Connect with us

Yuk, Ketahui Game Pertama di Dunia

Berita Terkini

Yuk, Ketahui Game Pertama di Dunia

Suka On – Apakah Anda pernah penasaran dengan game pertama di dunia? Game merupakan suatu permainan yang bisa dimainkan menggunakan alat bantu khusus. Manfaat dalam memainkan game ini bisa melepaskan stres dan rasa penat serta bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Game diketahui bisa dimainkan dengan bantuan alat teknologi dan ada juga yang tidak. Game juga tersedia yang bisa dimainkan dengan solo player dan ada juga yang dimainkan dua orang atau lebih.

Perkembangan di dalam dunia game sangat pesat karena teknologi yang semakin maju. Jika pada awalnya game hanya berupa konsol game saja, perlahan dunia game ini mulai melaju dan berkembang saat komputer atau PC dan handphone mulai muncul.

Sejarah Game Pertama di Dunia

Yuk, Ketahui Game Pertama di Dunia

Mengenal tentang sejarah perkembangan game, di ketahui jika Tennis For Two menjadi game pertama yang di buat di tahun 1958. Game pertama di dunia ini di ketahui di mainkan oleh analog komputer. Jadi, cara bermain gamenya akan melakukan simulasi pertandingan tenis dan juga ping pong yang akan di tampilkan di sebuah siloskop.

Di ketahui, Tennis For Two yang di buat oleh seorang ilmuwan Amerika Serikat yang bernama William Higinbotham. Game Tennis For Two ini termasuk di dalam permainan video pertama yang di buat secara grafik.

Ada satu fakta unik yang berasal dari game pertama di dunia ini, yaitu Tennis For Two ini tidak di buat sebagai sebuah permainan yang akan di tujukan untuk komersial. Jadi, awalnya Tennis For Two ini hanya di buat untuk para pengunjung agar tidak merasa bosan ketika mendatangi Laboratorium Nasional Brookhaven di tempat William bekerja.

Walaupun di ciptakan di tahun 1958, game pertama di dunia ini baru akan di kenalkan di publik dan di sebarluaskan di akhir tahun 1970-an dan di awal 1980-an. Tidak heran jika selama ini banyak orang yang menganggap jika Tennis For Two ini bukanlah game pertama di dunia, melainkan game yang bernama Brown Box. Berikut ini adalah urutan game pertama di dunia.

1. Brown Box, Merupakan Julukan Game Pertama di Dunia

Brown Box merupakan sebuah game setelah Tennis For Two yang telah di patenkan dan di kenalkan ke pada publik di tahun 1968. Kemunculannya Brown Box di publik sebelum game Tennis For Two ini yang membuatnya sering di anggap sebagai game pertama di dunia. Game pertama di dunia ini telah di buat oleh Ralph H Baer yang lahir di Jerman tanggal 8 Maret 1922.

Meski lahir di Jerman, Ralph H Baer ini menetap di Amerika Serikat. Brown Box mulai di buat oleh Ralph H Baer pada tahun 1966 oleh perusahaan Sanders. Brown Box game ini sebuah game yang dapat di mainkan dengan memakai kotak berwarna cokelat. Di dalam Brown Box ini ada beberapa permainan yang dapat di mainkan. Mulai dari Checker, Ping-pong, dan permainan olahraga yang lainnya.

2. Pong

Pong ini di kenal sebagai game kedua di dunia yang di rilis pada tanggal 29 November 1972. Sementara itu, Pong adalah salah satu game yang sederhana dengan gameplaynya ala tenis meja.

Selain menjadi game pertama di dunia, Pong yang telah di rancang oleh Allan Alcorn di bawah naungan perusahaan Atari Inc. ini juga telah menjadi salah satu game terpenting di sepanjang masa.

Pasalnya, Pong ini membantu menaikkan popularitas mesin game arcade dan juga membantu membangun video game sampai menjadi industri yang sangat menguntungkan seperti sekarang.

Di tahun perilisannya, telah terjual lebih dari 8 ribu mesin arcade Pong. Kemudian game ini di nobatkan sebagai salah satu game tersukses pertama di dunia yang tercatat di dalam Guinness Book or World Records.

Meski demikian, sebenarnya ada video game rilis lebih dulu sebelum Pong, yaitu Computer Space. Game tersebut di rilis pada 1971 namun kehadirannya tidak sesukses Pong.

3. Spacewar!

Selanjutnya adalah permainan komputer pertama di dunia dengan nama Spacewar! Game ini telah di rancang oleh Steve Russell bersama tim lainnya di tahun 1962.

Spacewar! Ini di buat untuk PDP-1 komputer mini oleh Digital Equipment dengan adanya bantuan dari tim pengembang. Tim pengembang tersebut di antaranya Martin Graetz, Pete Simson dan juga Dan Edwards. Meskipun Spacewar! ini tidak sepopuler game PC terbaik di jaman sekarang, namun game Spacewar! mempunyai gameplay yang sangat menarik dan dapat di mainkan oleh dua pemain.

Nantinya, para pemain dapat mengambil kontrol dalam sebuah pesawat ruang angkasa yang akan mencoba menghancurkan satu sama lain. Spacewar! juga mempunyai pilihan yang sangat unik bernama Hyperspace. Dengan cara memasukkan Hyperspace, para pemain bisa pindah ke lokasi acak pada layar.

Game Pertama di Playstore

Yuk, Ketahui Game Pertama di Dunia

Untuk game pertama yang ada di Playstore adalah Subway Surfers yang mungkin Anda pernah mainkan dulu. Game ini telah menjadi game pertama di Playstore pada tahun 2012 silam. Tidak hanya menjadi sebuah game pertama di Playstore, Subway Surfers ini juga menyandang predikat game terlaris sepanjang masa yang telah di unduh di Playstore.

Sebab, unggahannya yang mencapai hingga 400 juta lebih, baik di dalam Android ataupun iOS. Permainan ini sangat disukai karena sangat ringan untuk dimainkan oleh siapa saja. Game yang berasal dari Denmark ini merupakan sebuah permainan melarikan diri.

Jadi, Anda akan di ajak untuk melarikan diri ke berbagai negara. Subway Surfers ini menampilkan sejumlah kota dari 79 negara yang ada di dunia yang menjadi latar belakang dalam game.

Dari sekian banyaknya kota yang menjadi latar, kota tujuan yang paling populer adalah Peru, Kairo, dan juga Saint Petersburg.

Game Online Pertama di Indonesia

Sementara itu, untuk game online yang pertama kali di Indonesia ada dua macam yaitu Ragnarok dan Nexia. Kedua game online tersebut sama-sama muncul di tahun 2001.

Ragnarok dan Nexia merupakan sebuah game online buatan Korea Selatan. Berbeda dari game Ragnarok yang sampai saat ini masih bisa Anda mainkan, sedangkan untuk game Nexia ditutup pada tahun 2004 dan tidak di perpanjang lisesinya.

Setelah Ragnarok dan Nexia, muncul game online lainnya yaitu Redmoon yang muncul di tahun 2002 dan Laghaim yang hadir di Indonesia pada tahun 2003.

Semua game-game online tersebut adalah game yang bertipe RPG (role playing game). RPG merupakan sebuah game dimana para pemainnya akan menjalankan peran dari suatu karakter tertentu.

Game Pertama di HandPhone

Yuk, Ketahui Game Pertama di Dunia

Setelah Anda mengetahui game pertama di dunia, ada juga game pertama di HP (handphone). Ada beberapa game yang menjadi game pertama di HP diantara lain Snake, Tetris, dan Scramble.

Namun dari ketiganya, Scramble lah yang menjadi game pertama di handphone yang telah di ciptakan oleh IBM dan BellSouth. Game ini berupa puzzle dimana para pemain harus memindahkan kotak-kotak untuk bisa membuat sebuah gambar yang utuh.

Scramble ini pertama kali muncul sekitar tahun 1993. Setelah Scramble, kemudian muncul game Tetris yang keberadaannya lebih populer jika di bandingkan dengan game Scramble.

Jadi, Tetris sering kali di anggap sebagai game pertama di HP. Menyusul game Scramble dan Tetris, ada juga game Snake yang hadir di tahun 1997. Nah, game tersebut menjadi favorit karena di nilai merupakan suatu permainan yang lebih menantang jika di bandingkan dengan kedua game sebelumnya.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisement

Trending

Newsletter

Advertisement
Advertisement

Tag

To Top