Connect with us

Tips, Trik, dan Strategi Bermain Game of Sultans

game of sultans

Tips & Trik

Tips, Trik, dan Strategi Bermain Game of Sultans

Game of Sultans adalah game simulasi RPG yang mengajak kamu untuk merasakan hidup sebagai seorang Sultan, penguasa Eropa dan Timur Tengah. Di game ini kamu akan menyerang benteng musuh, menikah dengan permaisuri yang cantik, dan menguasai dunia.

Nah, bagi kamu yang mengalami kesulitan saat memainkan game ini, saya akan memberikan tips dan trik untuk kamu dalam memainkan Game of Sultans. Berikut panduan, tips, trik, dan strategi bermain Game of Sultans.

Cara Bermain Game of Sultans untuk Pemula

Jika kamu belum pernah memainkan game seperti ini, kamu perlu memahami cara kerja permainan. Di game ini kamu akan menggantikan posisi grand sultan yang meninggal karena sakit. Karena kamu masih baru dan masih muda saat menjadi sultan di game ini, kamu harus mendapatkan experience dan menjadi Grand Sultan (Young Sultan – Master Sultan – Grand Sultan), kamu bisa mendapatkan experience dengan mengalahkan raja musuh dan mengambil alih kastil mereka. Nah, untuk mengalahkan musuh, kamu perlu membangun tim Vizier, Soldier dan meningkatkan atribut sultan, seperti Prestige, Military, Research, dan Political.

Jika kamu naik level, mode permainan lainnya akan terbuka, seperti Arena, Imperial Council, Feast, dan lainnya akan terbuka.

Berikutnya adalah beberapa panduan lainnya, seperti Resource, Vizier, Consort, Masquerade, Heir, dan cara bertempur di Game of Sultans.

Panduan Resource, Heir, Consort, dan lainnya

  • Resource

Ada tiga resource/sumber daya yang kamu butuhkan di dalam game ini, yaitu gold, grain, soldier. gold dapat digunakan untuk meningkatkan Vizier, grain digunakan untuk merekrut soldier dan kamu bisa mengirim soldier untuk menyerang musuh. Kamu dapat mengumpulkan resource ini dari Imperial Parliament. Di Imperial Parliament, akan ada dua karakter, yakni Ahmelek dan Hocas. Ahmelek dapat membantu kamu mengumpulkan resource, seperti wealth, grain, soldier. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak resource dengan menaikkan level Sultan.

Nantinya Hocas akan memberitahu kamu tentang Imperial Affairs. Kamu harus membuat pilihan Ya atau Tidak. Jika Kamu memilih Ya,  kamu akan mendapatkan hadiah item berupa Book, Gold, dan banyak lagi. Namun, jika kamu memilih Tidak, maka kamu akan mendapatkan XP yang diperlukan untuk menaikkan level Sultan.

  • Vizier/Perdana Menteri

Untuk para Vizier, mereka akan berurusan dengan kerjaan yang berkaitan dengan urusan militer, domestik dan lainnya. Tingkat kekuatan yang mereka miliki juga berdampak pada kekuatan Sultan. Jadi, jika kamu meningkatkan kekuatan Vizier akan berpengaruh juga pada kekuatan Sultan. Talent pada Vizier juga berdampak pada kekuatan mereka. Buka menu Viziers, lalu pilih karakter, buka develop tab, di sana kamu bisa meningkatan talent para Vizier, seperti skill, creative training, dan banyak lagi. Kamu membutuhkan Scroll, XP book untuk meningkatkan talent pada Vizier. Akan ada rewards tab di dekat develop tab, kamu bisa mengklaim hadiah.

Perlu kamu ketahui, dalam mengembangkan para Vizier, kamu perlu meningkatkan badge. Kamu dapat memperoleh badge dari badge packs. Di layar utama permainan, pilih Backpack, kemudian pilih Combine, lalu pilih Badge Pack kemudian kombinasikan badge shard untuk mendapatkan badge pack. Untuk mendapatkan badge shard kamu perlu mengikuti event untuk mendapatkan item tersebut.

Vizier dapat belajar skill melalui Academy facility. Ini juga akan meningkatkan level PvP pada mereka.

  • Tentang Consort/Permaisuri

Di dalam game ini, Consort berpengaruh pada kehidupan pribadi Sultan. Kamu mendapatkan Consort pertama di awal kamu bermain. Tentunya Consort bisa memberikan keturunan untuk Sultan. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak permaisuri dengan cara-cara yang akan dijelaskan di bawah.

1. Canfeza : Didapatkan dari hadiah

2. Cecilia : Setelah Sultan naik level

3. Dilara : Terbuka secara acak setelah kamu mengunjungi Masquerade

4. Osilda : Didapatkan dari hadiah di Daily Sign Reward (hari ke-7)

5. Indirah : Mengunjungi Masquerade dan berinteraksi dengannya

6. Lydia : Kamu bisa menemukannya di Masquerade

7. Iris : Terbuka saat mengunjungi Masquerade

8. Silken : Pedagang di Masquerade

9. Felicia : Sekolah Teologi di Masquerade

10. Halima : Caravanserai di Masquerade

11. Rana : Rumah Sakit di Masquerade

12. Teri : Taman di Masquerade

13. Samina : Dermaga di Masquerade

14. Clara : Kios Pasar di Masquerade

15. Alessa : VIP 2 Bonus

16. Rosa : VIP 4 Bonus

17. Raven : VIP 6 Bonus

18. Elena : VIP 8 Bonus

19. Daphne : Dapat terbuka dengan meningkatkan kekuatan empire sebanyak 200000

20. Fiona : Dapat terbuka dengan meningkatkan kekuatan empire sebanyak 500000

21. Hope : Dapat terbuka dengan meningkatkan kekuatan empire sebanyak 1000000

  • Masquerade

Di Masquerade, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan Consort/Permaisuri yang menarik untuk kamu nikahi. Teruslah berkunjung ke sana. dan kemudian dia akan datang ke Harem, setelah itu kamu bisa menikahinya. Pergi ke Masquerade facility, kemudian piliih Masquerade untuk bertemu Consort yang menarik. Perlu kamu ketahui bahwa satu kunjugan saja dengan Consort tidak akan memikat dia untuk datang ke Harem. Temuilah dia beberapa kali untuk memikatnya.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Consort/Permaisuri yaitu dengan cara meningkatkan Sultan, Mengaktifkan Bonus VIP, dan mengunjung Masquerade.

Di Masqurade, kamu bisa berinteraksi dengan orang lain secara acak. Fortune Points berpengaruh pada peluang kamu dalam berinteraksi dengan Consort. Fortune Point bisa ditingkatkan dengan menggunakan amulet yang bisa didapatkan di shop.

Ketika kamu beinteraksi dengan Consort di Masquerade, Intimacy level akan naik, Intimacy yang tinggi akan membuat dia datang ke Harem, teruslah mengunjungi Masquerade dan kamu akan secara acak mendapatkan Consort.

  • Heir

Heir atau para ahli waris, anak-anak dari Consort dapat meningkatkan kekuatan empire/kekaisaran. Kamu dapat mengembangkannya dengan mengunakan vitality point. Kamu akan mendapatkan dua vitality point di waktu tertentu. Pergilah ke Harem, lalu pilih Heirs, kemudian ketuk Develop untuk meningkatkan level mereka.

Setelah mencapai level maksimum, kamu bisa mempromosikan mereka, junior prince atau princess. Ketika heirs tumbuh dewasa atau mendaapt promosi, maka fitur marriage akan terbuka. Pilih opsi Single, kemudian Request Proposal, ini juga dapat meningkatkan kekuatan empire.

Cara mendapatkan Heir adalah dengan meningkatkan intimacy level pada Consort, pergilah ke Harem, pilih opsi Consort, kemudian pilih Married Consort, lalu ketuk tombol Visit untuk meningkatkan Intimacy Points. Setelah berada di level tertentu atau visit tertentu, Consort akan memberikan keturunan. Ada juga opsi lainnya, yaitu Random Visit, namun ini tidak akan meningkant Intimacy Points, melainkan meningkatkan Consort XP yang berguna untuk meningkatkan skill para Vizier.

  • Cara bertempur di Game of Sultans

Saat pertama kali kamu bermain, kamu hanya dapat memainkan Campaign Mode. Di mode ini, kamu harus melawan raja kastil dan menguasai kastil tersebut. Ketika kamu mengalahkan lebih banyak musuh, kamu akan mendapatkan XP.

Dalam pertempuran, Soldier/Prajurit akan akan menyerang musuh musuh secara otomatis. Untuk memenangkan pertempuran, kamu perlu meningkatkan kekuatan Soldier. Dan untuk mengalahkan raja musuh, kamu perlu memilih Vizier yang bisa diandalkan, jadi pastikan untuk meningkatkan level semua Vizier. Jika kamu kehabisan Soldier, kamu bsia membelinya dengan menggunakan diamond di item store. Di sana ada item yang bernama commander seal. Item tersebut dapat memberikan sebanyak 100 ribu Soldier. Setelah kamu membelinya, pergilah ke layar utama permainan, pilih opsi Backpack, kemudian pilih Commander Seal dan lalu gunakan.

Berikut adalah tips, trik, dan strategi Game of Sultans.

Tips, Trik, dan Strategi Bermain Game of Sultans

Meningkatkan kekuatan Sultan

Di game of Sultans, tujuan utamanya adalah memperbesar kekaisaran dan mempromosikan Sultan ke kelas baru; Young Sultan  I -> II -> III -> V -> V, baru kemudian Master, dan Grand Sultan. Caranya adalah dengan meningkatkan level Sultan. Level Sultan sendiri dapat mempengaruhi trade limit, recruit limit, empire power, levy limit, dan affairs limit. Kamu dapat meningkatkan limit pada mereka dan naik level dengan cepat. Cara cepat naik level adalah dengan fokus bermain Campaign Mode, kalahkan musuh untuk mendapatkan XP.

Visit dan Random Visit

Apabila kamu ingin mendapatkan keturunan atau Heir,  maka kamu perlu meningkatkan Intimacy level dengan Consort. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu mengunjungi Consort.  Pergi ke Harem lalu pilih Consort, kemudian di pojok kanan bawah pilih tombol Random Visit. Hadiah yang didapatkan dari Random Visit adalah Consort XP.

Pada layar yang sama, pilih Consort Potrait, lalu pilih tombol Visit (Premium Visit membutuhkan diamond). Dengan Premium Visit, Consort akan mendaptkan Intimacy Point.

Memanfaatkan hadiah atau item gratis

Untuk mengklaim barang yang telah kamu dapatkan setelah menyelesaikan quest adalah dengan memilih opsi Backpack di layar utama, di sana kamu bisa melihat item yang telah kamu dapatkan.

Jika kamu memiliki item bernama renaming card, kamu bisa mengubah nama Sultan di dalam game ini. Selain itu, item lainnya seperti anting dan cincin dapat kamu berikan untuk Consort di Harem. Ini dapat meningkatkan level charm.

Gunakan Fitur Lamp untuk mendapatkan item berharga

Pilih opsi Lamp yang berada di layar utama yang ada di sisi kanan. Nyalakan lampu untuk mendaptkan hadiah. Kamu akan mendapat satu oil setiap yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu.

Meningkatkan skill Vizier

Vizier dapat membantu kamu dalam banyak hal. Skill mereka sangat berguna. Untuk meningkatkan skill Vizier, pergilah ke Academy lalu pilih Vizier.

Memburu hewan di Frontier

Kamu dapat mengikuti berbagai event di Frontier facility, salah satunya adalah hunting grounds. Di sana, Vizier akan memburu hewan untuk mendaptkan gold, score points, dan token. Kamu dapat menggunakan token tersebut untuk membeli cincin, topi, pakaian, dan attribute book.

Membunuh Pirate di Pirate Hunting Event

Pirate Hunter merupakan salah satu event di Game of Sultans. Di event ini, kamu akan bergabung dengan fleet dan memburu para perompak. Pergilah ke Pirate Hunter Event, lalu pilih Join A Fleet, lalu setelah itu ketuk tombol Hunt Now. Jika kamu menemukan kapal bajak laut, segera ketuk tombol attack.

Kamu dapat menyerang sebuah kapal sekali di waktu tertentu. Jika power pada kapal bajak laut sangat tinggi, kamu bisa mengeksplor kapal lainnya yang lebih rendah powernya. Kamu jga bisa menemukan peti bajak laut. Untuk membuka peti ini, kamu perlu kunci yang bisa didapatkan dengan menyelesaikan Achievement.

Mendapatkan diamond gratis

Kamu bisa mendapatkan diamond secara gratis dengan hanya menonton iklan video yang ada di dalam game ini. Caranya adalah di layar utama, di sisi kiri layar, ketuk ikon video dan tonton videonya. Kamu dapat mengklaim penawaran ini 5 kali sehari untuk mendaptkan diamond secara gratis.

Itulah tips, trik, dan strategi bermain Game of Sultans. Jika kamu mengetahui tips dan trik bermain Game of Sultans lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Continue Reading

9 Comments

  1. Raphael

    December 25, 2018 at 1:33 pm

    Untuk apa pearl yang didapat di kelas melukis ?

    • Fransiska Aria

      December 25, 2018 at 3:38 pm

      utk meningkatkan skill consort

  2. Defa

    January 5, 2019 at 6:08 pm

    Mau tanya kalo kapal serikat kita serang bajak laut itu harus bagaimana ?

  3. Dell

    January 9, 2019 at 9:50 am

    Di tugas 142 terdapat tantangan terlalu percaya diri (menggunakan surat tantangan) tp blm ketemu jawabannya harus ngapain:(

    • Nabila

      January 14, 2019 at 6:27 pm

      Caranya, setelah klik arena, klik yang bagian paling bawah layar… Bikin tantangan sama daftar pemain yg disitu, diklik aja buat milih, nanti ada pertanyaan, gunakan surat tantangan?. Tapi bisa jalan cuma kalau kamu udah punya surat tantangan yg gambar simbol nya Bendera Putih

  4. Tarye

    January 14, 2019 at 10:54 pm

    game baru masih kurang paham, perlu banyak belajar heheeh
    thank’s infonya

  5. Renadya

    January 17, 2019 at 5:56 am

    Tantangan 101, perburuan baik, kudu ngapain ya? Aku ga paham

    • Abdul Aziz

      January 17, 2019 at 11:54 am

      Ikut berburu di Tapel Batas jam 11 siang

  6. Nama

    January 17, 2019 at 8:34 am

    Bagaimana cara dapat banyak vixier ya? Kok cuma bisa dapat pas Sultan nya naik level saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Newsletter

Trending

Tags

Advertisement
To Top