Connect with us

Yuk Pahami Cara Bermain UNO Sesuai dengan Aturan yang Benar!

Yuk Pahami Cara Bermain UNO Sesuai dengan Aturan yang Benar!

Berita Terkini

Yuk Pahami Cara Bermain UNO Sesuai dengan Aturan yang Benar!

Tentunya, banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan bagaimana cara bermain UNO. Uno adalah salah satu permainan kartu yang berwarna-warni yang memiliki angka serta simbol. Dulu, Uno ini di ciptakan oleh seorang owner barbershop yang bernama Merle Robbins tepatnya di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1971.

Permainan yang satu ini sangat mengasyikkan karena dapat dimainkan secara berkelompok. Pada umumnya dua sampai sepuluh orang. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa bisa memainkan permainan ini.

Nah pada ulasan kali ini, kita akan membahas tentang tata cara bermain Uno yang dapat Anda tiru. Sebab, permainan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengisi waktu liburan bersama dengan keluarga atau teman-teman.

Penjelasan Mengenai Simbol di Kartu UNO

Yuk Pahami Cara Bermain UNO Sesuai dengan Aturan yang Benar!

1. Kartu angka

Kartu angka mempunyai 4 warna, yaitu merah, kuning, hijau, dan biru. Setiap kartu yang bertuliskan 1 angka mulai dari 0 sampai 9. Angka 1 sampai 9 mempunyai 2 kartu di setiap warna. Selain itu, angka 0 dalam kartu UNO hanya berjumlah 1 kartu di setiap warnanya. Jadi, total dari setiap warna yaitu 19. Sehingga ada 19 merah, 19 kuning, 19 biru, dan ada 19 hijau.

2. Kartu +2

Kartu +2 ini digunakan saat warna kartu teratas sama dengan warna kartu +2 yang Anda miliki, atau sama-sama kartu +2. Pemain selanjutnya yang telah terkena kartu ini dan tidak mempunyai kartu +2 ketika pemain sebelumnya mengeluarkan kartu +2, harus mengambil 2 kartu, dan tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain.

3. Kartu reverse atau putar balik

Kartu reverse ini boleh di keluarkan menyesuaikan dengan warna kartu sebelumnya, atau bisa juga di keluarkan ketika ada sesama reverse card. Adapun, kartu ini berguna untuk mengubah arah permainan, misalnya sebelumnya Anda bermain searah jarum jam. Dengan kartu reverse di keluarkan, maka perputaran permainan tersebut harus berubah berlawanan. Sementara itu, jika ada dua pemain saja, maka kartu ini akan berubah menjadi kartu skip, artinya Anda bisa bermain lagi setelah mengeluarkan kartu ini.

4. Kartu skip

Untuk bisa mengeluarkan kartu skip juga membutuhkan penyesuaian warna atau simbol pada kartu sebelumnya. Fungsi pada kartu ini yaitu memberhentikan pemain selanjutnya sesuai dengan jumlah kartu skip yang akan di keluarkan. Jika kartu ini keluar di awal permainan maka pemain pertama di sebelah kiri pengocok tidak boleh bermain, langsung lanjut kepada pemain kedua.

5. Kartu +4

Kartu +4 hanya boleh digunakan saat Anda tidak mempunyai kartu lain di tangan yang bisa dimainkan. Maksud dari kartu ini hampir sama dengan kartu+2, namun kali ini yang harus di ambil yaitu 4 kartu.

6. Kartu wild

Kartu ini dapat di keluarkan kapan saja, dan pada warna apa saja. Fungsinya adalah untuk mengganti atau memilih warna. Kartu ini biasanya digunakan saat pemain tidak memiliki warna yang ada di bagian atas kartu buangan

7. Kartu blank

Kartu ini bisa digunakan sebagai pengganti kartu yang telah hilang. Misalnya kartu 7 kuning hilang, Anda bisa menggantinya dengan kartu kosong ini. Bisa juga Anda jadikan kartu lain dengan aturan yang Anda buat sendiri. Misalnya menjadi kartu keberuntungan yang dapat digunakan sesuka hati saat hampir kalah.

Cara Bermain UNO Sesuai Dengan Aturan

Yuk Pahami Cara Bermain UNO Sesuai dengan Aturan yang Benar!

Sebenarnya, cara bermain UNO sangat mudah di lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk para pemula yang akan bermain kartu UNO.

1. Kocok kartu lalu keluarkan 7 Kartu Bagi Setiap Pemain

Cara bermain yang pertama pastinya Anda harus mengocok satu set kartu UNO yang telah di siapkan. Lalu, bagikan dengan total 7 kartu bagi setiap pemain. Kartu tersebut akan di bagikan dalam posisi terbalik.

2. Simpan sisa kartu di tengah meja

Cara bermain yang kedua yaitu menyimpan sisa kartu di posisi tengah meja. Setelah di bagikan, maka kartu UNO yang tersisa dapat diletakkan dengan posisi tengkurap atau menghadap ke bawah. Tumpukan kartu tersebut akan di gunakan oleh para pemain untuk bisa mengambil kartu baru.

3. Ambil dan Buka Kartu Paling Atas dari Tumpukan Kartu

Setelah itu, Anda bisa ambil kartu yang paling atas dan simpan pada bagian samping tumpukan kartu dengan posisi secara terbuka atau angka dan warnanya terlihat. Kartu tersebut akan di gunaan untuk memulai permainan dan seiring dengan berjalannya permainan. Oleh karena itum kartu tersebut akan menjadi tumpukan atau di sebut buangan.

4. Keluarkan Kartu Sesuai Warna, Nomor, Atau Simbol Pada Kartu Yang Telah Dibuka

Lalu, para pemain harus mengeluarkan kartu berdasarkan warna, kata, nomor, dan juga simbol yang sama persis dengan kartu yang terbuka di tengah meja. Misalnya saja, jika kartu yang terbuka di tengah meja merupakan kartu angka 8 yang berwarna hijau, maka Anda bisa mengeluarkan kartu angka berapa saja yang berwarna hijau dan kartu dengan warna apa saja yang mempunyai angka 8.

5. Ambil Kartu dari Tumpukan kartu jika tidak memiliki kartu

Ketika Anda mendapatkan giliran dan tidak ada kartu dengan nomor, warna, maupun simbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja. Maka, Anda bisa ambil satu kartu dari tumpukan kartu lalu simpan.

6. Perhatikan Antara Kartu Aksi dan Kartu Biasa

Saat Anda sedang bermain, perhatikan kartu apa saja yang bisa dikeluarkan. Apakah itu merupakan kartu aksi ataupun kartu biasa. Kartu biasa adalah salah satu kartu yang hanya berisi angka biasa. Sementara untuk kartu aksi merupakan kartu yang memiliki aksi sesuai dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya. Keluarkan semua kartu tersebut sama seperti yang ada di dalam kartu buangan.

Perhatikan hal-hal tentang kartu berikut ini, jika pemain pertama mengeluarkan kartu aksi sebagai berikut:

  • Skip : Maka Anda tidak bisa bermain, hal itu artinya giliran akan langsung di berikan kepada pemain ketiga.
  • Wild : Maka Anda harus mengeluarkan kartu yang sesuai dengan warna yang telah di tentukan oleh pemain pertama.
  • Draw two (+2) : Anda harus mengambil 2 kartu dan tidak bisa mengeluarkan kartu.
  • Wild draw four (+4) : Maka Anda harus mengambil 4 kartu, atau bisa memberikan sebuah challenge atau tantangan kepada pemain pertama (seperti yang telah di jelaskan sebelumnya).

7. Katakan “UNO” Ketika Kartu Tersisa Satu Di Tangan

Permainan akan secara terus menerus berjalan sampai ada satu pemain yang hanya memiliki satu kartu saja di tangannya. Di tahapan ini, pemain yang hanya mempunyai satu kartu di tangannya harus mengatakan “UNO”. Jika pemain tersebut tidak mengatakan hal tersebut, maka Ia akan mendapatkan hukuman saat pemain lain mengetahuinya.

8. Mainkan Kartu Terakhir Untuk Menang Dalam Permainan

Setelah hanya tersisa satu kartu saja dan Anda sudah mengatakan “UNO”, maka Anda bisa mengeluarkan kartu tersebut di putaran berikutnya. Apabila bisa mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain selesai, maka Anda akan memenangkan permainan ini.

9. Menghitung score

Score pada permainan ini akan di hitung ketika sudah ada satu pemain yang memenangkan permainan ini dan kartu mereka sudah habis. Maka pemain lain yang masih mempunyai kartu akan di hitung scorenya untuk di berikan kepada pemenang di ronde tersebut.

Catat poin bagi setiap ronde permainan dan tetaplah bermain sampai dengan pemain yang mendapatkan 500 poin. Pemain yang telah mendapatkan score 500, maka Ia lah pemenangnya.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisement SukaGawai
Advertisement sukasinema

Like Us On Facebook

Trending

Newsletter

Tag

To Top