Connect with us

5 Cara Memainkan Game PSP di Android

Cara Memainkan Game PSP di Android

Tips & Trik

5 Cara Memainkan Game PSP di Android

Suka On – Mungkin Anda pernah berpikir ingin membeli PSP untuk bisa bermain game. Namun kemudian Anda mengurungkan niat setelah Anda melihat harga yang cukup mahal dan fungsinya yang “untuk bermain game”. Dan pada akhirnya tidak jadi beli, tapi jika Anda sangat ingin bermain game PSP tanpa beli PSP Anda bisa bermain gamenya di Android. Lalu bagaimana cara memainkan game PSP di Android?

Spek Android yang Bisa Memainkan Game PSP

Cara Memainkan Game PSP di Android

Sebelum menuju ke langkah-langkahnya yang selanjutnya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar bisa memainkan game PSP dengan lancar dan tanpa ada gangguan. Berikut ini adalah spesifikasi minimum Android untuk bisa menjalankan emulator PPSSPP.

  • Minimal OS Android versi Gingerbread 2.3.6 atau bisa lebih tinggi
  • Processor 1GHz atau bisa lebih tinggi
  • Minimal kapasitas RAM 512 MB atau bisa lebih tinggi

Berhubung karena handphone saat ini sudah mempunyai spesifikasi yang sangat canggih, dan rata-rata handphone yang ada saat ini sudah mempunyai RAM di atas 1 GB, prosesor Quad Core sehingga dijamin Anda dapat memainkan game PSP dengan grafis yang baik tanpa lag sedikitpun.

Cara Memainkan Game PSP di Android

Cara Memainkan Game PSP di Android

Ikuti langkah langkah berikut ini jika Anda ingin memainkan game PSP di Android.

1. Download Emulator PSP

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan Download Emulator PSP nya! sebenarnya tersedia banyak emulator PSP untuk Android, namun disarankan untuk menggunakan PPSSPP. Mengapa demikian? Karena kualitasya yang baik dan sudah banyak yang menggunakan. Sementara itu, PPSSPP ini juga telah terbukti lancar dan jarang di temukan lag ataupun eror. (kecuali jika device tidak support atau file game yang rusak). Anda bisa cari emulator PPSSPP ini di Google PlayStore atau bisa dengan link ini.

2. Install dan Buka Aplikasi PPSSPP

Saat Anda sudah membuka aplikasinya tampilannya akan sederhana. Sampai sini, Anda masih belum bisa untuk memainkan game PSP nya. Anda harus mendownload sendiri lagi file game untuk bisa dimainkan di android Anda dengan PPSSPP ini. Karena emulator PPSSPP ini hanya berfungsi sebagai media dalam menjalankan game nya saja.

3. Download File Gamenya

Untuk mempunyai dan bisa bermain game nya Anda hanya perlu download file game nya yang biasanya memiliki format .iso atau .cso. File game tersebut tidak tersedia di PlayStore atau website resmi PPSSP. Namun Anda bisa mencari file game nya hanya dengan gabung grup PPSSPP di Facebook. Lalu mencari link nya di grup tersebut dan download game nya.

Atau Anda juga bisa mencari di web browser lalu download file game nya. Dan untuk Anda yang ingin cepet, disarankan untuk download game nya di Fizer dengan menggunakan link di bawah ini.

Di dalam link ini tersedia banyak game PPSSPP dan Anda bisa search game yang Anda inginkan. Disarankan unruk ke link tersebut karena saat proses download nya tidak se ribet yang ada di blog ataupun web lain. Anda hanya tinggal mengikuti saja petunjuk nya lalu download file gamenya.

Catatan :*Perhatikan judul di setiap game yang ada. Jika pada judul terdapat kata ISO/CSO berarti game tersebut dapat di main kan di PPSSPP. Namun jika judul nya hanya ada kata PSX/ePSXe maka file tersebut merupakan game yang hanya bisa di mainkan untuk emulator PS1 di PC. Dan nantinya file yang terdownload masih berupa file .zip (jadi file perlu di ekstrak)

4. Ekstrak File Game nya

Karena file yang akan di download masih berupa file .zip jadi Anda belum bisa memainkan game nya. Anda perlu mengekstraknya lebih dulu. Dilangkah ini Anda memerlukan bantuan dari sebuah aplikasi pengekstrak file yang bernama ZArchiever, download terlebih dahulu file nya di PlayStore atau bisa klik link ini.

Langkah-langkah mengekstrak file :

  1. Langkah pertama, silahkan Anda buksa aplikasi ZArchiever yang sudah di download
  2. Kemudian, cari File game yang masih dalam format .zip melalui aplikasi ZArchiever nya
  3. Tekan File game yang akan di ekstrak
  4. Lalu, pilih Extract Here (biasanya file akan meminta password, untuk file yang sudah di download dari Fizer Game  isi passwordnya dengan www.fizergame.tk)
  5. Tekan OK dan tunggu sampai file nya selesai di ekstrak dengan sempurna.
  6. tahap pengekstakan file game sudah selesai, tapi kamu perlu mengingat dimana tepatnya folder mengekstrak file game tersebut.

5. Buka dan Anda Bisa Mainkan Gamenya

Setelah file game sudah selesai di extract, pastikan Anda ingat dimana foldernya. Lalu silahkan Anda buka aplikasi PPSSPP nya dan cari folder game yang sudah Anda extract tadi. Kemudian klik di ikon game nya.

6 Game PSP Android

3 Cara Memainkan Game PSP di Android

Playstation Portable (PSP) merupakan sebuah konsol game handled yang pernah populer pada masanya. Anda bisa memainkan game di mana saja dengan PSP.

Namun saat ini fungsi PSP sudah digantikan dengan handphone. Keberadaan game-game Android tidak kalah mantap. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas game PSP membuat rindu untuk memainkannya. Dengan adanya emulator PPSSPP, Anda dapat memainkan game-game PSP di Android loh.

Berikut ini game terbaik dan populer PSP yang bisa Anda mainkan di Android.

1. WWE Smackdown vs RAW 2011

WWE ini merupakan game yang sangat populer di awal 2000-an. Game-gamenya juga tersedia banyak. Termasuk salah satunya ekslusif untuk PSP. WWE: Smackdown vs RA ini menjadi salah satu game yang terbaik. Tersedia banyak pilihan pegulat yang populer dan tentunya sangat asyik di mainkan di Android Anda.

2. God of War – Ghost of SpartaGod of War – Ghost of Sparta (gamespot.com)

God of War ini masuk ke dalam game-game ekslusif PSP. Bermain game seri petualangan ini memang akan selalu menarik. Game mempunyai cerita khusus yang bahkan bisa menjadi kunci mengapa Kratos memilih melakukan semua petualangannya.

3. Grand Theft Auto – Vice City Storiesilustrasi trilogi Grand Theft Auto (oneesports.gg)

Grand Theft Auto alias GTA ini pasti wajib masuk dalam list game PSP yang bisa di mainkan di Android. Para pecinta game open-world ini tentunya akan sangat menarik dan menantang. Walaupun Android sudah di sediakan seri GTA, namun bermain game Vice City sangat menyenangkan.

4. Naruto Shippuden – Ultimate Ninja ImpactGame

Animasi dan manga Naruto Shippuden selalu mempunyai tempat di hati para penggemarnya. Maka, saat ini banyak game-game yang bermunculan soal Naruto dkk.

Tidak terkecuali di PSP. Ada sebagian seri game Naruto. Salah satu yang terbaik yaitu Naruto Shippuden-Ultimate Ninja Impact. Anda dapat bertualang berjam-jam untuk menyelesaikan satu per satu misi yang telah di buat sesuai dengan animasi dan manganya ini.

5. Tekken 6

Para pecinta game fighting tentunya akan selalu memasukkan Tekken ke dalam list wajibnya. Untuk game PSP, ada Tekken 6 yang harus di mainkan. Bahkan game ini sangat mirip dengan seri konsolnya di PS 2.

6. Harvest Moon: Hero of Leaf ValleyHarvest Moon di PSP (idharvest.my.id)

Harvest Moon ini sangat populer dalam seri Play Station 1. Game ini juga di buat khusus untuk versi PSP dengan adanya grafis yang lebih baik. Anda bisa bertani dan beternak bahkan bisa membangun kehidupan asmara melalui game Harvest Moon: Hero of Leaf Valley ini. Tersedia empat ending yang menanti jika Anda menamatkannya.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top