Connect with us

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Game Sendiri 2022

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Game Sendiri 2022

Berita Terkini

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Game Sendiri 2022

Suka On – Apakah Anda ingin tahu rekomendasi aplikasi pembuat game sendiri di PC? Simak ulasan ini sampai habis mengenai aplikasi tersebut.

Adanya perkembangan teknologi membuat para masyarakat merasa dibantu, tidak hanya mempermudah manusia untuk saling berkomunikasi. Saat ini, tersedia banyak aplikasi yang bisa Anda pakai untuk membuat game di PC tanpa ribet.

Dengan demikian, siapa saja bisa dengan mudah membuat game yang diinginkan. Bahkan, beberapa orang telah berhasil mengembangkan sebuah game dengan bantuan salah satu aplikasi di bawah ini.

Aplikasi Pembuat Game

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Game Sendiri 2022

Dikutip dari laman resmi Windows Report, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi pembuat game Android di PC:

1. Adobe Creative Cloud

Adobe creative cloud merupakan salah satu aplikasi pembuat game sendiri tanpa coding. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh Adobe yang memberikan seluruh fitur untuk membantu Anda mengembangkan semua hal yang ada di dalam game, mulai dari membuat karakter, efek 3D, gameplay, menambah audio, dan lainnya.

2. Autodesk

Rekomendasi yang selanjutnya adalah Autodesk. Aplikasi ini paling direkomendasikan untuk bisa membuat game sederhana dan kompleks yang menggunakan pemodelan 3D.

Dengan Autodesk, Anda dapat membuat kerangka kerja untuk merancang game yang sangat luar biasa. Beberapa pengembang game yang telah memanfaatkan aplikasi ini bahkan telah menggunakan mulai dari membuat dasar desain dan pengujian.

3. Quest

Untuk Anda yang ingin mendapatkan game dengan adanya grafis ringan, maka Anda bisa menggunakan Quest. Quest merupakan pembuat permainan teks yang intuitif dan lugas, dan antarmukanya yang sangat mudah dipahami. UI aplikasi ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga akan benar-benar masuk akal dari sudut pandang pada pembuatan game.

4. Adventure Game Studio

Terakhir, yaitu Adventure Game Studio yang dapat di pakai jika Anda ingin membuat game dengan tema petualangan. Perangkat lunak Adventure Game Studio ini benar-benar gratis, dan telah di rancang khusus untuk penggunaan sederhana.

5. Unity

Unity sangat cocok di pakai untuk para pengembang game yang sudah profesional dan mempunyai pengetahuan tentang pemrograman. Aplikasi ini merupakan yang paling fleksibel dan sangat mumpuni untuk semua kondisi dalam proses pembuatan sebuah game.

Anda dapat membuat game 3D atau 2D sesuai dengan keinginan melalui aplikasi Unity. Sayangnya, aplikasi ini mempunyai harga yang cukup mahal, namun harga tersebut berbanding lurus dengan fitur yang di berikan pastinya.

6. Game Maker Studio

Jika Anda mencari aplikasi pembuat game sendiri yang paling fleksibel dan mudah di pahami, maka Game Maker Studio by Yoyo Games ini dapat Anda pilih. Game Maker Studio merupakan sebuah aplikasi yang paling di sarankan untuk pengembang game pemula.

7. Construct 3

Selanjutnya adalah Constract 3 yang merupakan sebuah aplikasi pengembang game yang memakai sistem GUI. Dengan begitu Anda hanya perlu drop and drag saja.

Variabel dan logika permainan ini di implementasikan dalam fitur desain yang telah disertakan dalam aplikasi. Dengan adanya perangkat lunak ini, Anda bisa mengekspor pekerjaan ke beragam platform dan format yang berbeda-beda.

8. Pakai Situs Appsgeyser

  1. Langkah pertama, buka website appsgeyser.com, dan klik Create Now.
  2. Kemudian pilih Other App. Langkah ini adalah halaman untuk Anda membuat game. Karena di dalam websiter tersebut tidak hanya menyediakan game saja.
  3. Kemudian pilihlah menu Matching Puzzle.
  4. Menu ini merupakan contoh dalam membuat game puzzle. Saat Anda mencoba membuat game ini, Anda harus menyediakan setidaknya 6 gambar yang berbeda-beda untuk di jadikan model puzzle.
  5. Kemudian ganti semua elemen sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Jika sudah, Anda dapat melihat preview terlebih dahulu. Jika sudah, maka klik Next.
  7. Isi semua langkah sesuai dengan keperluan Anda.
  8. Kemudian tekan Create. Sebelumnya Anda harus mempunyai akun Apssgeyser terlebih dahulu agar Anda dapat mengambil file Apk game yang telah Anda buat tadi.

Tips Dasar Membuat Game

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Game Sendiri 2022

Saat Anda akan melakukan pengembangan sebuah game, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memahami standar panduan membuat game. Hal tersebut karena akan memudahkan Anda saat membuat dan mengembangkan game yang Anda impikan. Sementara itu, Anda juga harus memperhatikan pada setiap proses yang ada karena setiap game yang dikembangkan atau yang dibuat akan berbeda prosesnya. Namun hal tersebut tergantung pada tipe game yang akan Anda buat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan saat Anda mengembangkan atau membuat game.

1. Lakukan Riset dan juga konseptual dari game Anda

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah merenungkan tipe game apa saja yang akan Anda buat. Dan Anda juga harus melakukan riset  secara mendalam tentang mengenai keterampilan – keterampilan apa saja yang Anda butuhkan dalam membuat game. Jangan lupa juga Anda harus memperhatikan fitur-fitur yang akan Anda gunakan saat membuat game.

2. Buatlah Sebuah Dokumen Desain

Setelah Anda selesai melakukan konseptual mengenai game yang Anda buat maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah dokumen. Adapun, dokumen tersebut yang akan menjelaskan garis besar dari sebuah game yang akan Anda buat. Dimana konsep tampilan yang akan Anda pakai dan hal – hal yang Anda lakukan saat membuat game.

Dokumen yang harus Anda pertimbangkan saat membuat dokumen desain yaitu :

  • Bahasa yang akan Anda gunakan
  • Di poin ini akan sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game. Dimana akan membantu dalam membuat spesifikasi mengenai proses pada pembuatan game.
  • Tampilan dan fitur yang ada di dalam sebuah game yang akan Anda buat.
  • Menambahkan fitur update di jangka yang akan panjang.

3. Menentukan Software yang Akan Anda Pakai

Langkah ketiga yang harus Anda butuhkan agar game Anda dapat bekerja dengan baik adalah menentukan jenis software apa saja yang akan di pakai dalam membuat game Anda. Karena tersedia beberapa game android yang tidak membutuhkan software yang lebih spesifik.

Dan Anda hanya akan menggunakan editor dan juga compiler saja. Di sisi lain Anda juga harus membuat game yang membutuhkan spesifikasi secara khusus saat membuat game seperti Anda sedang membuat desain gambar 3D.

sebaiknya Anda harus memperhatikan dengan benar secara cermat dalam menentukan software ini. Karena jika Anda akan memakai software dalam membuat game maka Anda akan mengeluarkan budget yang cukup banyak. Pasalnya software ini sangat mahal.

4. Memulai pemrograman

Setelah Anda menentukan software apa yang harus digunakan, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan coding pada game Anda. Dimana Anda harus menggunakan bahasa pemrograman. Yang harus Anda pakai dalam membuat bahasa pemrograman yaitu seperti HTML, Java Script, dan CSS.

5. Lakukan Pengetesan Game dan Memasarkan Game Anda

Setelah game selesai Anda buat maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memulai game dan memastikan jika game yang Anda buat sudah baik. Jika semua sudah di cek dan tidak ada kendala maka Anda hanya tinggal memasarkannya. Tujuan memasarkan game adalah game yang Anda buat bisa di kenal dan digunakan oleh banyak orang.

Continue Reading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisement SukaGawai
Advertisement sukasinema

Like Us On Facebook

Trending

Newsletter

Tag

To Top