Connect with us

Tips dan Trik Mengelola Supermarket di Idle Supermarket Tycoon

idle supermarket tycoon

Tips & Trik

Tips dan Trik Mengelola Supermarket di Idle Supermarket Tycoon

Idle Supermarket Tycoon merupakan game idle besutan Codigames yang mengajak kamu untuk membangun supermarket. Di game ini kamu harus mengelola dan mengembangkan supermarket dengan membangun department, meningkatkan department, memperluas tempat parkir dan banyak lagi.

Jika kamu belum pernah memainkan game jenis ini sebelumnya, kamu bisa mengikuti tips dan trik di bawah ini, berikut tips dan trik mengelola supermarket di Idle Supermarket Tycoon.

Panduan untuk Pemula

Supermarket

Saat pertama kali kamu bermain, kamu akan membuka supermarket di area perumahan. Namun, di area tersebut memiliki basis pelanggan yang rendah dan permintaan produk pun rendah, sehingga orang-orang tidak akan menghabiskan banyak uang untuk barang-barang yang mahal. Dengan kata lain, keuntungan yang didapatkan sedikit. Jadi, kamu perlu membangun supermarket di kota-kota lain yang terkenal untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Untuk bisa membangun supermarket di kota lain, kamu harus mengumpulkan uang yang cukup untuk membangunnya. Untuk melihat daftar kota yang tersedia, ketuk tanda ($) -> di sana kamu dapat melihat kota-kota lain, seprti Paris, London, Tokyo dan banyak lagi.

Berikut daftar kota beserta jumlah keuntungan yang didapatkan

  • Small Village – X50
  • Small City – X50
  • Miami Beach – X100
  • Beverly Hills – X100
  • Paris – X250
  • London – X300
  • Tokyo – X400
  • Hong Kong – X400
  • New York – X500

Department

Kamu perlu membangun beberapa department di supermarket untuk menarik pelanggan. Dengan membangunnya, keuntungan akan naik secara bertahap. Berikut sejumlah department yang bisa kamu bangun di game ini:

  • Produce Dept. (Buah-buahan)
  • Bakery (Makanan manis)
  • Butcher Shop (Daging)
  • Seafood Dept. (Ikan)
  • Clothing Dept. (Pakaian)
  • Perfume Dept. (Parfum)
  • Electronics Dept. (TV, Kulkas, dll)
  • Telecom Dept. (Smartphone)
  • Jewelry Dept. (Perhiasan)
  • Car Dealer (Mobil)

Tempat Parkir

Para pelanggan akan mengunjungi supermarket milikmu dengan mobil. Jika semua slot parkir penuh, pengunjung baru tidak dapat mengunjungi supermarketmu, maka kamu perlu menambah slot parkir. Ketuk papan display parkir (P) -> ketuk upgrade parking.

Mengupgrade department dan karyawan

Di game Idle Supermarket Tycoon, setiap department menjual berbagai jenis produk. Setiap produk memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan keuntungan, kamu perlu mengupgrade department dengan menggunakan uang. Produk baru akan terbuka setelah mencapai level tertentu.

Orang-orang akan sangat ramai mengunjungi department apabila permintaan produk sangat tinggi. Kamu perlu memperkerjakan karyawan untuk melayani pelanggan. Tingkatkan gaji karyawan untuk meningkatkan fasilitas servis.

Ketuk department manapun untuk melihat informasi; harga dasar produk, karyawan, total nilai produk. Nilai total produk bakal meningkat setelah kamu mengupgrade department.

Kasir dan Pelanggan

Kamu dapat menarik pelanggan dengan beriklan. Ketuk papan display parkir (P) dan kemudian tingkatkan advertising department.

Sistem kasir juga salah satu hal yang perlu diperhatikan. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa semua pelanggan mengunjungi supermarket dengan menggunakan mobil. Mobil mereka akan menempati slot parkir sampai mereka meninggalkan konter kasir. Untuk mempercepat proses-nya, kamu harus mengupgrade kasir (cashiers) dan juga mengupgrade karyawan serta gaji mereka.

Epic Upgrades

Semua normal upgrades mulai dari department hingga parkir merupakan upgrade sementara. Kamu akan kehilangan semuanya ketika kamu pindah ke kota baru. Namun, epic upgrades bersifat permanen atau selamanya. Berbeda dengan normal upgrades yang membutukan uang untuk mendapatkannya, Epic upgrades membutuhkan sejumlah gem/permata (mata uang premium) untuk melakukannya.

Gem bisa didapatkan dengan cara menonton video berisi iklan dan juga menyelesaikan misi.

Mendapatkan penghasilan ketika tidak sedang bermain

Ketika kamu sedang tidak memainkan game ini, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan, namun hanya selama dua jam saja. Kamu dapat menambah waktu 2 jam hingga 10 jam dengan merekrut seorang manajer yang membutuhkan uang asli untuk melakukannya.

Itulah panduan untuk pemula Idle Supermarket Tycoon. Nah, berikutnya adalah tips dan trik bermain Idle Supermarket Tycoon.

Tips dan Trik

Perhatikan stats

Ketuk ruang management di supermarket dan kemudian pilih tab ke-2 stats. Di sini kamu dapat memeriksa keuntungan yang didapatkan dari tiap pelanggan, jumlah pelanggan dalam antrian, kapasitas pelanggan, pengunaan parkir, waktu checkout, dan best department.

    1. Mengupgrade advetisement tech untuk menarik lebih banyak pelanggan
    2. Menguprade parkir untuk meningkatkan jumlah slot parkir
    3. Kamu dapat meningkatkan laba dengan mengupgrade department
    4. Mengupgrade kapasitas pelanggan dengan mengupgrade karyawan dan menaikkan gaji mereka
    5. Mengurangi waktu checkout dengan meningkatkan konter kasir

Menyelesaikan Ad Campaign

Ketuk tombol play yang terletak di bagian bawah layar, di sini terdapat syarat untuk meningkatkan penghasilan sebanyak dua kali dan mendapatkan gem secara gratis. Tonton video berisi iklan sebanyak 6 kali untuk mendapatkan 30 gem secara gratis.

Mengunjungi VIP Client

Ada mobil VIP yang sesekali mengunjungi supermarketmu. Ketuk mobil tersebut -> tonton video -> kamu akan mendapatkan gem atau sejumlah uang.

Menyelesaikan Misi

Di pojok kanan atas, ketuk tombol (!) Missions, di sini terdapat misi yang bisa diselesaikan untuk mendapatkan uang dan gem.

Pindah ke kota baru

Kamu bisa pindah ke kota baru untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Namun, kamu perlu mengumpulkan uang yang cukup untuk pindah ke kota baru.

Delivery Truck/truk pengiriman

Terkadang ada truk pengiriman yang muncul di belakang ruang management. Ketuk truk tersebut untuk mendapatkan uang secara instan.

Itulah tips dan trik mengelola supermarket di Idle Supermarket Tycoon. Jika kamu mengetahui tips dan trik lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Continue Reading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Newsletter

Advertisement

Trending

Advertisement

Tags

To Top