knight, Hunter, Wizard, dll.). Dan akhirnya, setelah kamu mencapai kelas pekerjaan ke-2 level 50, kamu dapat mengajukan permohonan untuk Kelas Kedua yang Dilampaui.

Novice > Kelas 1 (Job level 50) > Kelas 2 (Job level 50) > Kelas Transcended

Penjelasan tentang sistem peralatan

Salah satu hal yang membuat Ragnarok Online sukses adalah fleksibilitas yang diberikan kepada para pemain tentang bagaimana mereka membangun karakter mereka. Ada banyak jenis build dalam game yang bisa kamu coba. Ini biasanya disebut “paths” di game lain. Di RO, build ini terkadang merupakan prasyarat untuk jenis kelas job lain, tetapi sebagian besar waktu, build ini digunakan hanya sebagai apa yang membuat pemain paling menikmati permainan atau yang paling sesuai dengan gaya bermain mereka, dan semuanya dimulai dengan jenis peralatan kamu saat ini.

Build yang berbeda dalam game membutuhkan berbagai jenis peralatan. Sumber terbaik kamu untuk ini adalah berbagai contoh yang dapat kamu selesaikan dalam permainan, mencoba keberuntungan kamu dalam sistem gacha peralatan, atau membeli peralatan tertentu di pusat pertukaran/perdagangan. Dan terakhir, untuk MMORPG mobile manapun, equipment memiliki rank tersendiri yang dimulai dengan gear berwarna putih.

Panduan cara melakukan main dan side quest serta penggunaan sistem auto-path

Hal yang membedakan ROX dengan game mobile RO lainnya adalah jalan cerita utamanya. Tidak seperti iterasi lainnya, ROX memiliki cerita yang mendalam dengan cutscene animasi 3D sepenuhnya di antara quest yang akan semakin membuatmu asyik dengan pengetahuan permainan dan selanjutnya memperkenalkanmu pada karakter berbeda yang akan kamu temui selama petualanganmu.

Sistem auto-path

Pencarian dalam game ini cukup sederhana berkat sistem auto-path. Cukup tap pada quest yang ingin kamu lakukan pada daftar quest yang terletak di sisi kiri layarmu dan karaktermu akan secara otomatis menuju ke lokasi quest.

Cara menggunakan Odin’s Blessing

Odin’s Blessing adalah salah satu fitur terpenting dalam game dalam hal leveling lebih cepat dan farming. Ini mengalikan Base EXP, Job EXP, dan Zeny yang kamu peroleh saat mengalahkan musuh sebanyak 5. Jadi, jika katakanlah kamu mendapatkan 10 EXP dari pembunuhan, saat blessing aktif, kamu mendapatkan 50 sebagai gantinya.

Kegunaan Sistem Guild dan Party

Sebuah game Ragnarok tidak akan lengkap jika tidak ada sistem guild dan party. Party atau tim adalah fitur penting bagi pemain yang ingin bekerja sama dan menyelesaikan berbagai tantangan dalam permainan seperti dungeon raids dan boss instances.

Guild tentu saja adalah salah satu fitur utama yang telah disempurnakan RO selama bertahun-tahun. Bergabung dengan guild akan membuka banyak fitur baru untuk kamu manfaatkan, belum lagi pemain lain yang berpotensi menjadi temanmu.

Bermain solo selalu menjadi pilihan di RO, X tetapi tentunya pemain perlu untuk menemukan guild yang cocok untuk mereka.

Penjelasan tentang Rox Life dan Penggunaan Stamina

ROX tidak memiliki sistem stamina untuk grinding dalam game yang berarti kamu dapat melakukan AFK farm non-stop jika kamu mau. Sebaliknya, staminamu digunakan untuk fitur lain yang disebut RO Life, yang merupakan “Life System” yang setara dengan game lain. Di RO Life, kamu dapat menghabiskan stamina kamu untuk berbagai aktivitas seperti memancing, menambang, berkebun, memasak, dan kerajinan. Berpartisipasi dalam kegiatan ini akan membawamu berbagai bahan dan bahan untuk membuat barang-barang penting untuk petualanganmu. Habiskanlah staminamu sebanyak mungkin agar tidak sia-sia.

Sistem Carnaval dan Aktivitas Harian

Sistem carnaval memungkinkanmu dapat melihat hal-hal yang dapat kamu lakukan dalam permainan serta berbagai kegiatan sehari-hari yang dapat kamu ikuti. Tak perlu dikatakan lagi bahwa kegiatan ini memberimu hadiah. Kegiatan ini memiliki batas harian.

  • Dungeon Instance– Kamu dapat berpartisipasi dalam dungeon 3 kali sehari.
  • Mission Board – Kamu dapat menyelesaikan misi 10 kali sehari.
  • COC Mission – Kamu dapat memilih hadiah Anda apakah itu koin gacha untuk perlengkapan kepala, peralatan, atau kartu.
  • Tavern Mini-games – Kamu dapat berpartisipasi dalam game pendek tapi menyenangkan 3 kali sehari.
  • Guild orders – mirip dengan papan misi tetapi kamu harus berada di serikat untuk melakukan ini. Anda dapat menyelesaikan pesanan serikat 8 kali sehari.
  • OX Quiz – berpartisipasi dalam mini-game ini dan lihat seberapa banyak yang Anda ketahui tentang ROX.
  • Fishing Contest – berpartisipasi dalam konten memancing pemain versus pemain dan cobalah untuk mendapatkan ikan terbesar dan terlangka yang Anda bisa.a.

Sistem Trade dan Exchange

Tidak ada perdagangan pemain-ke-pemain langsung di ROX. Jika kamu tahu cara kerja monetisasi game seluler, kamu pasti sudah mengharapkan ini sejak awal. Di game ini terdapat Exchange center di mana kamu dapat melelang berbagai item dalam permainan dan membeli beberapa dari pemain lain menggunakan mata uang pertukaran yang disebut Crystal. Crystal dapat digunakan untuk membeli barang yang dilelang oleh pemain lain. Mereka juga dapat diubah menjadi Diamond, mata uang lain dalam permainan, yang dapat kamu gunakan untuk membeli barang-barang tertentu seperti peralatan langka dan sebagainya.

Glory Pass

Glory Pass di ROX adalah Battle Pass dari game ini. Glory Pass bisa dibeli menggunakan diamond atau top-up (uang asli). Setiap battle pass baru akan berisi set item terbatas baru yang hanya bisa kamu dapatkan untuk pass tertentu itu. Pass memiliki serangkaian pencapaian yang harus kamu capai untuk mendapatkan hadiahnya. Ini termasuk kostum terbatas, headgear, mounts, avatar border, customized chat heads, dan banyak lagi.

Ragnarok X Generation Ramah untuk Free Player

Ragnarok X: Next Generation ramah untuk Free player karena hampir semua item dalam game dapat diperoleh melalui perencanaan yang tepat, grinding, aktif setiap hari, dan menyelesaikan semua aktivitas sehari-hari. Kamu masih dapat mencapai dan mengalami semua yang ditawarkan permainan selama kamu selalu aktif.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top