Connect with us

Ini Cara Ganti Job di Ragnarok M: Eternal Love

ragnarok m: eternal love

Tips & Trik

Ini Cara Ganti Job di Ragnarok M: Eternal Love

Buat kamu bingung bagaimana cara ganti job di Ragnarok M: Eternal Love. Kali ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara ganti job di Ragnarok M: Eternal Love.

Pada awal permainan, kamu akan menjadi Novice, kamu harus mencapai level 10 untuk bisa mengganti job. Setelah mengganti job, kamu tidak tidak bisa menggantinya lagi, karena ini permanen. Namun, kamu masih bisa membuat hingga tiga karakter di akun game kamu dan membuat yang baru.

Job class yang kamu pilih saat kamu membuat karakter baru itu berbeda. Itu untuk stats awal karaktermu dan untuk panduan build. Meskipun, kamu dapat memilih job class yang berbeda dari pilihan awal kamu, ini mungkin merupakan ide yang bagus untuk mencocokkan pilihan awal dengan perubahan jobmu. Stats juga direset ketika berganti job.

Di bawah ini merupakan panduan tentang cara mengganti job karaktermu dari Novice menjadi 6 job apapun yang tersedia.

Berikut adalah 6 job yang tersedia di Ragnarok M: Eternal Love:

  • Swordman – Keunggulan: Jarak dekat, jago dalam serangan fisik, memiliki serangan dan pertahanan yang tinggi.
  • Thief – Keunggulan: Jarak dekat, flee (kemampuan menghindar) tinggi, aspd cepat.
  • Archer – Keunggulan: Jarak jauh, jarak serangan sangat jauh, karakter dengan DPS tertinggi pada job satu.
  • Magician/Mage – Keunggulan: Serangan magic yang cukup besar dan mampu melancarkan serangan area.
  • Acolyte – Keunggulan: Jarak jauh, memiliki skill magic, support, dapat melakukan healing (memulihkan max HP).
  • Merchant – Keunggulan: Serangan besar, dapat membeli barang dengan murah dan menjual dengan harga tinggi.

Cara mengganti job dari Novice di Ragnarok M: Eternal Love

Pertama-tama, kamu harus mencapai level 10 terlebih dahulu. Leveling atau menaikkan level di Ragnarok Mobile Eternal Love sangatlah gampang, dengan menekan tombol Auto Attack yang ada di bagian bawah kanan layar. Karaktermu akan menargetkan dan menyerang musuh yang dekat, jadi kamu tidak perlu lagi menekan setiap musuh untuk mendapatkan EXP, dan kamu tinggal menunggu saja sampai level 10.

Setelah kamu mencapai level 10, pergi ke Novice Starting Point di Prontera South Gate (ini adalah tempat karakter kamu dapat berkembang setelah kamu membuat karakter barumu). Pergi ke sudut tengah atas map, temukan dan berbicara dengan Poya (Eden Team Coach).

Jika kamu belum berbicara dengannya sebelumnya, akan ada dua tombol Register dan Go to Prontera. Kamu dapat mengklik tombol Register terlebih dahulu untuk mendapatkan keuntungan dan tombol Go to Prontera untuk pergantian job.

Akan ada panduan yang ditambahkan di map, dan ini akan membantu kamu menemukan lokasi quest berikutnya. Sekarang, kamu harus pergi ke Prontera, portal menuju ke sana ada di kastil gerbang yang ditemukan dibagian atas tengah dari map.

Setelah kamu berada di Prontera, langsung ke arah tengah di map sampai kamu menemukan air mancur. Tujuannya adalah Go to Prontera Center, kamu harus mencapai air mancur untuk menemukan Cenia, di sudut bawah, temukan dan bicara dengan Cenia.

Tidak ada quest yang diberikan kepadamu oleh Cenia. Dia hanya akan menyambut kamu dan pop-up note ditambahkan ke map mengenai tanda seru.

Quest berikutnya akan ditampilkan di map, kamu harus berjalan-jalan di kota. Cari dan berbicaralah dengan Nasha (Midgard Geographic Agent). Dia berada di sudut kanan dekat Cenia.

Berbicaralah dengan Nasha dan juga jangan lupa menekan “I’ll get one” untuk mendapatkan Ore Camera, kamu akan menggunakan ini untuk mengambil foto pemandangan indah Prontera.

Di dekat air mancur, temukan dan pergi ke lingkaran berwarna putih dan ambil foto dengan mengetuk tombol Take Pic.

Setelah itu, kembali ke Sagna dan tunjukkan foto tersebut kepadanya. Kamu akan diberikan item dan Zeny! ini juga akan membuka fitur Kamera dan Personal Album dari menu.

Setelah selesai berbicara dengan Sagna, pergi ke Kafra Staff (Moguri), dia tepat di seberang trotoar di sudut kanan atas. Bicaralah padanya dan tekan tombol visit Kafra, dia akan memeriksa status layanan transportasimu saat ini. Setelah itu, kamu sekarang bisa pergi ke Job Change Hall untuk memberimu Change Job Class letter.

Job Change Hall portal di sudut kiri atas map, ikuti panduan di map.

Di dalam Hall, kamu akan disambut dan berbicara dengan Higgy Eez (Adventurer’s Guild Senior Mentor). Klik Hand Over Letter, untuk melanjutkan memilih Job Class pilihanmu.

Setelah selesai berbicara dengannya, sekarang kamu bisa memilih job class yang kamu inginkan. Bicaralah ke masing-masing job mentor di hall untuk melihat setiap job yang tersedia.

Berikut nama mentor pada setiap job class

  • Toukyou (Kingdom Shield) – Swordsman
  • Laiyinasi (Song of Psalm) – Acolyte
  • Gunther (Creator) – Merchant
  • Ysmir (Hand of Shadow) – Thief
  • Kebak (Silver Breeze) – Archer
  • Durta (Ancient Language Speaker) – Magician

Setelah kamu memutuskan Job Class mana yang kamu ingin bergabung. Berbicaralah dengan Job Mentor dan memulai perubahan job.

Misalnya, jika kamu memilih Thief, maka bicaralah dengan Ysmir dan tekan tombol Become Thief.

Akan ada Thief Job Test yang mengaharuskan kamu untuk menjawab 3 pertanyaan. Setelah selesai, berbicaralah lagi dengan Ysmir untuk melakukan Combat Trial, di mana kamu harus melakukan percobaan bertarung, lalu tekan I’ll Enter untuk mengambil percobaan tersebut.

Selama percobaan, kamu akan melawan musuh dengan level 10. Sesudah kamu berhasil mengalahkan semuanya, sebuah tuas akan muncul di tengah-tengah, tekan tombol Turn On untuk membuka portal pada saat kamu berada di depan tuas itu dan setelah itu kamu akan kembali ke Job Change Hall.

Sesudah kamu kembali ke Job Change Hall, berbicaralah lagi dengan mentor yang kamu pilih dan tekan tombol Confirm untuk memulai Ceremony perubahan job-mu.

Kemudian kamu akan berpindah ke Ceremony, tekan tombol maju untuk memulai Ceremony.

Menjangkau panggung akan memulai perubahan job class, tekan tombol Begin changing jobs untuk memulai.

Selamat! sekarang kamu memiliki karakter dengan job class yang baru yang lebih kuat dan banyak ruang untuk ditingkatkan.

Terakhir, jangan lupa berbicara dengan Sagna dan Higgy untuk membuka Job Skills dan mendapatkan beberapa item untuk Job Class mu. Setelah selesai berbicara dengan Sagna dan Higgy, kamu akan diminta untuk berlanjut ke Prontera West Gate untuk menaikkan level-mu.

Itulah panduan bagaimana cara ganti job di Ragnarok M: Eternal Love. Jika kamu ingin mengetahui tips, trik dan panduan lainnya, kamu bisa lihat di sini.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tips dan Trik Bermain Ragnarok M: Eternal Love – Sukaon.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisement

Newsletter

Trending

Tag

Advertisement
To Top